wisata bontang

5 Wisata Di Bontang yang Gak Boleh Dilewatkan

Memora.ID – Bontang merupakan kota yang berada di provinsi Kalimantan Timur. Menurut cerita dari turun menurun kota Bontang memiliki arti dimana ‘bond’ akronim belanda artinya ikatan persaudaraan dan ‘tang’ dari kata pendatang. Yuk langsung aja gue kasih tau tempat-tempat yang mesti lo kunjungi klo ke Bontang!

1. Tugu Khatulistiwa Santan Ulu

Tugu Khatulistiwa Santan Ulu
Tugu Khatulistiwa Santan Ulu (photo by instagram.com/dr.fajarsubroto_spak)

Tak hanya Pontianak yang memiliki Tugu ini, ternyata Bontang juga! Tugu yang berdiri di lahan seluas 2 Ha ini berada di Jalan Raya Bontang – Samarinda KM 25 Santan Ulu dari pinggir jalan juga sudah terlihat bangunan ini. Dipuncak dari bangunan terdapat 2 buah cincin dengan bola dunia. Posisi disini berada di 00′ 00′ 00′ dan 117o 21′ 47′ Bujur Timur. Waktu yang cocok untuk kesini adalah pagi hingga sore ya.

2. Teluk Kaba

"<yoastmark

Teluk ini masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Kutai, untuk kesini lo harus menyebrang dengan perahu yang disewakan. Begitu sampai disana lo bakalan melihat hamparan pasir putih dan perairan laut yang biru. Selain itu, lo juga bisa camping dan snorkeling disini. Pokoknya gue saranin lo wajib kesini!

3. Taman Nasional Kutai

"<yoastmark

Taman Nasional Kutai merupakan area hutan hujan tropis yang memiliki luas 198.629 Ha. Secara administrasi terletak di 2 kabupaten dan 1 kota yaitu Kutai Timur, Kutai Kertanegara dan Kota Bontang. Taman ini memiliki berbagai macam tumbuhan yang bakal lo temui diantaranya Bakau, Tanncang, Cemara Laut, Simpur, Meranti, Bwenuang, Kapur, Ulin, 3 jenis Reflesia dan berbagai jenis anggrek dan masih banyak lagi. Selain melihat tamanan, lo juga bisa melihat Bekantan, Burung, Rusa dan lainnya. Nah tak hanya melihat kekayaan flora dan fauna disini juga ada museum mata uang kuno yang digunakan pada zaman pemerintahan Hindia Belanda dan Jepang.

4. Pulau Beras Basah

pulau beras basah

Pulau ini terletak ditengah laut dengan perairan biru mempesona dan pasir putih menawan. Jarak Pulau Beras Basah dari pusat kota Bontang hanya sekitar 7 km. Menurut warga disekitar nama Beras Basah, diambil karena dahulu kapal yang berlayar dari Pulau Sulawesi mengangkut ribuan ton beras menuju Bontang namun nasib sial dialami kapal itu, kapal tersebut dihantam ombak besar dan ribuan ton beras hanyut tercecer dan menutupi sebagaian permukaan air di sekitar pulau dan jadi deh dinamai pulau tersebut dengan nama Beras Basah. Di Pulau ini lo dapat menikmati senja maupun sunset. Tapi jika lo mau puas menikmati gue saranin untuk menginap, agar bisa menikmati pemandangan pagi hari dan pemandangan bawah laut di pagi hari.

5. Kafe Singapura

Kafe Singapura
Kafe Singapura (photo : detik.com)

Pasti lo bertanya-tanya mengapa disebut Kafe Singapura karena di kafe ini ada patung Merleon, patung ini juga dapat mengeluarkan air yang tak lain merupakan landmark dari negara Singapura. Selain lo bisa foto-foto disini, menu makanan yang disajikan juga menggoda selera loh seperti Ikan segar yang langsung dari kolamnya, pisang gapit dan masih banyak lagi! Kafe ini buka setiap hari mulai dari jam 10.00 hingga 23.00 WITA.

Itu dia beberapa destinasi wisata yang wajib lo kunjungi kalo berada di Bontang. Keren bukan? Jangan lupa pesan tiket kesini ya!

Artikel Lainnya