Apa Itu Prinsip Fermat?

Apa Itu Prinsip Fermat? Prinsip Fermat Adalah Prinsip Pergerakan Gelombang yang Memilih Jalur Tercepat

Apa itu prinsip Fermat? Lalu bagaimana konsep dari jalur lintasan tercepat yang ada dalam asas Fermat? Penjelasan lengkapnya Memora.ID rangkum di bawah ini.

Pengertian Prinsip Fermat

Apa Itu Prinsip Fermat?

Prinsip Fermat adalah prinsip yang menyatakan bahwa gelombang bisa merambat dari satu titik ke titik lainnya dengan konsep memilih jalur tercepat.

Jalur yang akan dilalui gelombang dari satu titik ke titik lainnya adalah jalur yang secara waktu tercepat bukan yang terpendek berdasarkan jarak.

Tidak selamanya yang terpendek itu tercepat

Dalam konsep prinsip Fermat, satu hal yang perlu diperhatikan adalah jalur tercepat yang ditempuh gelombang itu didasarkan pada waktu. Waktu cepat rambat bukan karena jarak. Jika kamu berasumsi jarak yang pendek akan menjadi waktu tercepat maka itu kurang benar. Belum tentu dengan jarak pendek itu waktu tercepat. Jadi yang benar adalah waktu tercepat gelombang saat melalui jalur ke titik satu ke titik lainnya.

Lintasan tercepat

Lintasan atau jalur yang dilalui oleh gelombang ialah lintasan yang paling sedikit memerlukan waktu. Dengan demikian, jika gelombang melewati sebuah medium yang memiliki variasi kecepatan gelombang seismik maka gelombang itu akan melalui zona-zona berkecepatan tinggi dan menghindari zona-zona berkecepatan rendah.

Ilustrasi Prinsip Fermat

Apa Itu Prinsip Fermat?

Baca Juga :  Instrumentasi Akuisisi Seismik Refleksi
Artikel Lainnya