Kesalahan dalam Menyimpan Uang yang Perlu Dipahami

6 Kesalahan dalam Menyimpan Uang yang Perlu Dipahami

Dalam upaya menuju bebas finansial, diperlukan adanya perencaan menyimpan uang yang matang. Namun beberapa kali ada kesalahan dalam menyimpang uang yang tanpa disadari terjadi. Kesalahan dalam menyimpan uang ini bisa berakibat pada tujuan finansial yang tidak tercapai. Kamu perlu cermat dan memahami apa saja kesalahan dalam menyimpan uang.

Berikut Memora.ID rangkum kesalahan dalam menyimpan uang yang perlu dipahami.

1. Tergiur dengan Harga Murah

Jika kamu selalu tergoda karena harga murah maka mulai sekarang kamu perlu menandainya sebagai sebuah kesalahan dalam menyimpan uang. Jangan biasakan diri tergoda karena harga murah. Ingatlah, beli barang berdasarkan kebutuhan bukan keinginan.

2. Tidak Membuat Anggaran Bulanan

Kesalahan dalam Menyimpan Uang yang Perlu Dipahami

Salah satu cara bisa mencapai finansial freedom adalah dengan membuat perencanaan yang matang. Uang yang kamu simpan bisa alihkan ke investasi jangka panjang. Lalu kamu catat anggaran bulan. Jika kamu tak mencatat, maka akan ada pengeluaran tak perlu yang lolos dari pengamatan.

3. Tidak Punya Tujuan Finansial

Tetapkan tujuan finansial mu sebelum menabung dan investasi. Jika kamu tak memiliki tujuan, maka kamu sewaktu-waktu akan pakai uang simpanan mu untuk sesuatu yang kurang perlu. Selain itu, menabung tanpa tujuan juga akan membuat rencana finansial mu berantakan. Tetapkan tujuan karena semuanya pasti ada tujuannya semisal bisa mencapai bebas finansial di usia sekian.

4. Tidak Konsisten Menabung

Kesalahan dalam Menyimpan Uang yang Perlu Dipahami

Penyebab kamu selalu gagal dalam menyimpan uang adalah tidak konsisten menabung. Konsisten menabung merupakan suatu hal yang susah. Kamu perlu belajar konsisten dan tidak boleh mengambil tabungan agar tujuan menabungmu bisa tercapai.

5. Menabung Tak Selalu dalam Jumlah Besar

Biasanya orang memiliki anggapan bahwa menabung lebih baik dalam jumlah besar. Jika pandanganmu seperti itu cobalah ubah. Ubah menjadi menabung itu harus konsisten walaupun dalam jumlah kecil. Mulai saja dulu menabung dan pelan-pelan tabungan itu akan memenuhi tujuan finansialmu.

6. Nomor Rekening Dicampur

Kesalahan terakhir dalam menyimpan uang yakni hanya memiliki satu rekening. Rekening yang dicampur ini akan membuat uang kamu dengan seenaknya pergi dan masuk tanpa terkontrol. Setidaknya kamu punya satu rekening untuk menabung. Satu rekening itu bisa penuhi tujuan finansial mu jika kamu benar-benar konsisten dalam menabung.