60 Kata-kata Mutiara Utsman bin Affan, Sosok Penyabar dan Setia pada Rasul

Kata-kata mutiara Utsman bin Affan merupakan kata-kata yang diucapkan oleh sahabat rasul selama hidupnya. Utsman bin Affan ialah klalifah ketiga pada masa khulafa Ar-Rasyidin. Beliau menggantikan sosok sahabat Rasul lainnya bernama Umar bin Al-Khattab.

Pemilik nama lengkap Utsman bin Affan bin Abdul Ash bin Umayyah bin Abdusy Syams bin Abdu Manaf terkenal dekat dengan keluarga Rasul. Utsman yang memiliki strata sosial tinggi ialah orang yang penyabar dan tidak sombong. Ia memiliki integritas tinggi sebagai sahabat rasul.

Bijaknya Utsman bin Affan membuat beli kerap mengucapkan kata-kata mutiara Utsman bin Affan. Saking bijaknya, kata-kata mutiara Utsman bin Affan sampai dicatat dan bisa dijadikan motivasi untuk para muslim di kehidupan sekarang.

Berikut Memora.id rangkum dari berbagai sumber, kata-kata mutiara Utsman bin Affan.

Kata-kata Mutiara Utsman bin Affan

Berikut kata-kata mutiara Utsman bin Affan

1. “Ada 3 hal yang aku sukai di dunia ini yakni memberi makan kepada orang yang lapar, memberi pakaian kepada orang yang bertelanjang, dan membaca Al-Quran.” – Utsman bin Affan

2. “Aku tidak menganggapmu berhasil dalam  mencapai sesuatu hingga Allah mengujimu dengan cobaan terakhirnya” – Utsman bin Affan.

3. “Salat ialah amal terbaik bagi manusia. Jika ia melaksanakannya dengan baik, maka ikutilah mereka. Andaikata ia melaksanakannya dengan buruk, maka jauhilah keburukan itu” – Utsman bin Affan.

4. “Allah mencintai orang yang mau meninggalkan dunia, Malaikat pun mencintai orang yang mau meninggalkan dosa dan umat islam mencintai orang yang tak tamak.” – Utsman bin Affan.

5. ” Sopan santun yang baik ialah berusaha menjauhi keraguan tiada tiganya.” – Utsman bin Affan.

6. “Semua yang berasal dari Allah akan kembali kepada Allah.” – Utsman bin Affan.

7. “Tidak ada yang bisa mengurusi permasalahan umat islam kecuali orang yang memiliki integritas hikmah, matang, dan berpengalaman.” – Utsman bin Affan.

8. “Lemparlah dunia ini sebagaimana Allah melemparnya.” – Utsman bin Affan.

9. “Ambil dan berikan segala sesuatu dengan cara yang benar dan tepat.” – Utsman bin Affan.

10. “Pengetahuan lebih baik daripada kekayaan. Pengetahuan akan melindungimu sementara kekayaan harus kamu lindungi.” – Utsman bin Affan.

Kata-kata Mutiara Utsman bin Affan

Berikut kata-kata mutiara Utsman bin Affan

11. “Alam kubur ialah pintu masuk akhirat sekaligus pintu keluar dunia. Nikmat dan siksa di sana tidak lebih dahsyat dibanding di akhirat.” – Utsman bin Affan.

12. “Tak seseorang pun menyembunyikan sesuatu melainkan Allah akan menampakkannya melalui raut mukanya dan ketergelinciran mulutnya.” – Utsman bin Affan.

13. “Wahai hamba-hamba Allah, berhati-hatilah. Bantulah para pemimpin, nasihatilah mereka dan janganlah kalian menganiaya mereka” – Utsman bin Affan.

14. “Tamak adlaah penyakit bagi orang yang tidak mampu kendalikan dirinya.” – Utsman bin Affan.

15. “Kalian lebih butuh pemimpin yang aktif daripada pemimpin yang sering mengumbar kata-kata.” – Utsman bin Affan.

16. “Musyawarah terlebih dahulu sebelum berpendapat.” – Utsman bin Affan.

17. “Aku meyakinkan mereka bahwa yang hak itu ialah saudara, sedangkan yang batil ialah setan.” – Utsman bin Affan.

18. “Saya selalu berusaha untuk bisa mengendalikan binatang dengan tali kekangnya.” – Utsman bin Affan.

19. “Risau terhadap dunia ialah kegelapan bagi hati, sedangkan risau terhadap akhirat ialah cahaya bagi hati.” – Utsman bin Affan.

20. “Tidak seorang pun yang menyembunyikan suatu rahasia di dalam hatinya, kecuali Allah akan menampakkan pada raut wajah atau melalui perkataan yang diucapkan lidahnya.” – Utsman bin Affan.

Kata-kata Mutiara Utsman bin Affan

Berikut kata-kata mutiara Utsman bin Affan

21. “Orang terbaik akan mau menjaga dan berpegang teguh dengan kitab Allah SWT.” – Utsman bin Affan.

22. “Cinta dunia alam mengelapkan hati dan cinta akhirat menerangi hati.” – Utsman bin Affan.

23. “Derajat keimanan yang paling tinggi ialah bahwa kamu selalu merasa berada di hadapan Allah.” – Utsman bin Affan.

24. “Cukuplah bagimu bahwa orang yang iri terhadapmu akan merasa tertekan pada saat senangmu.” o Ustman bin Affan.

25. “Ambillah hikmah dan pelajaran dari kisah dan cerita orang-orang terdahulu.” – Utsman bin Affan.

26. “Allah mencintai orang yang mau meninggalkan dunia, Malaikat mencintai orang yang mau meninggalkan dosa, dan umat islam mencintai orang yang tidak tamak.” – Utsman bin Affan

27. “Segala sesuatu itu akan binasa, dan binasanya ilmu ialah lupa pada ilmu itu sendiri.” – Utsman bin Affan.

28. “Aku tidak menganggapmu berhasil dalam menggapai suatu pencapaian sampai Alllah mengujimu dengan cobaan terakhirnya.” – Utsman bin Affan.

29. “Tidaklah seseorang menyembunyikan sesuatu melainkan Allah akan menampakkannya melalui raut mukanya dan ketergelinciran dari mulutnya.” – Utsman bin Affan.

30. “Ketika kaum Muslimin tercerai-berai, keimanan mereka akan terkoyak dan akan kehilangan kekuatan dalam persatuan dan kesatuan di antara mereka.” – Utsman bin Affan.

Kata-kata Mutiara Utsman bin Affan

Berikut kata-kata mutiara Utsman bin Affan

31. “Wahai hamba-hamba Allah, berhati-hatilah kalian. Bantulah pemimpin kalian, kemudian nasehatilah mereka dan janganlah kalian menganiaya mereka.” – Utsman bin Affan.

32. “Ada 4 hal yang tidak berguna, yaitu: 1. Ilmu tanpa amal, 2. Kekayaan tanpa diiringi dengan berinfak di jalan Allah, 3. Kesalihan hanya untuk dipamerkan, 4. umur panjang yang dihabiskan tanpa berbuat amal kebajikan.” – Utsman bin Affan.

33. “Berbisnislah dengan Allah SWT niscaya kalian akan mendapatkan untung.” – Utsman bin Affan.

34. “Tak seorang pun yang menyembunyikan suatu rahasia di dalam hatinya kecuali Allah akan menampakkan pada raut wajahnya atau melalui perkataan yang terlontar dari lidahnya.” – Utsman bin Affan.

35. “Buatlah tujuan untuk hidup, kemudian gunakan segenap kekuatan untuk mencapainya, kamu pasti dapat berhasil.” – Utsman bin Affan.

36. “Andai hati kalian bersih, maka kalian tak akan pernah merasa kenyang dari membaca Al-Quran.” – Utsman bin Affan.

37. “Diamnya orang yang diam lebih berbahaya dari perlakuan serangan orang lain.” – Utsman bin Affan.

38. “Saya berada di antara orang-orang yang berlisan ganas, berhati batu, dan berpedang tajam.” – Utsman bin Affan.

39. “Di antara pendosa, yang paling buruk ialah dia yang meluangkan waktunya untuk membahas kesalahan orang lain.” – Utsman bin Affan.

40. “Hindarilah minuman keras, karena itu adalah kunci dari kejahatan.” – Utsman bin Affan.

Kata-kata Mutiara Utsman bin Affan

Berikut kata-kata mutiara Utsman bin Affan

41. “Aku beriman kepada Allah yang menciptakanku dan menyempurnakanku.” –  Utsman bin Affan.

42. “Aku menemukan kenikmatan beribadah dalam 4 hal yakni ketika mampu menunaikan kewajiban-kewajiban dari Allah, ketika mampu menjauhi hal-hal yang diharamkan oleh Allah, ketika mampu mengajak berbuat kebaikan (amar ma’ruf) dan mencari pahala dari Allah, ketika mampu mencegah perbuatan mungkar (nahi munkar) dan menjaga diri dari murkanya Allah.” – Utsman bin Affan.

43. “Aku merasa cukup dengan pandanganku sebagaimana aku bisa merasa cukup dengan ingatanku.” – Utsman bin Affan.

44. “Jangan sampai kalian tertipu dengan uban dan botak. Karena di belakang ini semua ada sesuatu yang kalian cintai.” – Utsman bin Affan.

45. “Janganlah kalian lalai terhadap Allah karena Allah tidak akan pernah lalai terhadap kalian.” – Utsman bin Affan.

46. “Setiap orang diberi masalah sesuai dengan kemampuannya masing-masing.” – Utsman bin Affan.

47. “Mengapa  tidak kalian mengubahku dengan dosa yang telah Allah ampuni?” – Utsman bin Affan.

48. “Ketahuilah dunia itu dilipat di atas tipuan. Jangan sampai kamu tertipu oleh dunia dan jangan sampai kamu tertipu oleh setan dalam ketaatan kepada Allah.” – Utsman bin Affan.

49. “Pekerja keras memberiku bukti bukan sekadar janji.” – Utsman bin Affan.

50. “Ketika lidah seseorang menjadi tenang dan ramah, maka hatinya akan menjadi saleh dan bersih.” – Utsman bin Affan.

Kata-kata Mutiara Utsman bin Affan

Berikut kata-kata mutiara Utsman bin Affan

51. “Tak ada yang mampu mengurusi persoalan umat Islam, kecuali orang yang memiliki integritas hikmah, matang, dan berpengalaman.” – Utsman bin Affan.

52. “Di antara tanda-tanda orang yang bijaksana ialah karena hatinya selalu berniat suci, lidahnya selalu basah dengan dzikrullah, kedua matanya menangis karena penyesalan (terhadap dosa), segala perkara dihadapinya dengan sabar dan tabah, mengutamakan kehidupan akhirat daripada kehidupan dunia.” – Utsman bin Affan.

53. “Sambutlah ajal kalian dengan amal baik yang semampu kalian.” – Utsman bin Affan.

54. “Salat itu amal terbaik bagi manusia. Jika ia melaksakannya dengan baik maka ikutilah mereka. Andaikata ia menjalankannya dengan buruk bagi jauhilah keburukan itu”- Utsman bin Affan.

55. “Aku lebih senang di pandang Allah SWT sebagai hamba yang berbuat baik dibanding sebagai orang yang berbuat kerusakan.” – Utsman bin Affan.

56. “Hendaknya kita berusaha menjaga batasan-batasan, menepati janji, rela dengan yang ada, dan bersabar atas yang hilang dari kita” – Utsman bin Affan.

57. “Tariklah pelajaran dari apa yang telah lewat serta bersungguh-sungguh.” – Utsman bin Affan.

58. “Kalian itu menjadi pioneer dalam Islam. Manusia akan menjadi rusak jika kalian rusak dan mereka menjadi baik jika kalian baik.” – Utsman bin Affan.

59. “Sesungguhnya Allah SWT menciptakan makhluk dengan benar, maka janganlah berbicara kecuali atas kebenaran.” – Utsman bin Affan.

60. “Allah tak akan mencabut kekuasaan melebihi dari ia mencabut hafalan al-Quran.” – Utsman bin Affan.

Artikel Lainnya