5 Peluang Bisnis Syariah Yang Menguntungkan Untuk Pemula

Contoh Peluang Bisnis Syariah Yang Menguntungkan Untuk Pemula

Sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim, bisnis syariah dapat menjadi peluang bisnis yang sangat potensial di Indonesia. Apakah Kamu tertarik untuk menjalankan bisnis ini? Ada beberapa prinsip dalam bisnis ini yang harus dipahami terlebih dahulu.

Pada dasarnya, Bisnis Syariah adalah bisnis yang dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip yang terkandung dalam Al-Qur’an dan hadits. Ada banyak jenis bisnis yang bisa dikategorikan syariah, tentunya bisnis ini memiliki target pasar yang lebih spesifik yaitu muslim. Apakah Kamu siap untuk memulai bisnis Kamu? Simak beberapa ide berikut ini, yuk!

Peluang Bisnis Syariah Yang Menguntungkan

Pegadaian Syariah

 

Mungkin sampai saat ini masih banyak yang bertanya-tanya apakah pegadaian dilarang dalam Islam atau tidak. Pada dasarnya pegadaian tidak dilarang, namun sampai saat ini masih relatif sedikit pegadaian yang menggunakan sistem syariah. Umumnya berbagai pegadaian masih belum menghilangkan unsur riba 100%.

Ada dua jenis akad yang biasa diterapkan di pegadaian syariah, yaitu akad ijarah dan akad gadai. Unsur bunga dalam pegadaian dapat diganti menjadi biaya penyimpanan barang yang dilakukan dengan akad ijarah jasa.

Kuliner Halal

Kuliner halal

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu prinsip yang harus ada dalam bisnis syariah adalah kehalalan produk yang dijual. Oleh karena itu, bisnis kuliner halal dapat dikategorikan sebagai bisnis ini. Memang benar bahwa makanan halal bukanlah makanan yang sulit ditemukan di Indonesia, namun dengan adanya label halal ini akan sangat membantu konsumen untuk memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi adalah halal.

Kamu bisa mendapatkan sertifikasi halal di Indonesia dari MUI (Majelis Ulama Indonesia). Selain membantu umat Islam yang menjadi pelanggan Kamu di Indonesia, sertifikat halal ini juga bisa menjadi modal jika produk makanan Kamu ingin go international lho.

Jual Baju Muslim

Baju Muslim

Bisnis Islami selanjutnya yang bisa Kamu tekuni adalah bisnis busana muslim. Siapa bilang baju muslim nggak bisa bikin kamu fashionable? Kini hadir berbagai model baju koko, gamis, hijab, dan masih banyak lainnya yang tidak hanya membantu kaum muslimin menutup aurat, tapi juga tampil trendy. Tidak hanya baju muslim untuk keperluan sehari-hari, Kamu juga bisa membuat model baju edisi khusus tertentu seperti edisi lebaran misalnya.

Distro Muslim

Distributor outlet atau distro pada dasarnya adalah bisnis di bidang fashion juga. Umumnya pakaian yang dijual di distro seperti kaos, jaket, topi, kemeja, tas, dll. Kamu bisa memproduksi atau menjual produk tersebut, namun dengan desain yang lebih islami. Umumnya distro hadir dalam bentuk toko offline, namun saat ini juga banyak distro yang mulai membekali diri dengan toko online untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

Jual Alat Ibadah

Alat Ibadah

Alat ibadah seperti mukena, sarung, sajadah, kopiah, bisa kamu pasarkan baik secara offline maupun online. Jangan lupa untuk selalu update trend terbaru ya! Simak model-model mukena dan sajadah travel yang sedang populer saat ini. Pandemi mengharuskan kita untuk menjaga jarak dengan orang lain. Jadi jika kita terpaksa harus keluar rumah, tentunya dibutuhkan perlengkapan salat travel friendly agar kita tidak perlu lagi menggunakan alat salat di tempat umum.

Demikian ulasan tentang Peluang Bisnis Syariah Yang Menguntungkan Untuk Pemula semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Alfi Cahya
Hobinya rebahan
Tulisan Terakhir