4 Manfaat Masker N95, Disebut Efektif Cegah Corona

Manfaat masker N95 disebut sangat efektif cegah penyebaran virus corona. Hal tersebut karena masker N95 memang diperuntukan untuk menyaring partikel berbahaya di udara. Partikel bahaya yang bisa ikut dicegah adalah penyebaran virus corona.

Masker memang menjadi kebutuhan yang selalu dicari sejak virus corona mewabah. Masker bedah dan masker N95 disebut bisa sangat efektif mencegah virus corona. Dengen memperhatikan cara pemakaian masker yang benar, kemungkinan tertular virus corona bisa ditekan. Melihat pentingnya hal tersebut, wajar jika masyarakat banyak yang mencari manfaat masker N95.

Masker N95 memang disarankan untuk dipakai dalam kondisi rentan terhadap corona. Seperti pada orang yang lanjut usia dan sedang dalam keadaan sakit. Berikut Memora.id rangkum dari berbagai sumber, manfaat masker N95.

1. Menyaring partikel kecil di udara

latimes.com

Manfaat masker N95 yang pertama adalah bisa menyaring partikel-partikel kecil yang ada di udara. Masker tersebut memang dibuat untuk dapat menyari partikel kurang dari 9 konsentrasi partikulat (PM). Dengan kemampuan tersebut, masker ini efektif untuk atasi virus corona bagi orang yang sedang sakit atau lansia.

“Sebenarnya tidak perlu diributkan apakah harus pakai masker N95 atau pakai masker bedah biasa. Dua-duanya bisa untuk menangkal bahaya asap. Hanya saja memang masker N95 bisa menyaring partikel-partikel kecil di bawah 10 PM,” tutur dr Arifin seperti Memora.id rangkum dari detik.com, Senin (12/10/2015).

2. Menyaring polutan

fda.gov

Manfaat masker N95 selanjutnya adalah terbukti bisa menyaring polutan. Masker N95 merupakan masker dengan jenis yang digunakan untuk menutupi hidung dan mulut dari debu-debu kecil di luar ruangan.

“Sesuai namanya, ‘N95’ menunjukkan bahwa jenis masker ini mencegah setidaknya mencapai 95 persen partikel uji yang sangat kecil (0,3 mikron).” seperti Memora.id kutip dari SehatQ.com, (22/12/2020).

3. Sering digunakan tenaga pabrik agar terhindar dari virus menular

ardec.ca

Manfaat masker N95 yang ketiga adalah kerap digunakan tenaga pabrik agar terhindar dari virus menular. Hal tersebut dilakukan karena masker N95 sudah teruji hingga 95 persen pada partikel kecil di udara. Oleh sebab itu, satu lapisan filtrasi bisa meminimalisir penularan virus yang hidup menggunakan media udara.

4. Menangkal kabut asap

cosmo.ph

Manfaat masker N95 lainnya adalah bisa untuk digunakan dalam keadaan kabut asap yang sangat pekat. Kabut asap bisa terfilter dengan sendirinya meskipun kabut tersebut mengandung campuran gas, partikel debu dan zat kimia. Dengan masker N95, kabut asap bisa diminimalisir efeknya bagi pernapasan.

Catatan penting

Masker ini tidak diperuntukan untuk semua kalangan. Masker ini harap tidak digunakan pada anak-anak, ibu hamil dan pengidap penyakit paru-paru kronik. Hal ini dilakukan agar pernapasan tidak terganggu karena memakai masker ini. Masker N95 bentuknya begitu kokoh dan ketat dan hal tersebut tidak semua orang bisa beradaptasi saat memakainya. Ada baiknya disarankan memakai masker bedah saja.

Artikel Lainnya