Kampung Wisata Syaamil Quran Kiaracondong

Kampung Wisata Syaamil Quran Kiaracondong, Destinasi Religi di Kota Bandung

Penulis: Heri Setiawan

Bagi umat Islam, Alquran merupakan kitab suci yang menjadi pedoman hidup dan rujukan dalam segala hal. Alquran menjadi mukjizat yang diberikan Allah kepada Nabi Muhammad SAW. Sehingga, membaca Alquran termasuk salah satu ibadah utama yang diganjar dengan pahala berkali-kali lipat.

Namun, pernah gak kamu melihat proses pembuatan mushaf suci Alquran mulai dari dicetak, disusun hingga menjadi kitab yang bisa dibaca dengan indahnya oleh umat muslim? Nah, kamu gak perlu jauh-jauh ke Arab untuk melihat proses pembuatan kitab suci Alquran.

Di Kota Bandung juga ada tempat pembuatan kitab suci Alquran. Tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata religi yang unik. Destinasi wisata religi ini bernama Kampung Wisata Syaamil Quran.

Mungkin masih banyak yang belum tau keberadaan Kampung Wisata Syaamil Quran ini. Tanpa berlama-lama lagi, yuk kita langsung telusuri Kampung Wisata Syaamil Quran. Let’s Go!!

Mewujudkan Kota Bandung yang Agamis

Kampung Wisata Syaamil Quran Kiaracondong

Kota Bandung terus menghadirkan beragam potensi yang unik dan menarik. Terbaru, Pemerintah Kota Bandung tengah mengembangkan Kampung Wisata Syaamil Quran menjadi salah satu destinasi wisata religi agar makin dikenal oleh wisatawan.

Hal ini sejalan dengan visi Pemerintah Kota Bandung untuk mewujudkan Bandung yang unggul, nyaman, sejahtera dan agamis.

Kampung Wisata Syaamil Quran ini hadir sebagai upaya mewujudkan Bandung Agamis. Dengan adanya Kampung Wisata Syaamil Quran, tentunya diharapkan juga dapat menarik wisatawan untuk terus mengunjungi Kota Kembang.

Selain itu di kawasan ini juga diluncurkan program Lingkungan Cinta Alquran, Kampung Bebas Buta Huruf Alquran, dan Hafiz Quran atau Kampung Alquran lainnya yang tersebar di 6 kelurahan.

Wisata Religi yang Wajib Dikunjungi

Kampung Wisata Syaamil Quran Kiaracondong

Enggak hanya dikenal sebagai destinasi wisata kuliner, belanja, heritage dan lainnya, Kota Bandung juga memiliki destinasi Kampung Wisata Syaamil Quran, yang diresmikan pada tahun 2019. Kampung Wisata Syaamil Quran ini berlokasi di kawasan Babakan Sari, Kecamatan Kiaracondong.

Disini wisatawan bisa belajar dan melihat secara langsung proses kreatif pengembangan Alquran agar tetap mengikuti perkembangan zaman. Hadirnya destinasi ini merupakan kolaborasi antara pemerintah Kota Bandung, pengusaha dan masyarakat.

Selain itu, masyarakat juga bisa melihat proses produksi mulai dari mencetak hingga menyatukan lembar demi lembar kertas menjadi sebuah mushaf suci yang biasa dibaca umat muslim.

Bahkan, wisatawan yang berkunjung akan dihadiahi pembelajaran melalui program semua bisa ngaji. Mulai dari membaca Alquran memakai nada, menghapal Alquran dengan cepat, hingga menulis Alquran.

Jadi, enggak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk melihat proses pembuatan mushaf suci Alquran, cukup datang ke Kampung Wisata Syaamil Quran aja ya.

Gratis dan Terbuka Untuk Umum

Kampung Wisata Syaamil Quran Kiaracondong

Kampung Wisata Syaamil Quran gratis dan terbuka untuk umum mulai dari pelajar TK, SD, SMP, SMA, Mahasiswa, komunitas, kelompok pengajian hingga Instansi pemerintah maupun swasta yang ingin melihat langsung proses mencetak mushaf Al Quran.

Kunjungan Wisata Quran hanya dilaksanakan pada hari rabu dan kamis minimal membawa 25 orang. Bagi kamu yang ingin berkunjung Kampung Wisata Syaamil Quran ini harap reservasi terlebih dahulu.

Alamat : Jln. Babakan Sari I/ No. 71 Kiaracondong, Bandung

Telepon : (022) 720 8298

Fax : (022) 720 8298

Email : info@syaamilquran.com

Instagram : @syaamil_quran

Facebook: SyaamilQuranOfficial

Web : syaamilquran.com