Bolehkah Menangisi Kucing Mati

Bolehkah Menangisi Kucing Mati? Ini Penjelasan Lengkapnya

Bolehkah menangisi kucing mati? Pertanyaan ini sering sekali ditanyakan oleh banyak orang. Banyak yang penasaran sebenarnya apa hukum dari menangisi kucing mati. Menangisi kucing mati boleh apa tidak akan dijelaskan secara lengkap di sini.

Bicara tentang kematian kucing tentu menyisakan kepedihan mendalam bagi pemelihara. Segala kenangan indah perlahan sirna karena adanya kematian. Terlebih kucing yang mati merupakan kucing kesayangan yang teramat lucu.

Meski begitu, kematian kucing harus diterima dengan ikhlas. Berikut Memora.ID jelaskan secara lengkap dari pertanyaan bolehkah menangisi kucing mati.

Hukum Menangisi Kucing Mati

Bolehkah menangisi kucing mati? Apa hukumnya? Jawaban dari pertanyaan ini boleh. Sebagai makhluk yang memiliki perasaan, menangisi kepergian orang, hewan atau perkara lainnya adalah hal wajar. Kucing yang mati boleh ditangisi dengan hukum mubah. Kucing yang mati boleh ditangisi sewajarnya saja tidak berlebihan. Kamu jangan sampai berlebihan hingga sakit atau stres karena menangisi kucing mati. Ingat, segala hal yang bernyawa pasti mati dan yang perlu kamu lakukan hanya ikhlas akan takdir Allah.

Bolehkan Menangisi Kucing Mati

Kucing Tahu Kapan Dirinya Mati

Fun fact menarik tentang kucing yakni kucing tahu kapan dirinya mati. Kucing merupakan hewan yang sangat peka dan miliki insting yang tajam termasuk terkait usianya yang akan segera mati. Kucing biasanya akan bersembunyi saat tau dirinya akan mati. Ia akan mencari tempat yang sepi dan tidak terjangkau oleh manusia. Di saat terakhir, kucing tak mau ada yang menganggu saat ia sekarat.

Alasan kucing bersembunyi jelang mati yakni lebih ke psikologis bertahan hidup hewan. Kucing akan bersembunyi saat kondisi tubuh drop agar musuh tidak dapat menyerang di kondisi seperti itu. Kucing tidak memiliki daya kekuatan untuk melawan musuh di saat kondisi lemah. Hal itulah yang menyebabkan kucing bersembunyi di saat hendak mati. Alasan lainnya karena kucing memiliki perasaan dan tak ingin sang pemelihara melihat kucing dalam keadaan sekarat. Ia tak ingin menyakiti perasaan dari pemelihara. Oleh sebab itu, kucing memilih bersembunyi saat akan mati.

Tanda-Tanda Kucing Mau Mati

Bolehkan Menangisi Kucing Mati

Ada beberapa tanda-tanda kucing yang mau mati. Berikut dirangkum tanda-tanda kucing mau mati.

  • Alami penurunan berat badan ekstrem.
  • Lebih sering menyembunyikan diri
  • Tak mau menyentuh makanan.
  • Tak mau minum yang disediakan.
  • Lesu dan tidak bertenaga
  • Mobilitas gerak Berkurang drastis.
  • Perilaku berubah dan lebih sering menjauh.
  • Penampilan kelihatan kusut.

Apakah Kucing Masuk Surga?

Pertanyaan lain yang sering sekali terlintas di pikiran yakni apakah kucing masuk surga? Jawabannya tidak. Alasannya karena kucing tidak akan mengalami proses hisab seperti manusia. Hal itu dikarena kucing adalahhewan yang tidak memahami salah benar. Menurut Mufti Wilayah Persatuan Malaysia, Zulkiflli Mohammad Al Bakri dikutip dari Siapkeli, kucing (hewan) tidak akan masuk surga karena tak dihisab. Hewan akan menjadi debu di akhirat nanti.

”Sebaliknya, semua hewan akan jadi debu di akhirat kelak,” ujar Zulkiflli Mohammad Al Bakri

Doa Kucing Meninggal Dunia

Kehilangan kucing peliharaan tersayang tentu terasa sangat berat. Tidak ada lagi sosok teman yang biasanya bermanja-manjaan. Meski begitu, bersedihlah secukupnya dan berdoa agar kucing kelak bisa menjadi saksi segala kebaikanmu selama memelihara. Kucing akan ingat betul orang yang baik kepadanya. Bahkan saat masih hidup, kucing juga bisa berdoa untuk setiap kebaikan yang didapatkannya. Berikut doa kucing meninggal dunia yang bisa kamu baca.

Surat Al-Mu’minun Ayat 21

وَاِنَّ لَكُمْ فِى الْاَنْعَامِ لَعِبْرَةًۗ نُسْقِيْكُمْ مِّمَّا فِيْ بُطُوْنِهَا وَلَكُمْ فِيْهَا مَنَافِعُ كَثِيْرَةٌ وَّمِنْهَا تَأْكُلُوْنَ ۙ

Terjemahan: Dan sesungguhnya pada hewan-hewan ternak terdapat suatu pelajaran bagimu. Kami memberi minum kamu dari (air susu) yang ada dalam perutnya, dan padanya juga terdapat banyak manfaat untukmu, dan sebagian darinya kamu makan,