Konfigurasi Bentangan Kabel dan Raypath Geometri Akuisisi Seismik

Dalam mengambil data seismic di lapangan diperlukan penempatan yang sesuai tentang konfigurasi bentangan kabel. Dengan memahami konfigurasi bentangan kabel maka data perekamana bisa terambil dengan baik. Adapun ada beberapa macam bentangan kabel dalam akusisi seismik refleksi diantaranya.

  1. Off End Spread adalah jenis bentangan kabel dimana posisi titik tembak atau shot point (SP) berada pada salah satu ujung (kiri dan kanan) dari bentangan.Pada bentangan ini SP ditempatkan ditengan antara dua bentagan .
  2. Split Spread merupakan bentangan kabel yang bisa digunakan bila jumlah trace sebelah kiri dan kanan sama, maka disebut Symitrical Split Spread. Bila tidak sama disebut Asymitrical Split Spread.
  3. Alternating Spread ialah bentangan kabel yang menerapkan model shot point yang berada pada kedua ujung bentangan dan penembakan dilakukan secara bergantian untuk setiap perubahan coverage

Raypath Geometri

Tidak hanya memperhatikan bentangan kabel, namun  dalam akuisisi data seismik juga diperlukan adanya raypath geometri. Raypat geometri akan menentukan kualitas dari sinyal yang terekam. Berdasarkan raypath (sinar gelombang) geometri penembakan dapat dibagi dalam 4 jenis sebagai berikut.

  1. Common Source Point (CSP) adalah sinyal direkam oleh setiap trace yang datang dari satu titik tembak yang sama.
  2. Common Depth Point (CDP) adalah sinyal yang dipantulkan dari satu titik reflektor dam direkam oleh sekelompok receiver yang berbeda.
  3. Common Receiver Point (CRP) adalah satu trace merekam sinyal-sinyal dari setiap titik tembak yang ada.
  4. Common Offset (CO) adalah sinyal setiap titik reflector masing-masing derekam oleh satu trace dengan offset yang sama.
Artikel Lainnya