Terminal Leuwipanjang

Terminal Leuwipanjang Direvitalisasi Mirip Bandara, Makin Nyaman Bagi Wisatawan

Penulis: Heri Setiawan

Terminal Leuwi Panjang yang berada di Kelurahan Kopo, Kecamatan Bojongloa Kaler, Kota Bandung, saat ini tengah berbenah dan sedang dalam tahap akhir proses revitalisasi. Terminal Leuwipanjang Kota Bandung bakal memiliki fasilitas seperti layaknya bandara pada tahun 2022 ini.

Nantinya, Terminal Leuwi Panjang akan menjadi percontohan terminal tipe A yang akan terlihat seperti Terminal Bandara. Ada berbagai fasilitas baru yang disiapakan untuk penumpang dan wisatawan. Calon penumpang yang berada di area terminal akan merasa nyaman dengan fasilitas yang disediakan. Salah satunya ruang tunggu dan keberangkatan yang terpisah.

Di gedung yang dibangun di lahan sekitar 5.000 m2 dan tanah seluas 3,2 hektare tersebut sejak kedatangan, counter check formulir tiket, lalu ruang tunggu, hingga keberangkatan sudah dibangun terpisah. Hal ini merupakan ikhtiar pemerintah untuk meningkatkan fasilitas bagi pengguna transportasi umum untuk penumpang dan wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung.

Ada banyak fasilitas yang akan disediakan untuk penumpang atau wisatawan saat berada di Terminal Leuwipanjang Kota Bandung. Terminal Leuwi Panjang yang tengah direvitalisasi memiliki tiga lantai. Lantai pertama terdapat Gedung A dan Gedung B, di mana nantinya akan difungsikan untuk menaikkan penumpang yang datang dan penumpang yang berangkat.

Terminal Leuwipanjang

Untuk Gedung A, akan difokuskan untuk penumpang Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), sedangkan di gedung B untuk Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Selain itu, dari lantai 1 bermuara ke lantai 2 terdapat tempat tenant-tenant berada. Untuk menyebrang dari Gedung A ke Gedung B atau sebaliknya, para penumpang juga tidak bisa menyebrang langsung karena harus steril sebagai perlintasan bus.

Tidak hanya itu, di lantai 3 yang memiliki lahan sekitar 1000 meter persegi juga akan direncanakan dibuat mini soccer untuk sarana olahraga, kemudian coffee shop sebagai tempat nongkrong anak muda. Dari rooftop penumpang bisa turut melihat pemandangan dari Kota Bandung seperti Gunung Tangkuban Perahu serta wilayah Lembang.

Baca Juga :  39 Tahun Berdiri, Sanggar Olah Seni Babakan Siliwangi Tempat Kumpul Seniman Kota Bandung

Revitalisasi terminal Leuwipanjang Kota Bandung ini juga akan menjadi terminal percontohan di Provinsi Jawa Barat. Rencananya, Terminal Leuwipanjang Kota Bandung akan diresmikan langsung oleh Kementerian Perhuhubungan pada Januari 2022 ini. Jadi, untuk wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung dengan menggunakan Bus bisa semakin nyaman saat berada Terminal Leuwipanjang.

Artikel Lainnya