Destinasi Wisata di Sekitar Jalan Siliwangi Kota Bandung

Penulis: Heri Setiawan

Bagi sebagian masyarakat Kota Bandung, Jalan Siliwangi dikenal merupakan salah satu kawasan yang terkenal angker dengan berbagai cerita mistisnya. Jalan Babakan Siliwangi ini termasuk jalanan yang cukup ramai dilewati pengendara roda dua maupun empat pada siang hari.

Kawasan yang rimbun dan dihisasi berbagai pepohonan yang besar serta rindang ini juga menghadirkan berbagai destinasi untuk wisatawan. Di sepanjang jalan terdapat beberapa destinasi wisata mulai dari Forest Walk Babakan Siliwangi, Sanggar Olah Seni Babakan Siliwangi, Teras Cikapundung BBWS hingga yang terbaru ada mural di trotoar Jalan Babakan Siliwangi yang cocok untuk foto selfi.

Forest Walk Babakan Siliwangi

Forest Walk Babakan Siliwangi

Kota Bandung kali ini sudah dimanjakan dengan beberapa taman kota yang bisa dijadikan sebagai tempat bersantai dan menikmati nuansa hijau di tengah kota, Kota Bandung masih ada ruang terbuka hijau nan asri yang dapat membuat kita merasakan kembali sejuknya semilir angin sepoi-sepoi yang memanjakan badan dan menyegarkan pikiran. Salah satu nya, taman kota Forest Walk Babakan Siliwangi.

Forest walk di Bandung ini bisa dimanfaatkan sebagai titik awal maupun akhir dalam berbagai kegiatan. Selama berjalan-jalan di Hutan yang dingin, Anda akan menemukan diri anda dikelilingi oleh pepohonan rindang yang lebat. Sejak 27 September 2011, Babakan Siliwangi secara resmi ditetapkan sebagai hutan global oleh Tunza International Children & Youth Conference on the Environment 2011. Untuk kota seperti Bandung, memiliki hutan kota yang diakui secara khusus oleh organisasi internasional adalah suatu kebanggaan.

Sanggar Olah Seni Babakan Siliwangi

Sanggar Olah Seni Babakan Siliwangi

Sanggar Olah Seni (SOS) ini terletak di dalam Forest Walk Babakan Siliwangi. SOS dibangun sebagai ruang budaya antara seniman dan masyarakat yang menawarkan pembelajaran dan pembinaan kesenian. Tak hanya seni rupa yang diajarkan, tapi juga teater, musik, dan seni lainnya.

Studio ini selalu terbuka untuk umum sebagai tempat berkreasi yang sangat aktif dan produktif. Sanggar Olah Seni telah menjadi wadah publik untuk kegiatan kreatif seni, termasuk seni rupa dan seni pertunjukan yang beragam. studio ini dikenal sebagai metode pendidikan seni yang menciptakan seniman-seniman terkemuka yang diakui oleh masyarakat Indonesia bahkan global. Sanggar Olah Seni saat itu dipimpin oleh seorang seniman sekaligus pendidik bernama R Thony Joesoep.

Baca Juga :  Lakon Heritage Miko Mall, Tempat Belanja Batik Murah dan Berkualitas di Bandung

Mural di Trotoar Jalan Babakan Siliwangi

Mural di Trotoar Jalan Babakan Siliwangi

Mural adalah salah satu seni yang salah satunya ditampilkan dalam bentuk gambar di tembok. Salah satunya mural di sepanjang tembok trotoar di Jl Babakan Siliwangi,  kini sudah bisa dimanfaatkan oleh wargi Bandung untuk berswafoto atau selfie.

Tembok yang sebelumnya kumuh dan kotor kini dapat dinikmati, gambarnya makin cantik dengan ornament garis dan warna-warni yang cerah yang membuat hidup Kawasan Baksil ini. Pohon-pohon tinggi yang tumbuh disekitar trotoar menambahkan kesejukan jika akan berjalan-jalan disana.

Teras Cikapundung BBWS

Teras Cikapundung BBWS

Teras Cikapundung BBWS adalah sebuah taman nan cantik yang ada di samping sungai Cikapundung, awalnya tempat ini merupakan deretan rumah kumuh dan bantaran sungai Cikapundung yang tidak terawat namun disulap menjadi taman yang cantik dengan aliran sungai Cikapundung yang bersih.

Teras Cikapundung BBWS dibangun berdasarkan konsep Urban dan Ekologi oleh Bapak Ridwan Kamil. BBWS ini merupakan salah satu ruang publik di Kota Bandung yang terletak di sekitar sungai Cikapundung. Warga Bandung yang biasanya mengunjungi untuk bersantai di akhir pekan kerap menyebutnya TecI atau Amphiteatre.

Artikel Lainnya