Rekomendasi Kawasan Wisata Kuliner dan Jajanan Malam di Kota Bandung

5 Rekomendasi Kawasan Wisata Kuliner dan Jajanan Malam di Kota Bandung

Penulis: Heri Setiawan

Bandung sudah tidak asing kita dengar sebagai kota metropolitan yang berlimpah akan berbagai kegiatan yang dapat kita lakukan saat liburan. Salah satu kegiatan yang wajib untuk dilakukan saat berlibur di Kota Bunga ini adalah berwisata kuliner malam. Banyaknya tempat kuliner malam di Kota Bandung kadang membuat kamu bingung untuk memilih yang mana. Berikut adalah lima tempat rekomendasi kuliner malam terbaik di Bandung buat kamu yang tertarik untuk bersiwata kuliner malam hari di Kota Bandung.

Rekomendasi Kawasan Wisata Kuliner dan Jajanan Malam di Kota Bandung

1. Wisata Kuliner Malam di Jalan Dipatiukur

Jalan Dipatiukur adalah jalan yang diambil dari nama pahlawan Mataram pada abad ke-17 dan merupakan satu-satunya jalan di Indonesia yang bernama Dipatiukur atau DU. Jalan Dipati Ukur sendiri dikenal sebagai tempat mahasiswa maupun masyarakat sekitar untuk berkumpul, nongkrong, dan mengisi perut. Jalan Dipatiukur yang terletak di Kecamatan Coblong ini menjadi salah satu kawasan kuliner malam di Kota Bandung yang tidak pernah sepi oleh pengunjung. Ketika di masa pandemi banyak tempat jualan yang harus tutup lebih awal di Dipatiukur justru menjadi semakin ramai seiring terbenamnya matahari. Tidak perlu takut dompet kamu akan menipis foodies karena makanan yang dijual sesuai dengan kantong mahasiswa yakni rata-rata dari Rp10.000 hingga Rp30.000 per porsinya.

Banyaknya berbagai pilihan street food di kawasan ini menjadi sebuah surga tersendiri bagi para foodies. Kawasan ini menyediakan berbagai pilihan makanan maupun minuman yang beragam mulai dari makanan yang dijual di tenda-tenda seperti dimsum, susu murni, kebab, sate seafood, hingga berbagai olahan aci (cimol, cireng, cilok, cilung) dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk makanan berat kamu bisa menyicipi masakan seafood, sate ayam, sate padang, dan olahan bebek salah satu yang menjadi rekomendasi adalah bebek Om Aris dan Bebek Ali Borme. Kalau kamu tipe-tipe yang lebih suka buat nongkrong dan menghabiskan waktu kamu bisa mengunjungi Coffee shop seperti Starbucks DU, Add+ Coffee, Delapan Padi, dll. Kalau kamu tipe-tipe yang suka nongkrong di warung kopi atau warkop di DU juga punya banyak pilihan.

2. Wisata Kuliner Malam di Sudirman Street & Jalan Cibadak

Bicara soal kawasan kuliner di Kota Bandung, rekomendasi kawasan kuliner yang satu ini wajib ada bucket list kamu yakni Sudirman Street dan Jalan Cibadak. Kawasan kuliner ini bisa menjadi pilihan bagi kamu para foodies yang ingin mencoba berbagai street food Kota Bandung yang lebih tersentralisasi. Sudirman Street selalu menjadi kawasan kuliner yang ramai baik di siang hari maupun malam hari. Letaknya yang berdekatan dengan jalan Cibadak membuat kamu yang ingin berkuliner malam hari di kawasan ini engga perlu takut buat kehabisan tempat makan karena dijamin engga akan ada habisnya. Kamu bisa mencicipi: wedang, nasi campur, soto Bandung, aneka olehan seafood, hingga desserts seperti lumpia duren, martabak, dan pukis. . Jangan salah pilih ya karena menu makanan disini terdapat juga yang non-halal.

Saran buat kamu yang mau berwisata kuliner di Sudirman Street Day & Night Market dan juga Jalan Cibadak datanglah setelah pukul 7 malam karena ambiencenya bukan hanya akan memanjakan perutmu saja melainkan visualmu juga. Banyaknya lampion-lampion yang menerangi jalan membuat kamu serasa lagi ada di Chinatown. Jangan lupa untuk abadikan momen kamu ketika di Sudrman Street dan Jalan Cibadak karena tempatnya Instagramable. Berhubung disini segmentasinya pengunjungnya adalah karyawan dan orang bekerja maka jangan lupa buat menyediakan korcek yang cukup ya. Harga makanannya berkisar antara Rp30.000 hingga Rp70.000 per porsinya.

3. Wisata Kuliner Malam di Jalan Lengkong Kecil

Jalan Lengkong Kecil di Daerah Bandung menjadi pusat kuliner malam semenjak pandemi di Kota Bandung dimulai. Jalanan yang dulunya sepi kini menjadi salah satu pusat kuliner malam di Kota Bandung. Apabila biasanya foodies berburu kuliner malam di Jalan Dipati Ukur atau Jalan Sudirman kini terdapat pula alternatif kawasan kuliner malam yakni Jalan Lengkong Kecil. Berawal dari unggahan ambience stan-stan kuliner malam di berbagai platform media sosial, kini Jalan lengkong kecil menjadi ramai akan pengunjung dari berbagai penjuru kota Bandung. Disini para penjual makanan mulai buka pada pukul 18.00 hingga pukul 23.00 WIB.

Para pengunjung tidak perlu takut akan pilihan makanan karena di Jalan Lengkong ini dijual berbagai kuliner yang akan memanjakan lidahmu dimulai dari appetizer cita rasa lokal seperti dimsum, angkringan, roti bakar, dilanjutkan dengan main course seperti suki and grill, steak¸dan ditutup dengan hidangan penutup lokal seperti wedang ronde, wedang jahe dan lainnya. Ambience daripada kawasan wisata kuliner ini sangatlah menarik dengan banyaknya hiasan lampu di sepanjang jalan dan juga live music membuat kawasan ini serasa festival kuliner malam. Harga makanannya berkisar antara Rp15.000 hingga Rp50.000 per porsinya.

4. Wisata Kuliner Malam di Jalan Cikapundung Barat

Berwisata di kota Bandung belum afdol kalau belum berkulineran di kawasan Cikapundung, Sebuah kawasan yang terletak persis di tengah kota Bandung debatasan dengan Braga, Alun-alun, dan Jalan Asia Afrika. Kota Bandung memang tidak pernah berhenti memberi suguhan kuliner kaki lima yang bikin kenyang dan tentunya memiliki cita rasa yang khas. Jalan Cikapundung Barat memberikan suguhan yang berbeda ketika malam tiba. Apabila ketika siang hari Kawasan ini  dikenal dengan kawasan percetakan dan buku. Namun ketika malam tiba tampak berdiri banyak tenda warung yang berjajar di sisi jalan.

Kuliner yang ditawarkan di kawasan night market ini sangatlah beragam mulai dari cemilan ringan hingga makanan berat yang beragam. Berikut beberapa rekomendasi kuliner bila foodies sedang berwisata kuliner di daerah Cikapundung Barat: Dapur Cobek Dadakan menyajikan berbagai menu pecel, Bubur ayam PLN yang porsinya banyak banget, Si Gobing aneka nasi goreng spesial dengan racikan 24 rempah, hingga seafood dan Mie kocok barokah yang selalu buka 24 jam. Jangan khawatir soal harganya karena harga rata-rata makanannya dari Rp15.000 hingga Rp40.000.

5. Wisata Kuliner Malam di Kawasan Jalan Cikuray

Rekomendasi wisata kuliner malam di Kota Bandung yang terakhir adalah night market  di kawasan jalan cikuray, Gatot Subroto. Jika sebelumnya pedagang yang berjualan disini berada di kawasan jalan Turangga yang kemudian dipindahkan ke jalan Cikuray ini.  Buat kamu foodies yang lagi laper malem-malem tapi bingung mau kemana lagi. Kamu harus cobain kulineran di daerah jalan Cikuray Kecamatan Lengkong Kota Bandung.

Tempatnya yang dekaat dengan Gatot Subroto dan juga lapangan PPI Pusenif membuat kawasan kuliner malam ini mudah dijangkau. Selain makanannya bervariasi harga yang ditawarkan juga masih aman di kantong. Beberapa tempat rekomendasi kuliner di daerah cikuray antara lain: Warung Nasi Mamake Slamet Bahari yang menyediakan berbagai aneka lauk pauk rumahan, Warung Nasi Sarana, Bakso Lotus, Mie Ayam Imami, dan masih banyak lagi. Jangan lupa buat pastiin kalo perut kamu kosong sebelum dateng ke sini ya.

Tentang Penulis

memora.id
memora.id
Please be memorable with us