8 Manfaat Buah Naga Buat Ibu Hamil, Cegah Cacat pada Bayi

Manfaat buah naga buat ibu hamil memang menjadi bahasan yang menarik. Seperti diketahui bahwa buah naga memang termasuk buah yang bergizi. Banyak vitamin dan nutrisi yang sangat bagus bagi perkembangan ibu hamil dan janinnya. Wajar jika manfaat buah naga banyak dicari oleh ibu hamil.

Ada dua jenis buah naga yang sering ditemui yakni buah naga merah dan putih. Meski berbeda warna, buah naga merah dan putih sama-sama memiliki nutrisi yang tinggi. Nutrisi yang terdapat dalam buah naga misalnya vitamin C, karbohidrat, serat, antioksidan dan masih banyak nutrisi lainnya yang menggambarkan manfaat buah naga buat ibu hamil.

Dengan banyaknya manfaat buah naga buat ibu hamil, membuat buah ini wajib di konsumsi. Cara mengonsumi buah naga sangat bermacam-macam. Bisa dimakan langsung, di jus atau dicampurkan dengan yogurt agar lebih terasa segar. Dengan mengonsumsi secara teratur buah naga akan membuat ibu hamil nutrisinya terpenuhi.

Berikut Memora.id rangkum dari berbagai sumber, manfaat buah naga buat ibu hamil.

Jaga kesehatan sel dan bentuk kolagen

pixabay.com

1. Menjaga kesehatan sel janinnya

Manfaat buah naga buat ibu hamil yang pertama adalah terkait sel janin dalam tubuh. Sel janin akan tumbuh dan berkembang apabila kesehatan sel janin diperhatikan. Salah satu caranya adalah mengonsumsi buah naga.

Buah naga yang mengandung vitamin C akan meningkatkan kesehatan janin. Namun harap diperhatikan agar tidak mengonsumsi vitamin C secara berlebihan. Karena dengan berlebihan, akan merangsang janin dalam perut meningkatkan risiko lahir prematur.

2. Membantu pembentukan kolagen

Manfaat buah naga buat ibu hamil selanjutnya adalah terkait fungsi vitamin C. Seperti diketahui, ibu hamil dan janinnya sangat memerlukan vitamin C.

Selain untuk menjaga kesehatan sel janin, vitamin C juga akan membantu pembentukan kolagen dalam tubuh ibu hamil. Efeknya, sel akan membentuk kolagen di dalam tulang, kulit, otot dan pembuluh darah dalam tubuh.

Bantu pertumbuhan dan cegah cacat pada bayi

pixabay.com

3. Membantu pertumbuhan janin

Membantu pertumbuhan janin menjadi manfaat buah naga buat ibu hamil berikutnya. Buah Naga mengandung karbohidrat yang baik bagi ibu hamil dan janinnya. Seperti diketahui, ibu hamil dianjurkan memenuhi kebutuhan makanan karbohidrat sebesar 9 hingga 11 porsi per harinya.

Oleh sebab itu, buah naga sangat dianjurkan untuk melengkapi makanan pokok. Buah naga yang mengandung sekitar 11 gram karbohidrat atau 62 kalori per takaran saji ini akan menjadi sumber energi dan membantu pertumbuhan janin.

4. Hindarkan bayi dari cacat tabung syaraf

Manfaat buah naga buat ibu hamil yang keempat adalah buah naga kaya akan folat. Folat merupakan nutrisi yang membantu pembentukan sel darah merah.

Hal ini akan membuat bayi terhindar dari cacat tabung saraf. Sehingga kecukupan folat pada ibu hamil sangat perlu diperhatikan.

Kendalikan kolesterol dan cegah anemia

pixabay.com

5. Kendalikan kadar kolesterol

Kendalikan kadar kolesterol menjadi salah satu manfaat buah naga buat ibu hamil. Hal ini dikarenakan buah naga mengandung antioksidan yang baik bagi tubuh.

Anti oksidan bisa mengendalikan kadar kolesterol, jaga dari radikal bebas serta kekebalan tubuh meningkat. Selain itu, untuk janin akan bermanfaat meningkatkan perkembangan otak.

6. Mencegah Anemia

Manfaat buah naga buat ibu hamil berikutnya adalah terkait kebutuhan zat besi. Zat besi pada buah naga akan mencegah anemia. Dengan zat besi yang tercukupi, kondisi ibu hamil akan bugar dan fit.

Efeknya sistem kekebalan tubuh meningkat. Untuk janin hal tersebut akan menambah tumbuh kembang sel menjadi lebih sehat.

Cegah sembelit dan keluarkan racun

pixabay.com

7. Bantu cegah terjadinya sembelit

Bagi ibu hamil, sembelit menjadi salah satu hal yang tidak mengenakan. Oleh sebab itu dengan mengetahui manfaat buah naga buat ibu hamil bisa membuat ibu hamil konsumsi buah naga.

Buah naga mengandung serat yang dapat mencegah terjadinya sembelit. Buah naga memiliki kandungan sedikitnya 3 gram serat per 100 gram.

8. Bantu tubuh keluarkan racun

Manfaat buah naga buat ibu hamil yang terakhir masih berhubungan dengan serat. Dengan serat yang cukup, tubuh akan melakukan detoks secara alami. Detoks artinya mengeluarkan racun.

Dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan serat dalam tubuh harus diimbangi dengan makan roti ataupun sereal.

Artikel Lainnya