12 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet Hingga Obati Jerawat

Manfaat jeruk nipis disebut bisa efektif menurunkan berat badan. Tak cuma berat badan turun, jeruk nipis juga memiliki banyak manfaat lainnya. Seperti terdapat sumber antioksidan yang baik bagi tubuh. Antioksidan bisa menjadi penawar racun agar kesehatan terjaga.

Kandungan vitamin C pada jeruk nipis sangat tinggi. Jeruk nipis menyediakan lebih dari 20% dari kebutuhan harian vitamin untuk tubuh. Tak cuma vitamin C, terdapat juga zat besi, kalsium, tiami, dan vitamin B6 yang termasuk dalam manfaat jeruk nipis.

Antioksidan yang terkandung dalam jeruk nipis antara lain limonoid, flavonoid, quercetin, asam askorbad dan flavonoid. Selain menawarkan racun, dengan antioksidan tersebut bisa meningkatkan kesehatan serta mengatasi peradangan.

Manfaat jeruk nipis yang sangat kaya ini sangat diperlukan tubuh. Berikut Memora.id rangkum dari berbagai sumber, manfaat jeruk nipis.

Diet dan Sistem Kekebalan

pixabay.com

1. Efektif turunkan berat badan

Manfaat jeruk nipis yang pertama adalah terbukti efektif menurunkan berat badan. Air jeruk nipis bisa meningkatkan rasa kenyang. Tak cuma itu, rasa nafsu makan bisa ditekan. Hal tersebut disebabkan ada asam sitrat dalam jeruk nipis.

Asam sitrat juga bermanfaat tingkatkan metabolisme tubuh. Dengan metabolisme meningkat maka kemampuan tubuh akan meningkat juga dalam kemampuan membakar kalori. Jeruk nipis nol kolesterol, bebas lemak dan rendah kalori yang membuat minuman jeruk nipis efektif untuk diet.

2. Kekebalan tubuh meningkat

Manfaat jeruk nipis selanjutnya adalah terkait kandung vitamin C. Jeruk nipis terdapat kandungan vitamin C yang sangat dibutuhkan tubuh.

Dalam vitamin C jeruk nipis terkandung antioksidan untuk sistem kekebalan tubuh. Apabila air jeruk nipis diminum teratur maka bisa membuat tubuh terus sehat. Penyakit pilek dan flu bisa dicegah dengan minum air jeruk nipis.

Turunkan Gula Darah dan Risiko Serangan Jantung

pixabay.com

3. Turunkan gula darah

Manfaat jeruk nipis berikutnya adalah bisa efektif turunkan gula darah. Vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis bisa mengubah gula darah setiap pagi dan setelah makan.

Glikemik yang rendah berhasil mengatur tubuh agar menyerap gula ke aliran darah. Efeknya, bisa mengurangi gula darah yang meningkat drastis setelah makan.

4. Mengurangi risiko serangan jantung dan stroke

Manfaat jeruk nipis keempat bagi kesehatan adalah bisa mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Hal ini dikarenakan jeruk nipis memiliki kandungan magnesium dan potassium yang tinggi.

Magnesium dan potassium sangat penting bagi jantung. Pasalnya tekanan darah dan sirkulasi darah bisa menjadi stabil. Efek rutin mengonsumsi air jeruk nipis adalah mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Cegah Radang dan Batu Ginjal

pixabay.com

5. Cegah penyakit radang

Manfaat jeruk nipis bisa mencegah penyakit radang. Penyakit radang dalam tubuh antara lain radang sendi, asam urat dan radang lainnya.

Radang bisa dicegah dengan kandungan vitamin C. Vitamin C akan berperan sebafai anti-inflamasi bagi tubuh. Hal tersebut membuat vitamin C akan efektif mengurangi peradangan.

6. Risiko terkena batu ginjal rendah

Risiko terkena batu ginjal akan rendah menjadi manfaat jeruk nipis lainnya. Hal ini berhubungan dengan asam sitrat dan vitamin C.

Asam sitrat dan vitamin C akan membantu memecah pembentukan beberapa jenis batu ginjal di tubuh. Hal tersebut membuat jeruk nipis bila dikonsumsi akan mengurangi risiko terkena batu ginjal.

Remajakan kulit dan bersihkan sistem pembuangan

pixabay.com

7. Meremajakan kulit

Manfaat jeruk nipis ketuu bisa membantu mejaga kesehatan kulit. Dengan kandungan vitamin C dan flavonoid, akan memperkuat kolagen. Hal tersebut akan membantu meremajakan kulit.

Air jeruk nipis juga akan mencegah penuaan dini pada kulit. Contohnya seperti mengurangi keriput, meningkatkan tekstur kulit hingga perbaiki kulit yang terkena paparan sinar matahari dan polusi. Biasanya air jeruk nipis langsung dioleskan pada kulit agar efektif mendapatkan manfaatnya.

8. Membersihkan sistem pembuangan

Manfaat jeruk nipis lainnya adalah karena mengandung senyawa yang efektif rangsang sekresi pencernaan. Kandungan asam jeruk nipis akan membantu memecah makanan saat diurai dalam tubuh.

Selain itu jeruk nipis juga efektif atasi sembelit. Hal ini dikarenakan jeruk nipis bisa rangsang aktivitas sistem pembuangan.

Obati jerawat dan flek hitam

pixabay.com

9. Mengobati Jerawat

Manfaat jeruk nipis untuk kecantikan antara lain bisa obati jerawat. Jerawat merupakan sumbatan para pori-pori wajah yang sering menjadi masalah banyak orang.

Kandungan antibiotik pada jeruk nipis bisa mengurangi masalah tersebut. Biasanya, air jeruk dinipis dikonsumsi dengan madu agar jerawat bisa diobati. Disarankan jeruk nipis dan madu dikonsumsi rutin seminggu sekali.

10. Menyamarkan Flek Hitam

Jeruk nipis memiliki manfaat bisa mengobati jerawat. Tak hanya itu, manfaat jeruk nipis lainnya bisa juga menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam.

Selain mengonsumsi secara teratur madu dan jeruk nipis, kamu juga disarankan untuk memakai masker jeruk nipis. Dengan kandugan vitamin C dan antioksidan, flek hitam dan bekas jerawat perlahan akan menghilang.

Kulit Glowing dan Angkat Bakteri

pixabay.com

11. Kulit menjadi glowing

Kulit menjadi glowing adalah manfaat jeruk nipis yang akan kamu rasakan. Jeruk nopis akan bisa mengurangi minyak pada wajah. Efeknya kulit akan menjadi lebih bersih. Bila dilakukan secara teratur, maka kulit akan menjadi lebih bercahaya dan glowing.

12. Angkat bakteri pada wajah

Manfaat jeruk nipis terakhir adalah mengangkat segala bakteri yang ada di wajah. Hal ini disebabkan karena pada air jeruk nipis terdapat antibiotik yang bisa mengangkat seluruh bakteri.

Pertumbuhan bakteri akan terhambat dan kotoran pada wajah perlahan menghilang. Efeknya kulit wajah akan bersih dan semakin bersinar.

Artikel Lainnya