9 Manfaat Membaca Ayat Kursi, Tak Hanya Mengusir Jin

Bukan sebuah rahasia lagi kalau ayat kursi memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat yang sudah banyak dikatahui orang ialah bisa mengusir jin atau setan dengan membacanya dengan benar. Namun sebenarnya, ayat kursi tak hanya itu manfaatnya. Masih banyak manfaat membaca ayat kursi lain yang bisa kamu terapkan di kehidupan sehari-hari.

Ayat kursi merupakan doa yang memiliki derajat doa paling tinggi di antara surat atau doa lainnya. Ayat kursi termasuk ayat ke-255 dari surat Al Baqarah. Ayat kursi memang dikatakan memiliki derajat paling tinggi, hanya saja tanpa mengecualikan ayat lainnya, ayat kursi memiliki posisi tersendiri usebagai ayat di Al Quran.

Dengan membaca ayat kursi kamu akan merasakan manfaat dan dampak yang signifikan. Kamu tidak hanya akan mendapat perlindungan dari Allah SWT sepanjang hari, namun juga memiliki banyak manfaat yang jarang diketahui. Ayat kursi bisa membuat keimanaan mu makin mantap dan semakin yakin dengan islam. Oleh sebab itu manfaat membaca ayat kursi sangat perlu diketahui oleh banyak orang.

Penasaran kan apa saja manfaat membaca ayat kursi? Berikut Memora.id rangkum dari berbagai sumber, manfaat membaca ayat kursi.

pixabay.com

Keutamaan ayat kursi

Sebelum mengetahui manfaat dari ayat kursi, ada baiknya kamu mengetahui keutamaan yang terkandung dalam ayat kursi tersebut, Berikut keutamaan manfaat membaca ayat kursi yang telah terangkum di bawah ini.

1. Keagungannya melebihi bumi dan langit

Ayat kursi memiliki derajat yang lebih disbanding ayat lainnya. Bahkan derajat tersebut membuatnya menjadi ayat yang agung melebihi bumi dan langit. Hal tersebut diperkuat dengan sabda dari Rasullulah.

“Tidakkah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya ayat kursi, (karena di dalam ayat kursi tersebut telah mencakup Nama dan Sifat Allah).”

Dari sabda Rasulullah tersebut bisa ditarik kesimpulan bahwa ayat kursi memiliki keagunan yang melebih langit dan bumi. Oleh sebab itu kamu wajib memahami manfaat membaca ayat kursi dan bisa membacanya setiap hari.

2. Ayat paling utama di Al Quran

Seperti diketahui, Al Quran berisikan 6236 ayat. Dari sebanyak ayat tersebut, ayat kursi menjadi ayat yang utama dan paling mulia. Hal tersebut diperkuat dengan perkataan rasul yang menyebut ayat kursi merupakan ayat paling utama disbanding ayat-ayat lainnya di Al Quran.

Ayat paling utama dalam kitabullah adalah ayat kursi.” Sabda Rasulullah pada sahabat bernama Ubay. Hal tersebut juga semakin diperkuat dengan HR muslim yang menyebutkan bahwa sahabatnya harus selalu bahagia dengan ilmu yang dimiliki. Hal tersebut menunjukan sahabat rasul harus menerapkan hal-hal yang ada dalam makna ayat kursi,

 “Wahai Abu Mundzir semoga engkau selalu bahagia dengan ilmu yang engkau miliki.” (HR Muslim).

3. Bisa menjadi kunci pintu surga

Dengan rutin membaca ayat kursi, kamu akan mendapatkan prlindungan selama di dunia. Namun tak cuma itu, kamu akan mendapatkan balasan kebaikan di akhirat nanti dengan dibukakan pintu surga karena sudah memiliki kunci yang didapat dari memahami ayat kursi. Hal tersebut terbukti dengan sabda rasullulah sebagai berikut.

“Barangsiapa yang membaca ayat kursi setelah selesai sholat, maka tidak akan ada yang menghalanginya masuk ke surga ecuali kematian.” (HR An-Nasai dinilai shahih oleh Syaikh Al-Abani).

Oleh sebab itu ada baiknya kamu membaca ayat kursi setelah salat agar bisa membuka pintu surga. Sungguh ganjaran yang sangat indah dan wajib dipraktikkan.

4. Dianjurkan membacanya sebelum tidur

Keutamaan ayat kursi akan kamu dapatkan dengan membacanya setelah melaksanakan salat dan sebelum tidur, Hal tersebut sesuai dengan HR Al-Bukhari yang menyebutkan ayat kursi bisa menjaga mu selagi tidur hingga panggi tiba,

“Jika engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), maka bacalah ayat kursi. Niscaya Allah akan selalu menjagamu dan setan pun tidak akan mengganggu tidurmu hingga pagi tiba.” (HR Al-Bukhari).

Manfaat Membaca Ayat Kursi untuk kehidupan sehari-hari

1. Tidak menjadi orang yang fakir.

Ayat kursi bisa menyucikan hatimu menjadi lebih bersih. Hal tersebut membuat hatimu tergerak dengan tidak menjadi seseorang yang fakir. Hal tersebut sesuai dengan sabda rasul seperti di bawah ini,

 “Barang siapa yang pulang kerumahnya dan membaca ayat kursi, Allah akan menghilangkan segala kefakiran di depan matanya”

2. Terhindar dari kejahatan

Siapa sih yang mau mengalami kejadian tidak mengenakan selama beraktivitas? Oleh sebab itu kamu perlu waspada dan berdoa dengan membaca ayat kursi. Ayat kursi yang dibaca 12 kali pada hari Jumat bisa membuatmu terhindar dari segala macam kejahatan. Kejahatan tersebut bisa bersumber dari sesame manusia, makhluk hidup lain ataupun makhluk halus.

3. Mengusir jin dan setan dari Rumah

Bukan hal yang baru kalau ayat kursi memang sangat efektif untuk mengusir jin dan setan dari rumah. Ayat kursi memiliki kekuatan yang bisa melemahkan setan. Ada baiknya kamu membaca ayat kursi sebanyak 1000 kali di dalam rumah, terutama rumah yang baru ditempati atau lama kosong. Tak hanya menjaga mu dari gangguan jin atau setan, ayat kursi juga bisa menjaga rumah dan seisinya sesuai dengan izin Allah.

4. Dijaga dari perilaku buruk setan.

Sudah dijelaskan bahwa ayat kursi yang dibaca 12 kali pada hari Jumat bisa membuatnya terhindar dari segala kejahatan. Namun tak hanya itu, kamu juga akan dijauhkan dari bisikan dan perilaku tidak baik yang disebabkan oleh bisikan setan. Adapun hal tersebut pernah disampaikan rasul sebagai pengingat,

 “Umatku yang membaca ayat kursi sebanyak 12 kali pada pagi jum’at, kemudian berwudhu dan melaksanakan sholat dua rakaat, Allah memeliharanya dari kejahatan syaitan dan kejahatan pembesar”

5. Disayang Allah layaknya Nabi Muhammad

Siapa sih yang tidak mau disamakan dengan Nabi Muhammad oleh Allah SWT? Kamu bisa dicintai layaknya Nabi Muhammad apabila kamu membaca ayat kursi dalam kehidupan sehari. Dengan Allah mencintaimu, maka akan dengan mudah meminta ridho Allah dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

6. Perjalananmu akan dijaga

Selama perjalananmu entah menuntut ilmu atau bekerja, kamu akan dijaga dari hal-hal bersifat negative. Manfaat membaca ayat kursi tersebut akan memudahkanmu dalam menjalani kehidupannya. Oleh sebab itu ada baiknya kamu membaca ayat kursi terlebih dahulu sebelum berangkat ke berbagai tempat.

7. 2 Malaikat akan menjagamu

Sudah dijelaskan bahwa kamu akan dijaga setelah kamu membaca ayat kursi. Dua malaikat akan senantiasa menjagamu. Oleh sebab itu selag akan tidur, usahakan membaca ayat kursi, ahar tidurnya dilindungi dan dijaga oleh dua malaikat sehingga akan terasa segar saat bangun tidur.

8. Urusan diperlancar oleh Allah

Banyak orang menginginkan segala tindakannya selalu mendapatkan ridho Allah. Dengan ridho Allah segala urusan akan menjadi lancer. Salah satu cara untuk bisa memperlancar segala urusan adalah dengan membaca ayat kursi. Seperti yang diterangkan Syeikh Al Bunni seperti dibawah ini.

“Barang siapa yang membaca ayat kursi sebanyak huruf pada ayat tersebut yaitu 170 huruf, maka allah akan memberikan pertolongan padanya, menunaikan segala hajat yang ia punya, melapangkan fikirannya sehingga lebih mudah berfikir, diluaskan rezekinya, dihilangkan duka darinya, dan diberikan apa yang ia tuntut”

8. Akan tersambung dengan surga

Harapan terbesar umat manusia adalah berada di samping Allah di surga. Namun utnuk masuk surge diperlukan hati yang bersih. Salah satu caranya ialah membaca ayat kursi agar bisa menjernihkan hati. Manfaat membaca ayat kursi yang terakhir ialah berhubungan dengan surga. Dengan membersihkan hati dengan ayat kursi maka hati kamu akan tersambung dengan surga. Siapa sih yang tidak mau hatinya tersambung dengan surga dan akan menjadi kekasih Allah? Hal yang paling diidam-idamkan banyak orang,

Doa ayat kursi

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Latin : “Alloohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.”

Terjemahan : “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Artikel Lainnya