Ringkasan Cerita Tiga Babi Kecil The Three Little Pigs, Lengkap Amanat Cerita

Ringkasan Cerita Tiga Babi Kecil The Three Little Pigs, Lengkap Amanat Cerita

Tiga Babi Kecil adalah sebuah dongeng klasik yang berasal dari Inggris. Cerita ini menceritakan tentang tiga babi kecil yang membangun rumah masing-masing dan berhadapan dengan serigala jahat. Setiap babi membangun rumah dengan bahan yang berbeda, dan akhirnya, hanya satu dari rumah-rumah tersebut yang dapat bertahan dari serigala.

Berikut Memora.ID rangkum Cerita The Three Little Pigs.

Ringkasan Cerita The Three Little Pigs

Ringkasan Cerita Tiga Babi Kecil The Three Little Pigs, Lengkap Amanat Cerita

Pada suatu hari, ada tiga babi kecil yang hidup bersama dengan ibu mereka. Mereka tumbuh besar dan kuat, dan ibu mereka merasa sudah saatnya bagi mereka untuk pergi dan membangun rumah mereka sendiri. Ibu memberikan nasihat kepada ketiga babi itu untuk berhati-hati, karena ada serigala jahat di hutan.

Babi yang pertama memutuskan untuk membangun rumahnya dari jerami, karena itu adalah bahan yang paling mudah ditemukan. Dia segera selesai dan berpikir dia aman. Namun, serigala datang dan dengan sedikit hembusan napasnya, rumah dari jerami itu langsung roboh. Babi pertama yang ceroboh itu lari ke rumah saudaranya yang lebih tua.

Babi yang kedua memutuskan untuk membangun rumahnya dari kayu. Rumah ini sedikit lebih kuat daripada rumah jerami. Namun, serigala datang lagi dan dengan sedikit usaha lebih, dia berhasil meniup rumah kayu itu dan mengejar babi yang kedua. Mereka berdua lari ke rumah saudaranya yang tertua.

Babi yang ketiga adalah saudara yang paling bijaksana. Dia memutuskan untuk membangun rumahnya dari batu, yang kuat dan kokoh. Ketika serigala datang mencari mereka, dia tidak bisa meniup rumah batu itu seperti yang dilakukannya terhadap rumah-rumah sebelumnya. Serigala mencoba segala cara untuk masuk, tetapi gagal. Akhirnya, serigala itu menyerah dan pergi.

Ketiga babi bersyukur bahwa mereka selamat dari serigala jahat. Mereka belajar bahwa kebijakan dan usaha keras lebih baik daripada mencari cara pintas. Mereka hidup bahagia di rumah batu yang kokoh dan belajar untuk selalu waspada terhadap bahaya.

Dongeng Tiga Babi Kecil mengajarkan pelajaran tentang kebijakan, kerja keras, dan ketekunan. Ini adalah cerita yang populer di seluruh dunia dan telah menginspirasi banyak adaptasi dan versi yang berbeda selama bertahun-tahun.

Amanat Cerita The Three Little Pigs

Ringkasan Cerita Tiga Babi Kecil The Three Little Pigs, Lengkap Amanat Cerita

Cerita “The Three Little Pigs” mengandung beberapa amanat atau pelajaran yang dapat diambil dari ceritanya. Berikut adalah lima amanat dari cerita “The Three Little Pigs”:

– Kerja Keras Membawa Hasil yang Lebih Baik: Cerita ini mengajarkan bahwa kerja keras dan usaha nyata dalam membangun rumah yang kokoh akan menghasilkan hasil yang lebih baik dan lebih tahan lama daripada mencari jalan pintas atau memilih yang mudah.

– Kepintaran dalam Perencanaan: Amanat kedua adalah tentang pentingnya perencanaan dan kebijakan. Babi yang ketiga adalah yang paling bijaksana karena dia merencanakan rumahnya dengan bahan yang paling kuat, yaitu batu. Ini menunjukkan bahwa pemikiran yang baik dalam perencanaan adalah kunci untuk menghadapi tantangan.

– Kewaspadaan Terhadap Bahaya: Cerita ini mengingatkan kita untuk selalu waspada terhadap bahaya. Serigala dalam cerita ini adalah metafora dari bahaya atau tantangan dalam hidup. Penting untuk siap dan mampu menghadapinya.

– Solidaritas dan Kerjasama: Ketika dua babi yang lebih muda menghadapi bahaya, mereka berlari ke rumah saudara mereka yang tertua untuk mendapatkan perlindungan. Ini menunjukkan pentingnya solidaritas dan kerjasama dalam mengatasi kesulitan.

– Belajar dari Kesalahan: Dua babi yang pertama membuat kesalahan dengan memilih bahan yang kurang kokoh untuk rumah mereka. Namun, mereka belajar dari kesalahan mereka dan mencari perlindungan dari saudara mereka yang bijaksana. Ini mengajarkan bahwa kita bisa belajar dari kesalahan kita dan mencari bantuan ketika diperlukan.

Amanat-amanat ini membuat cerita “The Three Little Pigs” menjadi cerita yang mengajarkan nilai-nilai penting seperti kerja keras, perencanaan, solidaritas, dan pembelajaran dari kesalahan.

 

Tentang Penulis

memora.id
memora.id
Please be memorable with us
Tulisan Terakhir