Jembatan Cika Cika, Potensi Wisata Edukasi Baru di Kota Bandung

Jembatan Cika Cika, Potensi Wisata Edukasi Baru di Kota Bandung

Penulis: Heri Setiawan

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, baru saja meresmikan sebuah jembatan yang bernama jembatan Cika Cika, di Kelurahan Dago Kecamatan Coblong, Kamis, 25 Agustus 2022. Jembatan Cika Cika ini diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung, Yana Mulyana didampingi Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Kota Bandung, Didi Ruswandi serta Ketua Komunitas Cika Cika, Abah Gofar.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan tempat ini menjadi salah satu sarana edukasi dan wisata yang bisa dimanfaatkan sebagai ruang publik oleh semua kalangan. “Tempat ini dimanfaatkan oleh sebanyak mungkin orang. Saat ini kan tempat edukasi tapi juga menarik menjadi tempat wisata serta bisa diaktivasi serta dipelihara oleh masyarakat”katanya.

Jembatan Cika Cika, Potensi Wisata Edukasi Baru di Kota Bandung

Jembatan tersebut merupakan apresiasi Pemkot Bandung atas dedikasi dan partisipasi aktif komunitas Cika-cika dan warga dalam menjaga kelestarian lingkungan Sungai Cikapundung. Selain menjadi bagian dari ruang publik, adanya jembatan Cika-cika diharapkan berdampak positif bagi mobilitas warga.

Komunitas Cika Cika sendiri mempunyai visi melindungi bantaran sungal Cikapundung dari berbagai limbah serta mendukung program kerja pemerintah tentang lingkungan hidup.. Jembatan Cika-Cika dan kawasan di sekitarnya bisa menjadi ruang publik yang bisa banyak dimanfaatkan sebagai sarana edukasi sehingga mampu menarik wisatawan.

Ada banyak kegiatan yang kerap dilakukan oleh Komunitas Cika Cika dalam menjaga sungai Cikapundung yang menarik diikuti oleh wisatawan. Mulai dari kegiatan bersih bersih sungai, menanam pohon, susur sungai dengan kelompok Arung Jeram dan berbagai kegiatan menarik lainnya yang bisa diikuti oleh wisatawan.

Bagi yang tertarik untuk berkunjung ke Jembatan Cika Cika bisa langsung menghubungi Komunitas Cika Cika melalui media sosial @komunitas_cikacika. Selamat berkunjun dan selalu jaga lingkungan disekitar ya.

Tentang Penulis

memora.id
memora.id
Please be memorable with us