Serlok Bantaran, Destinasi Wisata Edukasi, Olahraga dan Alam Baru di Kota Bandung

Penulis: Heri Setiawan (IG: @udarang21)

Dikenal sebagai salah satu megnet wisata di Indonesia, Kota Bandung terus menghadirkan beragam pilihan tempat menarik yang wajib dikunjungi oleh wisatawan. Terbaru, Kota Bandung tengah mengembangkan wisata baru di tepian Sungai Cikapundung yang bernama Serlok Bantaran.

Di kawasan Serlok Bantaran yang hijau dan asri ini terdapat berbagai hal yang bisa dilakukan wisatawan saat berkunjung. Diantaranya, ada wisata edukasi kelestarian sungai, jogging trek sembari menikmati keindahan alam tepian Sungai Cikapundung.

Bagi yang penasaran, mari kita langsung saja menyusuri kawasan Serlok Bantaran, destinasi wisata alam baru di Kota Bandung. Let’s go!

Wisata Alam Baru Berbasis Urban Biodiversity

Sungai Cikapundung yang membelah Kota Bandung memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat. Aliran Sungai Cikapundung merupakan salah satu sumber mata air bersih yang ada di Kota Bandung.

Untuk menjaga keberlangsungan ekosistem di Kawasan Sungai Cikapundung, Pemerintah Kota Bandung dan Komunitas Serlok Bantaran berusaha merevitalisasi atau mengembangkan kawasan ini sebagai destinasi wisata edukasi, olahraga serta wisata alam baru.

Penataan bantaran Sungai Cikapundung ini tidak hanya mengembangkan suasana sosial semata. Lebih dari itu, hal ini bisa menumbuhkan potensi ekonomi seiring berkembangnya kawasan tersebut menjadi tempat rekreasi dan atraksi wisata baru di Kota Bandung.



Saat ini Serlok Bantaran tengah mengembangkan konsep wisata berbasis Urban Biodiversity atau biasa lebih dikenal dengan pengembangan kota dengan berwawasan lingkungan.

Serlok Bantaran dan Pemerintah Kota Bandung juga tengah menata home base dan berbagai infrastruktur yang menunjang kenyamanan wisatawan saat berkunjung.

Serlok Bantaran Tempat Wisata Edukasi dan Olahraga

Di tengah perkembangannya, Serlok Bantaran sudah mulai dikenal oleh banyak orang. Selain menikmati keindahan alamnya, wisatawan juga bisa belajar tentang beragam kerajinan olahan bambu seperti sedotan bamboo serta hasil daur ulang limbah plastik.

Serlok Bantaran juga menggagas konservasi ikan native di Bantaran Sungai Cikapundung seperti pengelolaan ikan, kolam penampungan, dan mata air bersih. Wisatawan yang datang berkunjung juga bisa belajar tentang pemberdayaan edukasi lingkungan di bantaran sungai ini.

Tidak hanya wisata edukasi, di Serlok Bantaran juga memiliki jalur wisata olahraga dan kesehatan. Serlok Bantaran mempunyai jalur jogging trek yang kerap digunakan untuk berolahraga lari hingga jalur sepeda.

Saat berolahraga disini, udara yang segar dan suasana yang asri akan membuat semakin betah berlama-lama.  Suara aliran Sungai Cikapundung yang mengalir dengan tenang akan menemani langkah sepanjang berolahraga di joging trek Serlok Bantaran.

Pagi Hari Jadi Waktu Berkunjung Terbaik Ke Serlok Bantaran

Jika wisatawan ingin menikmati paket lengkap wisata edukasi, olahraga dan alam, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Serlok Bantaran. Adapun waktu terbaik untuk berkunjung ke Serlok Bantaran ini ialah pagi hari sembari berolahraga.



Untuk bisa mencapai lokasi Serlok Bantaran ini cukup mudah kok. Serlok Bantaran berada di sekitar kawasan Bukit Jarian, Kelurahan Hegarmanah, Kecamatan Cidadap.

Wisatawan bisa mengikuti jalur Jogging Track, masuk dari Gang Ehom, Jalan Siliwangi di samping Teras Cikapundung atau bisa juga dari parkir kendaraan di Ranca Bentang, Ciumbuleut lalu menuju ke Serlok Bantaran. Jadi tunggu apalagi, ayo berkujung ke Serlok Bantaran.



Artikel Lainnya