Cara Menghadapi Quarter Life Crisis

5 Cara Menghadapi Quarter Life Crisis, Kenali Diri Lebih Dalam

Quarter life crisis menjadi pembahasan yang menarik bagi orang-orang yang merasakan tekanan di usia 25 tahun. Tekanan bisa muncul dari segala lini, mulai pencapaian orang lain hingga tekanan dari keluarga tanya tentang pencapaian.

Pencapaian terkadang tidak sesuai rencana. Mau tidak mau, kamu musti menjalani dengan hati yang tegar terhadap realita yang kamu dapatkan. Mimpi yang belum terwujud jangan sampai kamu menyerah. Kejar terus mimpi dan percaya bahwa quarter life crisis bisa kamu lewati.

Ada beberapa cara agar kamu bisa menghadapi fase quarter life crisis. Berikut Memora.ID tuliskan 5 cara menghadapi quarter life crisis yang perlu kamu pahami.

1. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

Hidup itu bukan perlombaan. Hidup itu miliki pribadi masing-masing. Tenangkan pikiran dan kamu tak perlu untuk membandingkan diri dengan orang lain. Jika temanmu sukses, ikutlah berbahagia. Simpan rasa iri mu dan kamu harus percaya bahwa seseorang miliki waktunya sendiri-sendiri untuk menjadi hebat.

2. Belajar mencintai diri sendiri

Cara Menghadapi Quarter Life Crisis

Sebelum kamu menengok pencapaian orang lain, cobalah hargai diri sendiri. Cintai diri sendiri semaksimal mungkin. Percayalah apa yang kamu jalani sudah yang terbaik. Apresiasi diri dan tak perlu minder dengan apa yang saat ini terjadi.

3. Mulai biasakan hidup dengan rencana

Jika rencana mu selama ini berantakan, coba rencanakan lagi. Tak peduli berapa kali rencana gagal, coba rencanakan ulang. Di setiap rencana gagal pasti ada pelajaran. Pelajaran itulah yang perlu kamu ambil dan berubah menjadi pribadi yang lebih baik dalam merencanakan sesuatu.

4. Temukan orang-orang yang bisa mendukungmu

Cara Menghadapi Quarter Life Crisis

Support system yang baik sangat kamu perlukan. Temukan orang-orang yang bisa menjadi daya sokong mu untuk terus maju. Walaupun hanya segelintir orang, tak masalah. Yang penting mereka selalu ada di saat kamu butuh dan yakinlah bahwa bersama mereka kamu bisa meraih mimpimu.

5. Bangun kebiasaan positif

Salah satu kunci kamu bisa lolos dari quarter life crisis adalah sikap positif. Sikap positif akan hadir jika kamu isi dengan hal-hal positif juga. Input positif = output positif.