Penyebab Utama Karyawan Resign dari Pekerjaan

7 Penyebab Utama Karyawan Resign dari Pekerjaan

Bicara tentang karier pekerjaan tentu banyak sekali yang bisa dibahas. Seperti bahasan tentang resign yang sudah menjadi sesuatu yang wajar di dunia kerja. Resign atau mengundurkan diri bisa disebabkan oleh beberapa alasan. Alasan-alasan ini perlu diketahui atasan untuk mengintropeksi diri atau perusahaan karena menyinggung terkait kenyamanan pekerja.

Setidaknya ada 7 penyebab utama karyawan memilih resign dari pekerjaannya. Berikut Memora.ID tuliskan penyebab utama karyawan resign dari pekerjaan.

1. Tidak Berkembang

Banyak karyawan merasa dirinya tidak berkembang selama bekerja di perusahaan. ‘Gini-gini aja’ merupakan ungkapan dari karyawan yang merasa tidak bisa menaikan valuenya selama bekerja di perusahaan. Alhasil, pilihan untuk resign diajukan untuk kebaikan karier kedepannya.

2. Masalah Gaji

Alasan terbanyak orang memilih keluar dari pekerjaannya adalah gaji. Gaji yang dinilai sedikit akan membuat karyawan mempertimbangkan untuk mencari pekerjaan baru. Terlebih apabila gaji yang diterima dinilai tak sepadan dengan kerja keras yang dilakukan.

3. Tempat Kerja Tidak Ramah

Penyebab Utama Karyawan Resign dari Pekerjaan

Alasan karyawan resign adalah tempat kerja tidak ramah sehingga membuat karyawan merasa tidak nyaman. Rasa tidak nyaman akan membuat perasaan menjadi tidak enak dan karyawan tersebut akan seperti bom waktu yang kapan saja bisa meledak sehingga memilih untuk resign.

4. Tak Ada Jenjang Karier

Karyawan memutuskan untuk bertahan salah satunya ada jenjang karier yang jelas. Jika tak ada jenjang karier dan hanya sebatas jobdesk yang itu-itu saja, maka karyawan yang memiliki target pendapatan atau punya resolusi terhadap karier bisa memilih resign adan memilih pekerjaan dengan ada jenjang karier.

5. Ingin Karier Berbeda

Karyawan bisa saja melakukan kesalahan dalam memilih pekerjaan. Bisa saja pekerjaan tak sesuai passion atau jurusannya. Sehingga setelah kontrak berakhir, bisa saja karyawan memilih mencari kerja dengan karier yang berbeda dari sebelumnya.

6. Arah Perusahaan Tidak Jelas

Penyebab Utama Karyawan Resign dari Pekerjaan

Perusahaan yang memiliki tujuan jelas tentu membuat karyawannya merasa tepat memilih tempat kerja. Namun jika sebaliknya, perusahaan seperti terombang-ambing karena ketidakjelasan maka karyawan bisa saja resign mempertimbangkan kariernya yang harus bekerja di tempat kerja dengan arah yang jelas.

7. Lokasi Tempat Bekerja

Alasan terakhir kenapa karyawan resign yakni lokasi tempat bekerja. Jika lokasi tempat bekerja dinilai memberatkan, maka karyawan akan mempertimbangkan memilih lokasi tempat kerja yang nyaman. Nyaman menjadi alasan utama agar bisa bekerja dengan maksimal.