Investasi Saham

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Investasi Saham Sejak Dini!

Memora.ID – Siapa sih yang tidak mau, masa tua nanti bisa bersantai – santai menikmati hasil jerih payah nya? atau Siapa sih yang nggak mau ketika masa tua nanti hanya sarungan minum kopi sambil youtube an? Pasti semuanya ingin mengalami hal tersebut kan! Selain menabung investasi saham juga menjadi salah satu langkah untuk mengamankan keuangan loh!

Umumnya, pengertian investasi saham adalah penanaman asset atau dana oleh perorangan ataupun sebuah perusahaan. Saat ini masyarakat Indonesia sudah mulai melek untuk melakukan investasi saham. Pasalnya hingga agustus 2021 jumlah investor saham mencapai 2,6 juta.

Nah, mungkin kamu masih mencari alasan kenapa mesti investasi saham, berikut memora.id akan membahas lengkap!

Likuid dan Transparan

laporan keuangan

Saham bersifat likuid, artinya saham mudah dicairkan atau dijual. Jadi, ketika kamu membutuhkan dana mendadak dan mendesak, uang yang kamu investasikan dapat dijual atau dicairkan kapan saja. Selain itu saham juga bersifat transparan, perusahaan yang sudah go public harus menawarkan sahamnya kepada calon investor dan semua laporan keuangan perusahaan tersebut sudah bisa dilihat oleh publik, mulai dari laba, rugi, hingga kas suatu perusahaan. Kamu bisa download laporan keuangan tersebut melalui situs Bursa Efek Indonesia (BEI) | Laporan Keuangan Perusahaan

Transaksi Sangat Mudah

investasi jangka panjang

Nah untuk transaksi saham sendiri sangat mudah, kamu gak perlu bawa dokumen seperti surat perjanjian ataupun menyewa notaris untuk proses jual – beli. Sekarang kamu hanya perlu daftar jadi nasabah di suatu perusahaan sekuritas. Jika sudah terdaftar menjadi nasabah, nantinya semua transaksi dapat kamu lakukan secara online melalui platform laptop maupun smartphone kalian

Mudah bukan?

Modal Kecil

Modal Kecil

Mungkin terlintas dipikiran kalian berapa sih modal yang dikeluarkan? Berapa sih dana yang harus di siapkan untuk investasi? Tenang aja, gak perlu khawatir! Dengan uang Rp 100.000 kamu sudah bisa beli beberapa slot saham dan enaknya kamu juga bisa cicil saham satu lot satu lot !

Waktu fleksibel

bursa saham

Nah mungkin ini salah satu keunggulan ketika kamu berinvestasi saham, karena kamu dapat melakukannya kapan pun dan dimana pun, tidak terpaku dengan waktu yang tetap. Ini cocok banget buat kamu yang sibuk dan gak punya banyak waktu sehingga gak akan mengganggu kegiataan utamamu!

Profit Maksimal

bisnis online

Kamu tau gak? Setiap tahun harga dari suatu barang dan jasa selalu mengalami kenaikan harga selalu mengalami kenaikan harga. Kenaikan itu disebabkan oleh inflasi.

Contoh simpel nya

Tahun 1992 harga gula pasir per kg hanya Rp 1.300, namu karena adanya inflasi setiap tahun membuat harga gula pasir naik menjadi Rp 12.500 per kg sekarang ini.

Investasi saham dapat memberikan profit yang menjanjikan apalagi kamu berinvestasi di suatu perusahaaan yang memilik rekam jejak yang baik,

Contohnya

Pada tahun 2016 perusahan Antam TBK (ANTM) harga per lembar sahamnya berkisar Rp 700 hingga Rp 900 , namun saat ini per Agustus 2021 harga perlembar nya mencapai harga Rp 2400

Kesimpulan

Investasi saham sangatlah mudah karena dengan modal kecil kamu bisa membeli beberapa lembar saham. Lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengatur bahwa suatu perusahaan harus transparan dalam menyampaikan kondisi laporan keuangan.

Untuk Melakukan transaksi saham tidak memerlukan syarat – syarat yang menyulitkan, kamu hanya perlu menjadi salah satu nasabah sekuritas yang ada di Indonesia dan sudah mendapatkan izin OJK ditambah transaksi saham dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Dengan investasi kamu bisa mendapatkan profit yang menjanjikan , return yang besar sangat cocok untuk kamu yang menjadikan investasi dalam jangka Panjang.

DISCLAIMER

Investasi saham mengandung resiko. Investor wajib memahami laporan keuangan, rekam jejak hingga prospek dari suatu saham

Artikel Lainnya