Galeri Wayang Golek Cupumanik, Tempat Berburu Souvenir Unik dan Antik di Kota Bandung

Penulis: Heri Setiawan (IG: @udarang21)

Jika berbicara mengenai beragam kerajinan yang ada di Kota Bandung memang tidak pernah ada habisnya, deh. Salah satunya ialah kerajinan Wayang Golek Cupumanik yang tak lekang oleh zaman dan  selalu disukai oleh banyak kalangan.

Di Galeri Wayang Golek Cupumanik tidak hanya menjadi pusat kerajinan, tapi saat ini juga menjadi pusat oleh-oleh atau souvenir yang tak boleh dilewatkan dan wajib dikunjungi saat berkunjung ke Kota Bandung.

Dengan beragam pilihan produk yang unik dan menarik, tidak heran banyak orang yang merekomendasikan untuk berburu souvenir atau oleh-oleh langsung ke Galeri Wayang Golek Cupumanik.

Kira-kira seperti apa tempatnya dan apa saja yang bisa pengunjung dapatkan saat datang kesini, mari kita ulas yuk.

Souvenir Khas Sunda yang Sudah Mendunia

Buat kamu yang ingin mencari oleh-oleh atau souvenir unik bertemakan kesenian khas sunda di Kota Bandung, tidak ada salahnya untuk langsung saja datang ke Galeri Wayang Golek Cupumanik. Disini, pengujung dapat mememilih langsung berbagai jenis wayang golek yang unik, antik serta mewah.

Selain itu, di Galeri Wayang Golek Cupumanik ini, wisatawan juga bisa menyumbangkan ide dan  kreativitas masing masing dalam mengkreasikan wayang golek dengan ciri khas tersendiri.



Hebatnya lagi, Galeri Wayang Cupumanik yang sudah berdiri sejak tahun 1970’an ini telah banyak mengekspor wayang golek ke berbagai negara di dunia.

Di antaranya beberapa negara yang kerap mengincar Wayang Golek Cupumanik untuk dijadikan suovenir, koleksi hingga wayang pertunjukkan ialah Belanda, Amerika, Inggris, Jepang, Belgia dan masih banyak lainnya.

Tidak hanya wayang golek, di galeri ini wisatawan juga dapat membeli beragam produk kerajinan tangan lainnya. Mulai dari tas, dompet, beragam miniatur alat musik, dan material penghias rumah yang cocok dijadikan sebagai buah tangan buat orang terkasih.

Harga yang ditawarkan saat membeli berbagai produk kerajinan di Galeri Wayang Golek Cupumanik ini juga sangat bersahabat dan ramah di kantong sesuai dengan bentuk dan ukurannya. Adapun harga yang dipasarkan cukup beragam mulai dari harga Rp 20 ribu hingga jutaan rupiah.

Keren banget kan? Nah, jadi kalau nanti berkunjung ke Kota Bandung jangan sampai lupa untuk singgah dan mampir ke Galeri Wayang Golek Cupumanik ya!

Pindah Lokasi ke Dekat Lapangan Tegalega

Jika sebelumnya Galeri Wayang Golek Cupumanik  beralamat di Jalan H. Akbar Kelurahan Pasirkaliki, Kecamatan Cicendo dan tidak jauh dari Stasiun Kota Bandung. Namun, sejak akhir tahun 2020 lalu Galeri Wayang Golek Cupumanik sudah pindah ke Jalan Srikusumah No. 8A, Regol, Kota Bandung.



Jika dari arah Lapangan Tegalega jarak menuju Galeri Wayang Golek Cupumanik dapat ditempuh sekitar 5 sampai 10 menit saja.

Galeri Wayang Golek Cupumanik yang berlokasi tepat tengah pusat kota yang sangat strategis dan banyak berdekatan dengan kawasan amenitas pariwisata, pusat transportasi dan perhotelan.

Sehingga, wisatawan bisa dengan mudah untuk berkunjung dan membeli buah tangan untuk sanak saudara serta orang tercinta. Jadi, tunggu apalagi, ditunggu di Galeri Wayang Golek Cupumanik ya.

Saling Berkolaborasi dan Bersinergi dalam Memajukan Kerajinan Wayang Golek Cupumanik

Meskipun ditengah masa pandemi ini, Pemerintah Kota Bandung terus bertekad dan berupaya untuk membantu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam mengatasi permasalahan perekonomian. Salah satunya yaitu usaha kerajinan Galeri Wayang Golek Cupumanik.

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) dapat bersinergi untuk melakukan Kolaborasi dengan para pihak dalam membantu minat beli dari pengunjung pada kerajinan Galeri Wayang Golek Cupumanik.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung juga merekomendasikan kepada wisatawan, bagi yang ingin berburu souvenir kerajinan bisa langsung menuju ke Wayang Golek Cupumanik. Selamat berbelanja.



Artikel Lainnya