Mengenal Proses Pembuatan Maket dan Biayanya

Mengenal Proses Pembuatan Maket dan Biayanya

Maket adalah model tiruan yang dibuat dengan sangat teliti sehingga bentuknya sangat mirip dengan objek aslinya. Umumnya maket ini dimanfaatkan untuk alat presentasi dan dijadikan sebagai media promosi. Untuk yang ingin membuat model tiruan ini sebaiknya baca ulasan berikut ini agar mengetahui proses pembuatan maket dan tahu harga jasa pembuatan maket yang akan membuat model tiruan.

Cara Membuat Maket Yang Benar

Mengenal Proses Pembuatan Maket dan Biayanya

Membuat maket tidak hanya mempersiapkan bahan dan membentuk bahan-bahan tersebut menjadi sebuah objek saja tapi ada banyak proses yang perlu dilakukan sampai akhirnya terbentuk maket. Untuk yang belum mengetahui secara pasti proses-proses tersebut sebaiknya lihat ulasan berikut ini agar tahu secara pasti bagaimana caranya membuat maket yang benar.

Merancang Desain

Merancang desain merupakan langkah pertama yang perlu dilakukan sebab tanpa adanya desain akan sulit untuk membuat maket yang mirip dengan objek. Saat membuat desain, harus melakukan beberapa hal yaitu menentukan ukuran dan skala maket. Selain itu, perlu juga menambahkan detail maket, seperti tekstur, warna dan juga elemen maket lainnya.

Mempersiapkan Bahan

Setelah desain sudah dibuat, selanjutnya tinggal mempersiapkan bahan-bahan dan alat yang akan digunakan untuk membuat maket. Bahan yang nantinya harus dipersiapkan disesuaikan dengan jenis maket yang ingin dibuat atau bisa juga disesuaikan dengan elemen maket.

Ada beberapa contoh bahan yang umumnya digunakan yaitu stereofom, kardus dan kayu. Kalau ingin biaya untuk membuat maket ini tidak banyak jumlahnya sebaiknya jangan membuat maket sendiri tapi pakailah jasa pembuatan maket karena harga bahan lebih mahal dibandingkan harga jasa pembuatan maket.

Mulai Proses Pembuatan

Mengenal Proses Pembuatan Maket dan Biayanya

Setelah bahan semuanya sudah siap maka langkah berikutnya adalah memotong bahan dan menyusun bahan sesuai dengan desain yang dibuat. Agar proses pembuatan bisa lancar sebaiknya gambar desain atau rancangan maket di bahan yang akan digunakan. Setelah itu, barulah memotong bahan memakai pisau atau gunting sesuai dengan gambar desain. Susun bahan yang sudah dipotong membentuk objek yang diinginkan dan lem setiap bagian potongan gambar agar tidak mudah rusak.

Menambahkan detail objek

Setelah selesai membentuk maket, selanjutnya tinggal menambahkan detail kecil yang bisa membuat tampilan maket sama dengan tampilan objek asli. Kalau maket yang dibuat merupakan maket bangunan maka perlu menambahkan detail, seperti atap, jendela dan juga pintu atau elemen lain yang bisa ditemukan di dalam bangunan.

Melakukan Evaluasi

Setelah maket sudah selesai dibuat jangan langsung gunakan maket tersebut sebagai media presentasi tapi lakukan evaluasi untuk memastikan maket sudah dibuat dengan benar. Proses evaluasi sangat penting untuk dilakukan karena dengan melakukan proses ini jadi bisa mengetahui maket sudah rapi atau belum atau ukurannya sudah sesuai atau tidak. Kalau ternyata setelah dievaluasi masih ada beberapa bagian yang lebih terlihat kurang rapi maka bisa merapikan bagian tersebut sebelum presentasi di lakukan.

Biaya Pembuatan Maket Terbaru

Biaya yang dikeluarkan untuk membuat maket jumlahnya tidak bisa disamakan karena maket memiliki jenis, ukuran dan juga bahan pembuatan yang beragam. Kalau ingin membuat maket yang jenisnya cukup rumit dengan ukuran yang kecil biasanya biayanya akan mahal karena untuk membuat maket seperti itu membutuhkan waktu yang cukup lama. Kalau ingin harga jasa pembuatan maket tidak terlalu mahal sebaiknya pesan maket dalam jumlah yang banyak sekaligus agar bisa mendapatkan diskon dari pihak penyedia jasa.

Tentang Penulis

memora.id
memora.id
Please be memorable with us
Tulisan Terakhir