Berwisata Edukasi Nuklir ke BATAN Bandung, Siapa Takut!

Penulis: Heri Setiawan (IG: @udarang21)

Jika membahas terkait Nuklir, tentu yang terbayangkan adalah ledakan bom, radiasi berbahaya, sakit kanker dan banyak hal negatif lainnya yang terbesit. Bila ditilik lebih dalam, sebenarnya nuklir itu mempunyai banyak manfaat untuk kehidupan seperti digunakan untuk peternakan, sumber energi , kesehatan, industry, geothermal sampai pengawetan.

Keterbatasan pemahaman tentang nuklir seringkali membuat orang takut untuk mencari tahu informasi tentang nuklir. Hal tersebut kemudian membuat Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan (PSTNT) Badan Teknologi Nuklir Nasional (BATAN) Bandung berusaha untuk meluruskan tanggapan negatif tentang nuklir.

Sekarang, PSTNT BATAN Bandung bisa open public baik masyarakat umum dan wisatawan yang ingin tahu banyak tentang Nuklir. Di PSTNT Batan juga menyediakan tempat dan informasi untuk wisatawan yang ingin belajar untuk mengetahui manfaat lain yang bisa diperoleh dari teknologi nuklir.

Bagi publik yang penasaran terkait nuklir, harus banget buat berkunjung ke PSTNT Batan. Lets, go! intip ada apa saja PSTNT BATAN Bandung yuk.

Nuklir BATAN Bandung Sebagai Wisata Edukasi

Kota Kembang, Bandung sekarang ini mempunyai destinasi wisata edukasi yang unik dan jarang banget ada di kota lainnya. Tempat unik itu bernama Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan Badan Tenaga Nuklir Nasional (PSTNT Batan) Bandung.



PSTNT Batan dibuka open public sejak Oktober 2019 lalu. Kini wisatawan bisa berkunjung dan melihat secara langsung banyak hal yang berhubungan tentang Nuklir. Di tempat ini, wisatawan juga bisa mengetahui sejumlah hasil penelitian dan pengembangan dari PSTNT Batan Bandung.

Banyak tempat menarik yang ada di sana, di antaranya ada ruang teknik analisis radiometri, laboratorium radio isotop dan senyawa bertenda hingga tempat pengeolahan limbah.

Tak hanya itu itu, ada juga ruang pamer yang cukup luas, bersih dan nyaman. Di ruang pamer ini menunjukkan beragam informasi teknologi terkait nuklir yang mendukung pemanfaatan untuk kehidupan sehari-hari.

Hasil penelitian dan pengembangan yang ditunjukkan di antaranya jamu herbal irridasi, kit radioisotop dan radiofarmaka yang digunakan untuk kedokteran nuklir, plastik biodegradable dan iridasi gamman yang berguna sebagai produk unggulan Indonesia seperti buah-buahan dan hal lain-lainnya.

Tenang dan Enggak Perlu Takut saat Wisata Ke Batan Bandung

Bagi publik yang nantinya ingin ke sana maka akan dipandu langsung oleh tim dari PSTNT Batan Bandung. Pemandu sangat ramah yang akan menemani kamu serta menjelaskan tentang informasi nuklir serta manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari kepada pengunjung yang datang.

Berwisata ke PSTNT Batan Bandung ini kamu tidak akan dikenakan oleh biaya sepeserpun atau gratis. Selain itu, kamu tak perlu takut untuk datang berwisata kesini. Karena, PSTNT Batan Bandung sangat memerhatikan terkait faktor keamanan dan keselamatan untuk pengunjungnya.

Salah satu hal menariknya di sana yakni wisatawan juga bisa melihat langsung fasilitas reaktor nuklir PSTNT BATAN Bandung. Tetapi, bagi yang ingin melihat reaktor tersebut harus memenuhi syaratk minimal berusia 18 tahun keatas.

Sedangkan bagi wisatawan berusia 18 tahun ke bawah juga tidak perlu bersedih. Soalnya wisatawan yang berusia 18 tahun ke bawah bisa melihat-lihat ke ruang pameran yang berisi banyak informasi edukatif terkait nuklir.

Cara Mudah Berkunjung Batan Bandung

Gedung PSTNT BATAN Bandung terletak di Jl. Tamansari No.71, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat. Letak gedung PSTNT BATAN Bandung yang berada di tengah kota dapat dengan mudah diakses melalui berbagai kendaraan umum, terlebih dengan transportasi online.

1. Bandara Husein

Wisatawan bisa naik angkot Jurusan Sadang Serang-Caringin yang berwarna biru ke arah Sadang Serang, kemudian turun di depan gerbang ITB.  Wisatawan bisa melanjutkan berjalan kaki ke arah PSTNT BATAN Bandung yang bisa ditempuh selama 10 menit.

2. Stasiun Bandung

Jika dari stasiun Bandung, sebaiknya jangan keluar melalui pintu utama (kecuali kalau naik transportasi online), melainkan dari pintu utara jalan tamansari. Begitu keluar, wisatawan bisa gunakan Angkot jurusan Cisitu-Tegalega yang berwarna ungu menuju arah Cisitu lalu turun di depan Kebun Binatang dan lanjut berjalan sekitar 5 – 10 menit munuju arah PSTNT BATAN Bandung dengan berjalan kaki. Jika naik transportasi online juga lebih mudah.



3. Dari Terminal Caheum

Jika dari Terminal Caheum, wisatawan bisa gunakan angkot jurusan Caheum-Ledeng yang berwarna hijau dan pastikan turun di depan Kebun Binatang Bandung yaitu persimpangan Jl. Tamansari. Lalu, jalan beberapa langkah ke arah PSTNT BATAN Bandung.

Tempat wisata terdekat di sekitar BATAN Bandung

Usai dari wisata edukasi ke gedung PSTNT BATAN Bandung, wisatawan bisa melanjutkan ke beberapa tempat destinasi wisata terdekat lainnya.

1. ITB

Tepat didepan gedung PSTNT BATAN Bandung berdiri salah satu kampus terbaik di Indonesia. Ya, Institue Teknologi Bandung atau ITB persis diseberang gerbang gedung PSTNT BATAN Bandung. Dengan berjalan sekitar beberapa langkah saja, wisatawan sudah masuk ke dalam salah satu kawasan kampus bergengsi di Tanah Air.

2. Kebun Seni Tamansari

Selain ke Institue Teknologi Bandung atau ITB, wisatawan juga bisa langsung menuju Kebun Seni Tamansari yang terdapat di selatan gedung Batan Bandung. Di Kebun Seni Tamansari ini tempat berkumpulnya berbagai seniman, penjual kerajinan, pelukis, pandai kayu, hingga cafe buat ngopi dan nongkrong.

Jika kamu beruntung, tempat ini juga sering diadakan sebagai pameran dan tempat pertunjukan. Selain itu, tempat ini juga terdapat para penjual makanan yang bisa kamu nikmati.



3. Kebun Binatang Bandung Zoo

Tidak jauh dari Kebun Seni Tamansari, terdapat salah satu tempat wisata yang populer dan wajib dikunjungi oleh wisatawan. Ya, disamping Kebun Seni Tamansari terdapat Kebun Binatang Bandung Zoo yang merupakan salah satu objek wisata alam flora dan fauna di Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Kebun Binatang Bandung terletak berdampingan dengan kampus Institut Teknologi Bandung dan Sungai Cikapundung.

4. Forest Walk Siliwangi

Selain itu tidak jauh di utara PSTNT BATAN Bandung sekitar wisatawan juga bisa mengunjungi Forest Walk Siliwangi atau biasa disebut Babakan Siliwangi. Babakan Siliwangi atau baksil ini merupakan kawasan taman hutan kota yang terkenal asri dan indah.

Ruang Terbuka Hijau Babakan Siliwangi ini juga bisa jadi tempat rekreasi dengan forest walk kurang lebih 2 km-an dan lebar 2,6 meter. Forest walk ini diklaim salah satu yang terpanjang di Asia Tenggara. Menikmati hutan kota yang asri sembari mengabadikan foto di tengah alam, jadi daya tarik tersendiri.



Artikel Lainnya