Sanggar Waditra

Seluk Beluk Sanggar Waditra, Melestarikan Karawitan Sunda

Penulis: Heri Setiawan

Jawa Barat memiliki banyak sekali kesenian sunda, yaitu seni tari, seni wayang, seni musik, dan lain-lain. Salah satu kesenian khas Jawa Barat yaitu Karawitan Sunda. Secara luas, karawitan merupakan seni suara, baik itu vokal maupun instrumen atau biasa disebut waditra.

H. Riskonda merupakan mantan guru kesenian yang merasa Karawitan Sunda perlu dilestarikan agar tidak punah. Sangat terlihat bahwa anak muda jaman sekarang bersikap cuek dan kurang peduli dengan kesenian-kesenian tradisional, terutama kesenian Karawitan Sunda.

Maka dari itu H. Riskonda membuat Sanggar Waditra, merupakan salah satu sanggar yang melestarikan Karawitan Sunda sejak tahun 1977. Semenjak H. Riskonda wafat, kegiatan di Sanggar Waditra dikelola dan diteruskan oleh anaknya, yaitu Hedi Risdiana. Selain mempelajari Karawitan Sunda, pengunjung juga bisa mengikuti pelatihan untuk pemula.

Pengrajin Alat Kesenian Tradisional Sunda 

Sanggar Waditra

H Riskonda memulai bisnis pembuatan gamelan sejak 44 tahun lalu. Dengan konsistensi dan idealismenya, yang membuat beliau mampu bertahan menjadi salah satu produsen alat kesenian tradisional khas Sunda.

Berbagai waditra khas Sunda tersedia, mulai dari gamelan sunda, kecapi, angklung, gambang, dan yang lainnya. Tidak hanya lengkap, namun kualitasnya pun merupakan yang terbaik di Kota Bandung.

Tidak hanya terkenal dalam negeri, berbagai waditra khas Sunda buatan H. Riskonda ini sudah menembus pangsa pasar luar negeri. Bahkan sudah mendapatkan Sertifikasi ISO 9001:2015 loh.

Workshop Alat Kesenian Sunda di Jepang

Sanggar Waditra

Pada tanggal 26 Oktober hingga 2 November tahun 2017 pemilik Sanggar Waditra, H. Riskonda beserta Ibu Yana diundang ke Jepang untuk melakukan Workshop mengenai alat kesenian tradisonal khas Sunda. Gamelan, kecapi, calung, dan yang lainnya diperkenalkan dan juga melakukan latihan bersama dengan Grup Degung Paraguna. Sanggar Waditra sudah menjalin kerjasama lebih dari 30 tahun dengan Jepang untuk penelitian serta turut mempromosikan budaya Sunda kepada masyarakat negara Jepang.

Jadi, jika sedang berada di kota Bandung dan kamu ingin membeli alat kesenian tradisional khas Sunda atau ingin mengetahui lebih dalam serta mengikuti pelatihan gamelan, kecapi, dan alat kesenian lainnya maka kamu harus berkunjung ke Sanggar Waditra yang bisa dijumpai di Jl. Moh. Toha No. 379, Kecamatan Regol, Kota Bandung. Tempat ini buka setiap hari, Senin hingga Minggu dari pukul 08.00 hingga 16.00.