6 Destinasi Wisata di Banda Aceh Terpopuler, Rugi Kalau Tak Mampir

Destinasi wisata Banda Aceh sangat perlu kamu ketahui agar bisa menikmati keindahan Banda Aceh. Ya, kota di ujung Sumatera ini memang memiliki banyak keindahan yang tak ada di kota Indonesia lainnya.

Banda Aceh bisa membuat liburannya terasa berkesan. Banyak destinasi wisata di Banda Aceh yang sangat nyaman dikunjungi. Ramahnya orang di Banda Aceh dan makanan yang enak menjadi alasan kamu wajib wisata di sana.

Banyak sekali destinasi wisata yang perlu kamu jelajahi saat di Banda Aceh. Mulai dari berkunjung di museum Tsunami Aceh hingga Masjid Raya Baiturrahman. Wisata-wisata ini akan membuat kamu betah saat liburan di sana.

Penasaran kan apa saja destinasi wisata di Banda Aceh yang wajib dikunjungi? Berikut Memora.id rangkum dari berbagai sumber, destinasi wisata di Banda Aceh.

1. Museum Tsunami Aceh

http://disbudpar.acehprov.go.id/

Bagi masyarakat Aceh, tsunami 2004 menjadi bencana yang tak akan pernah terlupakan. Banyak korban akibat bencana tsunami ini. Saksi bisu bencana tersebut bisa kamu lihat saat berkunjung ke Museum Tsunami Aceh.

Museum ini terletak di Jl. Sultan Iskandar Muda, Sukaramai, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh. Museum ini buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. Museum Tsunami Aceh menjadi destinasi wisata di Banda Aceh yang ikonik dan jangan sampai melewatkannya.

2. Masjid Raya Baiturrahman

http://disbudpar.acehprov.go.id/

Sholat atau sekadar mengunjungi Masjid Raya Baiturrahman bisa menjadi salah satu opsi destinasi wisata di Banda Aceh. Masjid ini sangat ikonik karena masih berdiri kokoh saat terkena tsunami pada 2004. Banyak masyarakat lokal yang bercerita, saat kejadian masjid ini seperti dikelilingi oleh kain yang dijaga oleh malaikat agar tsunami tidak masuk.

Keajaiban inilah yang membuat masjid ini wajib dikunjungi. Suasana sejuk dan tenang bisa kamu rasakan di sana. Terlebih sekarang masjid dilengkapi payung besar yang bisa terbuka dan menambah kesan indah dari rumah Allah tersebut.

3. Taman Putroe Phang

http://disbudpar.acehprov.go.id/

Destinasi wisata di Banda Aceh lainnya adalah Taman Putroe Phang. Di Taman Putroe Phang kamu bisa menelusuri sejarah dari taman yang sangat instagramable ini. Kamu akan menemukan banyak spot seru untuk berfoto-foto.

Masyarakat lokal juga banyak ke sana untuk menikmati suasana sore hari. Taman yang berasal dari Kerajaan Aceh Darussalam yang didirikan oleh Sultan Iskandar Muda untuk permaisuri ini buka dari jam 08.00 hingga 18.00 WIB.

4. Museum PLTD Apung

http://disbudpar.acehprov.go.id/

Tak lengkap rasanya kalau ke Banda Aceh tidak ke museum PLTD Apung. Ya, di museum ini kamu akan melihat kapal yang besar ada di daratan. Kapal ini terbawa arus tsunami hingga ke perkotaan.

Di sana kamu akan menemui banyak barang-barang bersejarah di kapal. Museum PLTD Apung ini terletak di Punge Blang Cut, Kec. Jaya Baru, Kota Banda Aceh. Uniknya museum ini membuat kamu wajib menjadikannya destinasi wisata di Banda Aceh.

5. Museum Aceh

http://disbudpar.acehprov.go.id/

Tak seru jika ke Banda Aceh tak mempelajari juga kultur dan budayanya. Kamu bisa berkunjung ke Museum Aceh untuk memperluas wawasanmu. Di sana kamu akan mengetahui banyak sejarah tentang kebudayaan di Aceh.

Dari rumah adat hingga perlengkapan sosial masyarakat Aceh ada di sana. Destinasi wisata di Banda Aceh ini beralamat di Jl. Sultan Mahmudsyah No.10, Peuniti, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh.

6. Pantai Ulee Lheue

http://disbudpar.acehprov.go.id/

Sempurnakan destinasi wisata di Banda Aceh dengan berkunjung di Pantai Ulee Lheue. Pantai ini akan membuatmu melepaskan segala penat yang ada di kepala. Selain pasir dan pemandangan indah lautan, kamu akan banyak menjumpai kuliner kaki lima di sana. Tak hanya itu, pantai ini juga cocok untuk orang yang gemar memancing. Sementara untuk berenang di pinggir pantainya juga aman asalkan mematuhi aturan batas maksimal berenang yang sudah di atur di sana.

Itulah 6 destinasi wisata di Banda Aceh yang tak boleh dilewatkan. Keseruan akan terasa sangat menyenangkan saat berlibur bersama orang yang istimewa seperti keluarga. Selamat berlibur teman-teman.