Review Bung di Banda

Review Buku Bung di Banda Karya Sergius Sutanto

Judul: Bung di Banda

Penulis: Sergius Sutanto

Ukuran: 13 x 19 cm

Tebal: 380 hlm

Penerbit: GagasMedia

ISBN: 978-979-780-974-4

Review Bung di Banda

Sinopsis Bung di Banda

Pertemuan 4 tokoh pergerakan Indonesia—Bung Hatta, Bung Syahrir, Bung Cipto, Bung Iwa—di tanah pembuangan Banda Naira dalam upaya menggagas ide-ide kebangsaan. Sebuah kisah yang diwarnai penantian cinta Bung Sjahrir kepada kekasih.

Interested Things

Banyak yang sudah tahu Banda Naira. Mungkin bisa lewat nama grup musik ataupun Banda Naira diceritakan sebagai latar tempat di buku maupun film. Eksotisme Banda Naira cukup menyihir banyak orang membuat buku Sergius Sutanto berjudul Bung di Banda sangat bikin penasaran. Terlebih, ada sosok hebat ‘Bung’ yang pernah di buang ke sana. Tentu, menyusuri sejarah masa lampau di pulau yang sangat indah akan membuat kamu sangat menikmati buku ini.

Jika kamu berkeingin pergi ke Banda Naira, wajib membeli buku ini dan membacanya terlebih dahulu. Seperti yang diucapkan Bung Sjahrir, jangan mati dulu sebelum ke Banda. Catat!

Best Moment

Jika kamu membaca buku Bung di Banda maka ada beberapa bagian yang membuat kamu berdecak kagum. Pertama, kisah cinta Bung Sjahrir dengan Maria yang cukup pelik. Terlebih, flashback cerita Maria yang merupakan istri dari Salomon Tas teman Sjahrir cukup membuat mata mendelik. Tak hanya itu, perlakuan orang saat Maria dibawa ke Indonesia juga cukup membuat kita terbawa emosi.

Selain itu, cerita awal-awal seramnya Digul juga membuat kita membayangkan luar biasanya perjuangan para ‘Bung’ di tanah pembuangan. Lalu kebersamaan Bung dengan para anak kecil seperti Des, Halik dan banyak anak kecil lainnya sangat menarik. Moment yang begitu melekat saat mereka main sepak bola serta menaiki kapal yang dicat mereka sendiri.

Tentu, momen saat akhir kepergian Bung di tanah pembuangan juga sangat menarik. Sergius Sutanto mengemas sejarah dengan sangat manis dan rapi. Tentu, kita harus berterima kasih dengan Sergius yang membuat kita tahu apa yang dialami Bung saat di Banda Naira.

Memoscore

Review Bung di Banda

Buku Bung di Banda cukup menghibur dan cocok untuk bacaan di kala santai. Score Bung di Banda 8/10.