Mahasiswa KKN UMBY

Dongrak Peningkatan UMKM di Gunungkidul, Mahasiswa KKN UMBY Sosialisasikan Pemasaran Digital

Mahasiswa KKN Kelompok 90 Angkatan 43 dari Universitas Mercu Buana Yogyakarta melakukan pengabdian di Usaha Mikro Kecil dan Menengah Donny Java Creative yang bergerak di bidang kerajinan kayu lawasan. Donny Java Creative didirikan oleh Agustinus Dinarta yang merupakan seorang pemain kayu lawasan, lalu mendirikan usahannya di desa Karangasem, Kaluruhan Pulutan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pak Dinar sudah membuka usahanya sejak awal tahun 2000. KKN Angkatan 43 Universitas Mercu Buana Yogyakarta ini dilaksanakan dari tanggal 24 Juli hingga 24 Agustus 2023

Berawal dari krisis moneral tahun 1997, Pak Dinar bersama rekan-rekan menjual kayu glondongan, yang masih batangan, kemudian kayu glondongan dikirimkan ke Jepara untuk di olah menjadi meuble. Kriteria khusus dalam pemilihan kayu yaitu kayu harus berusia minimal 25 tahun dengan diameter 90 centimeter. Pengiriman kayu glondongan menggunakan kendaraan truk besar dengan kapasitas 7 kubik. Pada tahun 2000 Pak Dinar mengolah sendiri kayu glondongan menjadi barang yang memiliki nilai seni tinggi dan memiliki ciri khas atau keunikan tersendiri. Untuk memperkenalkan produknya, Pak Dinar bersama rekan-rekannya dari berbagai profesi sering berkumpul di daerah Prawirotaman sembari berdiskusi. Seiring berjalannya waktu Pak Dinar mengikuti beberapa pameran dan bergabung dalam ASMINDO (Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia) mulai dari awal tahun 2000 sampai saat ini.

Usaha yang dilakukan oleh Pak Dinar selama bertahun-tahun sebagai seniman kayu lawasan membuahkan hasil. Selama mengikuti beberapa pameran, Pak Dinar bertemu dengan beberapa agen luar negeri. Berawal dari hal tersebut, semakin banyak pembeli-pembeli dari mancanegara yang mengenal produk UMKM CV Donny Java Creative hingga melakukan pemesanan.

Mahasiswa KKN UMBY

Kelompok KKN 90 UMBY memiliki program kerja untuk membantu mengembangkan media promosi dan pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah Donny Java Creative dengan menggunakan website dan media sosial Instagram. Program ini dilakukan agar semakin banyak masyarakat Indonesia maupun turis asing yang mengenal produk Donny Java Creative. Selain itu, dengan adanya situs website, Usaha Mikro Kecil dan Menengah CV Donny Java Creative lebih memiliki kredibilitas perusahaan di mata publik baik lokal maupun mancanegara.

Mahasiswa KKN UMBY

Di dalam website Usaha Mikro Kecil dan Menengah CV Donny Java Creative terdapat fitur beranda, profil, kontak, bahan yang sering digunakan oleh Pak Dinar, katalog produk, dan link menuju media sosial yang digunakan sebagai promosi. Fitur tersebut memudahkan para pengunjung website dan media sosial terhubung langsung dengan Pak Dinar sebagai pemiliki Usaha Mikro Kecil dan Menengah CV Donny Java Creative sekaligus seniman kayu.

Pengunjung website dapat melihat dan membaca sekilas sejarah singkat berdirinya Usaha Mikro Kecil dan Menengah CV Donny Java Creative. Untuk pemesanan produk CV Donny Java Creative tidak tersedia secara langsung, melainkan secara pre-order. Pengunjung website maupun media sosial yang tertarik untuk memesankan dapat langsung menghubungi kontak yang sudah tertera. Hal ini tentunya sangat mudah bagi pengunjung website yang ingin mengenal dan melakukan pemesanan secara langsung. Pengunjung website juga dapat langsung menghubungi Pak Dinar untuk datang langsung ke kediaman Pak Dinar, dimana sana banyak terdapat koleksi kayu yang telah dibuat.

Selain itu, Kelompok KKN 90 Universitas Mercu Buana Yogyakarta juga membuat akun Instagram UMKM CV Donny Java Creative dengan akun @donnyjavacreative. Akun baru tersebut masih memiliki 17 pengikut, 34 mengikuti dan telah mengunggah 20 konten. Dalam profile aku tersebut juga tercantum tahun berdirinya UMKM CV Donny Java Creative, petunjuk arah menuju lokasi kediaman Pak Dinar, yang juga menjadi lokasi produksi. Terdapat fitur kontak untuk memudahkan pengunjung Instagram berinteraksi dengan Pak Dinar.