Co Working Space Cibeunying Kaler

Co Working Space Binaan Disbudpar Kota Bandung, Tempat Belajar dan Berkarya

Penulis: Heri Setiawan

Untuk mendukung para insan muda kreatif serta meningkatkan daya saing para pemuda di industri kreatif, Pemerintah Kota Bandung menghadirkan berbagai Co-Working Space di berbagai kecamatan yang di dampingi oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung.

Co Working Space binaan Disbudpar Kota Bandung ini bisa menjadi wadah dan sarana fasilitas yang berguna bagi insan muda kreatif Kota Bandung dalam berkumpul dan bertukar pikiran. Dengan adanya Co Working Space ini diharapkan dapat membentuk kelompok ekonomi dan kreatif berbasis teknologi yang dikembangkan dengan platfotm bisnis sosial.

Di rencanakan pada tahun 2023 Pemkot Bandung menargetkan Co-Working Space bakal teraktivasi di 30 Kecamatan. Di tahun 2022 suda ada beberapa kecamatan yang sudah aktif melaksanakan kegiatan di Co Working Space Binaan Disbudpar Kota Bandung. Yuk kita kunjungi beberapa Co Working Space binaan Disbudpar Kota Bandung yang dirangkum Memora.ID di bawah ini.

Co Working Space Cibeunying Kaler

Co Working Space Cibeunying Kaler

Co Working Space Cibeunying Kaler berada di Taman Neglasari tepatnya persis dibelakang Gor Cikutra. Co Working Space Cibeunying Kaler ini merupakan bangunan baru yang berdampingan dengan taman hijau Neglasari. Tempat yang dulunya berbentuk saung ini, kini sudah berubah menjadi bangunan 2 lantai yang bisa digunakan oleh masyarakat Cibeunying Kaler.

Co Working Space Cibeunying Kaler kerap digunakan oleh masyarkat mulai dari tempat mengadakan workshop dan pelatihan untuk mendukung kreativitas masyarakat Cibeunying Kaler. Selain itu, di tempat ini juga rutin diadakan pelatihan kesenian dan kebudayaan dari lingkung seni yang ada diwilayah Co Working Space Cibeunying Kaler.

Alamat : Jl. Cikutra Baru IV No.28, Neglasari, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung

Media sosial : @cws.cikal

Co Working Space Rancasari

Co Working Space Rancasari

Co Working Space Rancasari dibangun sejak tahun 2020 dan hadir untuk pemanfaatan serta pusat ide dan berfikir khususnya untuk para pemuda di lingkungan Kecamatan Rancasari. Co Working Space Rancasari hadir untuk mengoptimalkan dan menunjang berbagai kegiatan masyarakat di Rancasari.

Co Working Space Rancasari setiap bulannya selalu rutin mengadakan berbagai kegiatan untuk menunjang kreativias masyarakatnya. Mulai dari pelatihan membuat kukis buket, kesenian sunda, workshop kerajinan dari kain perca, workshop merajut gantungan kunci dan berbagai kegiatan lainnya. Disini, juga rutin mengadakan berbagai pameran serta foto produk untuk mendukung usaha masyarakat Rancasari.

Alamat : Jalan Bumi Sentosa No.12, Rancasari, Cipamokolan, Kota Bandung

Media sosial :@umkm.rancasari.juara

Co Working Space Coblong

Co Working Space Coblong

Co Working Space Coblong atau juga bisa disebut Co-Blong berada di rooftop lantai 3 gedung Kecamatan Coblong. Co Working Space Coblong hadir untuk menjadi wadah bagi masyarakat Coblong dalam menunjang kreatifitas, kesenian dan menjalankan UMKM. Co Working Space Coblong sudah hadir sejak tahun 2019 dengan konsep ruang terbuka yang nyaman digunakan oleh warga.

Co Working Space Coblong terdapat berbagai fasilitas yang bisa digunakan oleh masyarakat seperti Aula, Pojok Baca, Screen House atau Hidropnik serta aula roofftop yang kerap digunakan oleh pengurus Co Working Space Coblong dalam menggelar berbagai kegiatan seperti pelatihan bahasa, pembinaan home industri, temu bisnis, menampilkan kesenian, workshop dan kegiatan Kelompok penggeral Pariwisata (Kompepar).

Alamat : Jalan Sangkuriang No. 7 Kecamatan Coblong Kota Bandung

Media sosial : @cws.coblong

Co Working Space Batununggal

Co Working Space Batununggal

Co Working Space Batununggal berada di gedung Pasamoan yang tidak jauh dari kantor Kecamatan Batununggal. Keberadaan Co Working Space Batununggal hadir untuk mendukung dan mengembangkan kegiatan ekonomi kreatif di wilayah Batununggal serta dapat mengakselerasi kegiatan kreatif secara bersama dan berkesinambungan.

Co Working Space Batununggal juga rutin mengadakan pelatihan dan workshop bagi pelaku usaha ekonomi kreatif di wilayah ini. Terbaru, Co Working Space Batununggal baru saja menggelar pelatihan bersama salah satu markeplace terbesar di Indonesia yang dihadiri oleh insan kreatif dan pelaku UMKM di Batununggal. Selain itu, Co Working Space Batununggal juga kerap melakukan pengembangan berbisnis online dan pengembangan bakat untuk pelaku seni di wilayah Batununggal.

Alamat : Jalan Venus No.6, Gumuruh, Batununggal, Kota Bandung

Media sosial : @cws_batununggal

Co Working Space Cibeunying Kidul

Co Working Space Cibeunying Kidul

Co Working Space Cibeunying Kidul, memiliki 54 binaan UMKM yang bergerak di beberapa sektor ekonomi kreatif. Sebagian besar kegiatan di CWS ini menyasar UMKM sebagai aktor perubahan dan pembangkitan ekonomi kreatif khususnya dalam bidang digital. Keberadaan Co Working Space Cibeunying Kidul juga didukung oleh anak muda yang peduli dan kreatif.

Ada berbagai kegiatan yang kerap diadakan di Co Working Space Cibeunying Kidul ini seperti workshop ataupun pelatihan yang mempunyai sifat sustainable dengan berbagai tema. Diantaranya. digitalisasi menjadi program unggulan, kemandirian ekonomi organisasi juga dikedepankan agar kegiatan CWS ini bisa berjalan dengan baik dan mandiri secara financial. Salah satunya ialah kehadiran angkringan vicus space sebagai pilot project incubation business yang ada Co Working Space Cibeunying Kidul.

Alamat : Jalan Venus No.6, Gumuruh, Batununggal, Kota Bandung

Media sosial : @vicuspace dan @hellomedium