Disbudpar Kota Bandung Sukses Tampilkan Helaran Angklung Buncis di Rakernas Apeksi Padang

Disbudpar Kota Bandung Sukses Tampilkan Helaran Angklung Buncis di Rakernas Apeksi Padang

Penulis: Heri Setiawan

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata atau Disbudpar Kota Bandung sukses menampilkan Helaran Angklung Buncis dalam gelaran Pawai Budaya Nusantara di Rakernas Apeksi Padang. Pawai Budaya Nusantara mewarnai sekaligus melengkapi kemeriahan penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XV di Kota Padang.

Kegiatan yang dipusatkan di pelataran parkir Pantai Purus Padang merupakan salah satu dari rangkaian perhelatan Rakernas Apeksi yang diikuti 98 Wali Kota se-Indonesia pada 7-10 Agustus 2022 di Kota Padang. Pada gelaran Pawai Budaya Nusantara ini peserta pawai dari 98 kota se-Indonesia menampilkan keragaman budaya dan atraksi khas daerahnya masing-masing.

Disbudpar Kota Bandung Sukses Tampilkan Helaran Angklung Buncis di Rakernas Apeksi Padang

Kota Bandung yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata atau Disbudpar Kota Bandung Bapak Arief Syaifudin, menampilkan Tarian Helaran Angklung Buncis. Angklung Buncis sendiri menjadi salah satu jenis seni pertunjukan musik angklung tradisional yang memiliki banyak varian tarian secara meriah.

Ditampilkannya Tarian Helaran Angklung Buncis ini hadir juga mendukung dan mempromosikan bahwa Bandung sebagai Kota Angklung yang baru dideklarasikan pada Mei 2022. Selain menampilkan Tarian Helaran Angklung Buncis, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata atau Disbudpar Kota Bandung juga menghadirkan Carnaval Kostum Angklung Buncis, Bunga Patrakomala dan Benjang Reak yang menjadi salah satu indentitas Kota Bandung serta diiringi oleh musik Helaran Dogdog Angklung Buncis.

Selain gelaran Pawai Budaya Nusantara, Kota Bandung juga menampilkan berbagai produk UMKM dan produk ekonomi kreatif pada pameran Indonesia City Expo (ICE). Pameran Indonesia City Expo (ICE) ke-18 ini diselenggarakan pada 7-10 Agustus 2022 di Lapangan RTH Imam Bonjol Padang. Pameran ICE dalam rangkaian kegiatan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Seluruh Kota Indonesia (APEKSI) 2022 itu menampilkan stand dari 90 kota di Indonesia.

Tentang Penulis

memora.id
memora.id
Please be memorable with us