Menjelajah Suasana Desa Tempo Dulu di Rumah Budaya Rosid

Menjelajah Suasana Desa Tempo Dulu di Rumah Budaya Rosid

Penulis: Heri Setiawan (IG: @udarang21)

Pernahkah kamu rindu dengan suasana desa tempo dulu? Bangunan, perkakas, hingga suasana lingkungannya yang asri dan menenangkan? Jika pernah, kamu wajib berkunjung ke salah satu tempat unik yang ada di Kota Bandung! Rumah Budaya Rosid namanya.

Tempat yang berada di kawasan Kampung Wisata Kreatif Cigadung ini menghadirkan suasana berbeda yang sudah sangat jarang kita temui di destinasi wisata lainnya.  Selain menghadirkan suasana desa tempo dulu melalui berbagai macam perkakas dan peralatan rumah tangga, di tempat ini juga ada galeri seni, perpustakaan, homestay dan café dengan berbagai sajian menu sederhana namun menggugah selera.

Menjelajah Suasana Desa Tempo Dulu di Rumah Budaya Rosid

Menariknya lagi, tempat ini sudah sering banget dikunjungi oleh public figure Tanah Air loh! Mulai dari selebritis, musisi, pejabat dan tokoh publik lainnya.  Orang-orang banyak mengenal tempat ini dengan sebutan Rumah Budaya Rosid, dan sebagian lagi biasa menyebutnya dengan Studio Rosid.

Nah, untuk yang belum tau, tentunya sudah penasaran banget dong. Yuk, mari kita langsung bahas! Let’s go~

Nostalgia Menikmati Suasana Desa Tempo Dulu

Menjelajah Suasana Desa Tempo Dulu di Rumah Budaya Rosid

“Rumah Budaya Rosid adalah Lumbung Ilmu yang meneropong masa lalu, merekam kekinian dan disajikan untuk masa yang akan datang, serta keberadaannya dapat memberi ‘nilai tambah’ terhadap kegairahan kota Bandung untuk Jawa Barat bagi Indonesia”. Itulah sebait kutipan tentang Rumah Budaya Rosid yang didirikan oleh pelukis bernama Rosid pada tahun 2015.  Seniman yang berasal dari keluarga petani ini memutuskan untuk mengumpulkan berbagai koleksi di Rumah Budaya Rosid sejak tahun 2006.

Saat datang ke Rumah Budaya Rosid kamu akan merasakan suasana desa petani zaman dulu yang hangat saat malam hari, dan sejuk di pagi hari. Tak heran jika kesan pertama saat masuk ke Rumah Budaya Rosid adalah suasana pedesaannya yang begitu kuat.

Hal tersebut terlihat jelas dengan hadirnya artefak berupa alat-alat pertanian dan perlengkapan rumah tangga tradisional yang dipajang di tempat ini. Rumah Budaya Rosid memang dibangun dan didesain khusus sebagai memori kehidupan masa lalu di desa yang sangat nyaman.

Lebih Dari Sekedar Studio Seni dan Pameran

Menjelajah Suasana Desa Tempo Dulu di Rumah Budaya Rosid

Rumah Budaya Rosid memiliki beberapa area yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Area pertama terdapat Studio yang terdiri dari dua lantai. Lantai satu studio menghadirkan beberapa lukisan Bapak Rosid pada media kayu. Sedangkan di lantai dua lebih banyak menghadirkan lukisan pada media kanvas. Bahkan ada juga lukisan yang dibuat oleh beliau pada sebuah batu. Sedangkan di area lainnya erdapat perpustakaan mini dengan berbagai ornament desa yang khas.

Tidak hanya menjadi studio seni dan pameran saja, di Rumah Budaya Rosid juga terdapat homestay yang nyaman dan café dengan harga terjangkau.

Suasana ini tercipta karena sejak awal masuk, pengunjung sudah disuguhi dengan berbagai ornament kayu yang menampilkan kesan asri. Hal ini tentu membuat café di Studio Rosid cocok untuk dijadikan tempat nongkrong dan santai bersama kerabat & sahabat.

Kehadiran ornament menarik di Studio Rosid tak ayal menjadikan tempat ini sebagai tempat asyik untuk berburu foto. Bahkan banyak yang menjadikan Rumah Budaya Rosid sebagai tempat untuk foto prewedding.

Gelar Pameran Karya Hingga Mancanegara

Menjelajah Suasana Desa Tempo Dulu di Rumah Budaya Rosid

Selain menjadi destinasi wisata, Rumah Budaya Rosid juga merupakan sarana edukasi, informasi, dan hiburan serta wadah untuk melestarikan budaya sunda di Kota Bandung.

Tidak hanya dikenal di dalam negeri, Rumah Budaya Rosid bahkan pernah menggelar pemeran hasil karyanya hingga ke mancangera seperti Singapura, Filipina, Korea Selatan dan Hongkong.

Keren banget ya? Untuk kamu yang ingin berkunjung, bisa langsung datang ke Rumah Budaya Rosid yang berada di Jalan Cigadung Raya Tengah No. 40, Cigadung Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung. Untuk masuk ke dalamnya, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya untuk parkir saja. Enjoy!

Artikel Lainnya