Cara Nabung Gaji UMR, Bisa Beli Rumah

Bila bicara tentang menabung tentu bisa dikaitkan dengan kebiasaan baik yang susah dilakukan banyak orang. Padahal nabung adalah sesuatu yang penting dan fundamental untuk keleluasaan masa depan seseorang. Salah satu kendala tidak bisa menabung adalah gaji yang diterima hanya sebatas UMR saja. Namun  apakah ada cara nabung gaji UMR untuk beli rumah? Jawabannya ada asalnya memang memantap niat untuk mengetahui cara nabung gaji UMR.

Cara nabung gaji UMR sebenarnya sudah dipelajari sejak kamu belum bekerja. Seperti contoh saat masih anak-anak diajarkan untuk menabung di celengan. Namun saat sudah memiliki pekerjaan, semuanya serba rumit karena cara nabung gaji UMR harus diselaraskan dengan kebutuhan pokok seperti tempat tinggal maupun makan.

Selain harus memperhatikan kebutuhan pokok, cara nabung gaji UMR juga tergantung pengendalian kamu terkait boros tidaknya pengeluaran. Apa kamu memiliki sifat konsumtif dan gampang mengeluarkan uang atau malah sebaliknya. Oleh sebab itu, agar bisa memahami cara nabung gaji UMR, maka Memora.id membagikan tips cara nabung gaji UMR bisa beli rumah sebagai berikut.

Skala prioritas dan selektif

pixabay.com

1. Buat skala prioritas

Mengatur keuangan boleh dibilang susah-susah gampang, terutama untuk orang yang menerima gaji UMR. Salah satu cara yang bisa dterapkan untuk cara nabung gaji UMR adalah membuat skala prioritas. Skala prioritas ini penting agar kamu bisa mengetahui mana saja keperluan yang harus di dahulukan. Dengan skala prioritas, kamu akan menimang bahkan mencoret keperluan yang tidak perlu. Buat catatan kecil yang tentang keinginanmu, lalu prioritaskan yang akan kamu gunakan.

2. Selektif dengan jangan keluarkan dana untuk keperluan tidak penting

Salah satu cara nabung gaji UMR yang efektif adalah dengan bersikap selektif. Selektif artinya sangat memilah-milah hal mana yang tidak perlu dibeli. Sikap selektif dan harus menahan keinginan menjadi kunci dalam cara nabung gaji UMR. Hal tersebut akan sangat membantumu untuk mengurangi segala bentuk konsumtif yang biasa kamu keluarkan tiap bulannya.

Catat pengeluaran dan kendalikan uang makan

3. Catat pengeluaran kecil.

Terkadang pengeluaran kecil sering disepelekan banyak orang. Namun hal tersebut sebenarnya adalah kunci kamu bisa terapkan cara nabung gaji UMR. Catat di memo pengeluaran kecilmu sedetil mungkin. Karena dengan tidak mencatatkan pengeluaran kecilmu, kamu akan merasa terlena. Karena pengeluaran kecil yang banyak apabila dijumlahkan akan menghasilkan nilai nominal yang besar juga.

4. Kendalikan uang makan

Banyak orang tidak menyadari, kalau pengeluaran terbesar ialah makanan, Banyak yang berpikir, uang tidak digunakan beli apa-apa tapi kenapa uang cepat habis. Yup, hal tersebut dikarenakan masalah makanan yang tidak terkontrol dengan baik. Coba batasi uang makanamu, misal Rp20 ribu untuk satu hari. Jika kamu konsisten membatasi uang makan, kamu akan bisa menabung tiap bulannya.

Punya rekening dan ubah mindset

5. Punya rekening lebih dari satu

Kalau ingin menabung, ada baiknya kamu menyiapkan setidaknya dua rekening. Rekening pertama untuk menerima gaji, lalu rekening dua untuk fokus menabung. Jadi sisihkan setidaknya 30% penghasilanmu ke rekening khusus menabung. Ingat fungsi rekening ini untuk menabung, jadi jangan jadikan alat untuk transaksi apapun. Endapkan uang di sana dan selalu rajin jumlah tabunganmu tiap bulan. Lama kelamaan, uang di rekening tabunganmu akan menggunung.

6. Ubah mindsetmu dengan bedakan uang berdasarkan kebutuhan

Salah satu cara efektif cara nabung gaji UMR adalah dengan mengubah mindset mu tentang bagaimana sebaiknya cara menabung. Bagi dalam 3 sekat uang yang kamu dapat yakni untuk hidup, keinginan dan tabungan. Ingat sebaik-baiknya menabung adalah sudah kuat dasar keuangannya terlebih dahulu. Jadi pastikan terleibih dahulu, perkuat dasar keuanganmu. Setelah kuat, barub bagi gaji mu untuk 40% hidup, 30% keinginan, dan 30% tabungan. Ingat, dalam mengalokasikan cara ini kamu harus konsisten tiap bulannya.

Investasi dan taruh uang

7. Alihkan uang tabungan dengan investasi

Kalau kamu sudah bisa menyisihkan setidak 30% penghasilanmu tiap bulan untuk menabung di rekening selain rekening gajianmu, maka jika sudah menggunung, cobalah alokasikan uang tabungan tersebut ke bentuk lain investasi. Banyak investasi yang bisa mendukung cara nabung gaji UMR.

Kamu bisa melakukan investasi di reksadana. Reksadana merupakan salah satu bentuk investasi yang dikelola langsung oleh manajemen investasi. Reksadana terdiri dari pasar uang, pendapatan tetap, saham dan campuran. Jika untuk menabung keperluan 2 tahun ada baiknya menggunakan pasar uang dan pendapatan tetap. Sementar untuk jangka waktu 3 tahunan atau lebih, lebih baik reksadana campuran ataupun saham.

Selain reksadana kamu juga bisa melakukan investasi ke emas. Seperti diketahui, harga emas selalu naik drastis tiap tahunnya. Untuk keperluan 5 tahun, harga emas bisa melonjak tajam melebihi 100%. Kalau ingin menabung selain emas, pastikan membeli barang yang harga jualnya terus naik. Jangan sesekali berniat investasi di elektronik atau kendaraan, karena semenjak dibeli harganya langsung mengalami penurunan.

8. Taruh uang di tempat tak terduga

Menaruh uang di tempat tak terduga memang terdengar konyol. Tapi cara ini bisa dipraktikkan meskipun bukan cara yang disarankan. Uang yang kamu dapat, mungkin seekitar 5% gajimu, coba taruh ditempat yang tidak bisa kamu jangkau. Misal dalam buku, saku celana ataupun dalam lemari. Sewaktu-waktu, kamu akan mendapatkan kejutan saat menemukan uang di tempat tak terduga. Ingat cara ini hanya cara tersier saja dan tidak dijadikan hal utama untuk nabung.

Ini mungkin sebagai salah satu cara menabung yang klasik. Cara menabung satu ini adalah kamu perlu sembunyikan uangmu di suatu tempat yang sulit dijangkau. Dengan begitu uangmu akan aman dan bisa ditabung.

Dana darurat dan modal usaha

pixabay.com

9. Persiapkan dana darurat

Nabungmu akan terasa tidak terbebani jika dasar keuanganmu sudah kuat. Tak hanya dasar keuanganmu, kalau perlu kamu harus menyiapkan dana darurat. Hal tersebut diperuntukan untuk hal-hal yang tidak pernah kita duga. Semisal kecelakaan mendadak, orang tua membutuhkan uang, iuran sesuatu, bahkan jika terjadi handphone rusak. Bila ada dana darurat, kamu tidak perlu khawatir lagi dalam menabung. Jadi tabunganmu bisa aman tanpa perlu diambil.

10. Putar uang tabungan jadi modal usaha

Cara terakhir agar kamu bisa mewujudukan nabung gaji UMR bisa beli rumah adalah dengan memutar uang tabunganmu menjadi modal usaha. Ingat uangb yang sudah kamu tabung bisa menjadi modal usaha. Bedakan juga antara uang modal usaha dengan uang investasi. Uang investasi biarkan menjadi investasi yang terus berkembang. Sementara uang modal usaha bisa kamu putarkan seperti membuat usaha kecil-kecilan. Sekarang dengan modal 5 juta, kamu sudah disedikan banyak pilihan usaha missal frenchise thaitea atau berbagai usaha kekinian lainnya. Dari usaha itulah kamu bisa mulai memikirkan membeli rumah impianmu.

Artikel Lainnya