Skybridge Stasiun Bandung

Skybridge Stasiun Bandung, Jalur Penumpang Kereta Baru yang Instagramable

Penulis: Heri Setiawan

Kira-kira kapan terakhir kali kamu ke Bandung? atau, kapan terakhir kali kamu singgah di stasiun kereta api Kota Bandung? Ya, Stasiun Bandung seperti tak henti berbenah diri lho. Jika sekarang mampir ke sana, maka kamu akan mendapati sebuah bangunan baru yang keren yaitu skybridge.

Stasiun Bandung, sekarang sudah memiliki fasilitas baru sebuah jembatan modern atau skybridge membentang dari arah selatan menuju utara. Skybridge ini menjadi tempat spot foto baru yang instagramable di Stasiun Bandung.

Fasilitas baru yang diujicobakan sejak 23 September 2020 itu kental dengan nuansa modern yang disematkan pada bangunan heritage khas Stasiun Bandung. Perpaduan tersebut memberikan kesan cantik, mewah, dan tentu saja nyaman.

Dengan adanya Skybridge ini, penumpang yang akan menuju jalur kereta yang akan dinaikinya tak perlu lagi naik turun kereta dan berjalan di lintasan kereta. Penumpang tinggal menaiki skybridge yang ada untuk menuju jalur kereta yang dituju.

Skybridge Stasiun Bandung

Skybridge ini mulai dibangun pada bulan Desember 2019. Ada lima gate yang memudahkan pengguna kereta api mengakses tempat pemberangkatan kereta. Penumpang tinggal melintasi skybridge yang dilengkapi travelator, sehingga tak hanya nyaman, tapi juga amat ramah bagi para penyandang disabilitas.

Masing-masing gate memiliki dua travelator untuk naik dan turun, sepanjang 33 meter. Selain mengoneksikan Jalur 1-7, skybridge juga menghubungkan Stasiun Bandung bagian utara dan selatan. Fasilitas ini tentu akan meningkatkan konektivitas pelanggan KA Jarak Jauh untuk masuk maupun keluar stasiun.

Stasiun Bandung atau stasiun utama di Kota Bandung memang memiliki sejarah panjang jauh sebelum kemerdekaan Indonesia. Sejarah menyebutkan, perkembangan tempat ini dimulai karena lahirnya sistem kerja paksa perkebunan di Bandung tahun 1870.

Baca Juga :  4 Kesan Tak Terlupakan Selama Pendakian Gunung Api Banda, Kaldera 640 mdpl

Belanda lalu mengembangkan jalur kereta Batavia-Bandung. Jalur tersebut dibangun untuk mengirimkan hasil perkebunan ke Batavia. Dari sanalah cikal bakal pembangunan Stasiun Bandung. Stasiun ini selesai dibangun dan diresmikan pada tahun 17 Mei 1884, dipimpin arsitek sekaligus arkeolog, Jan Willem Ijzerman.

Kini, dari skybridge, penumpang bisa melihat jalur kereta api dan bangunan Stasiun Bandung yang menjadi saksi masa penjajahan Belanda di Indonesia. Kehadiran skybridge ini, memberikan nuansa baru bagi bangunan art deco yang dimiliki Stasiun Bandung. Jadi, ayo liburan ke Kota Bandung dan singgah di skybride staisun yang keren ini.

Artikel Lainnya