7 Cara Memulai Bisnis Online dengan Modal Kecil

Memora.ID – Membangun bisnis dari nol bukanlah perkara gampang. Semuanya harus dipersiapkan sendiri, mulai dari branding hingga alokasi dana. Dalam memulai bisnis, modal yang Kamu berikan tidak perlu terlalu besar. Ada beberapa cara untuk memulai Bisnis Online. Strategi yang dimaksud adalah mempersiapkan hal-hal penting dalam memulai bisnis seperti di bawah ini.

Cermati Tren

Tren bisnis selalu berputar mengikuti perkembangan zaman. Misalnya, bisnis kedai kopi yang saat ini sedang naik daun, setelah sebelumnya menjual aksesoris fashion populer. Untuk mengetahui bidang usaha apa yang sedang trend saat ini, Kamu bisa mengamati dari media sosial atau kondisi di sekitar lingkungan tempat tinggal Kamu.

Definisikan Bisnis

Setelah mengetahui tren yang sedang populer saat ini, tentukan bisnis yang ingin Kamu mulai. Mulai perencanaan dengan memilih kategori bisnis, lalu persempit ke area yang lebih spesifik. Keberhasilan menjalankan bisnis tidak bisa muncul secara instan. Oleh karena itu, Kamu harus menekuni bisnis ini dalam waktu yang tidak singkat.

Lakukan Riset Pasar

keuntungan bisnis online

Riset pasar merupakan elemen penting dalam cara memulai bisnis dengan modal kecil yang perlu Kamu perhatikan. Riset pasar dapat membantu Kamu mengidentifikasi peluang untuk bisnis Kamu. Mengetahui data penjualan dari pesaing dapat membantu Kamu mengembangkan strategi penjualan yang tepat agar bisnis Kamu bisa sukses.

Hitung Modal  dengan Benar

Modal kecil dalam bisnis tidak akan menjadi masalah jika Kamu bisa mengalokasikannya dengan maksimal. Ada dua jenis modal yang penting untuk diketahui, yaitu belanja modal dan biaya operasional. Pengeluaran modal yang dimaksud termasuk biaya yang Kamu keluarkan untuk peralatan memulai bisnis seperti peralatan dan perlengkapan bisnis.

Baca Juga :  7 Cara Memulai Bisnis Rumahan, Pasti Cuan

Misalnya, Kamu membuka usaha makanan kering, maka belanja modalnya adalah peralatan penggorengan dan pengemasan seperti penggorengan dan sealer plastik. Jenis modal yang kedua adalah biaya operasional seperti sewa, gaji karyawan, atau biaya listrik.

Tentukan Lokasi Usaha yang Strategis

Biasanya biaya terbesar bagi para pebisnis adalah sewa gedung. Tempat-tempat strategis biasanya akan memasang harga sewa yang tinggi. Untuk menekan biaya tersebut, Kamu bisa memulai bisnis di rumah atau online terlebih dahulu. Dengan cara ini, biaya sewa dapat dialokasikan untuk kebutuhan lain seperti biaya operasional atau gaji karyawan.

Tentukan Rekrutmen Karyawan

Bisnis Rumahan

Dalam memulai bisnis dengan modal kecil,lebih baik merekrut karyawan dalam jumlah kecil. Maksimalkan kemampuan Kamu terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk merekrut karyawan. Namun, jika Kamu mulai merasa kewalahan dengan mengontrol pesanan yang masuk dan dana untuk gaji karyawan sudah ada, mulailah berpikir untuk merekrut.

Mempromosikan Produk Secara Online

Cara terakhir untuk memulai bisnis modal kecil adalah dengan memanfaatkan fitur digital masa kini. Ada banyak cara mudah untuk mempromosikan bisnis Kamu melalui media sosial. Kamu juga dapat mempromosikan bisnis yang baru dimulai secara manual melalui pembuatan akun media sosial Kamu sendiri atau obrolan pribadi dengan kolega Kamu sebagai calon pelanggan.

Nah itu dia ulasan dari kami buat kamu tentang 7 Cara Memulai Bisnis Online dengan Modal Kecil, semoga bermanfaat. Jadi kapan nih kamu memulai Bisnis nya?

Artikel Lainnya