Hikmah Mengubur Kucing Mati

Hikmah Mengubur Kucing Mati, Memuliakan Ciptaan Allah

Kucing menjadi hewan peliharaan yang banyak disukai orang. Kelucuannya serta tingkahnya yang selalu ada-ada saja, membuat kucing kerap menjadi sahabat manusia. Kucing juga bisa memahami perasaan seseorang sehingga ia tahu mana orang yang suka padanya atau tidak.

Sebagai makhluk ciptaan Allah, tentu kucing akan menemui ajalnya layaknya makhluk Allah lainnya. Kucing yang mati akan membuat pemeliharanya menjadi sedih karena merasa kehilangan. Rasa sedih itu kian terasa ketika hendak mengubur kucing.

Momen mengubur kucing menjadi momen yang bakal buat kamu menangis. Kamu akan melihat kucingmu terakhir kali sebelum bangkai kucing terkubur di atas. Ada beberapa hikmah mengubur kucing yang perlu kamu pahami.

Berikut Memora.ID rangkum hikmah mengubur kucing mati.

1. Memuliakan ciptaan Allah

Hikmah Mengubur Kucing Mati

Hikmah mengubur kucing mati yang pertama yakni kamu memuliakan ciptaan Allah. Kucing merupkan makhluk hidup ciptaan Allah dan termasuk salah satu hewan kesayangan Rasul. Ketika kamu memuliakan makhluk ciptaan Allah, maka Allah akan membalas dengan hal-hal yang akan membuat kamu sangat bersyukur.

2. Menghargai makhluk hidup

Menghargai makhluk hidup baik ketika masih bernyawa maupun mati menjadi poin hikmah mengubur kucing mati yang kedua. Kucing sebagai makhluk hidup harus kamu hargai. Jika kamu menghargai kucing ketika lagi lucu-lucunya, maka kamu juga harus menghargai kucing ketika ia sudah tak bernyawa. Hargailah kucing dengan menguburnya sebaik mungkin. Pahala karena menghargai makhluk hidup akan kamu dapatkan.

3. Teringat bahwa setiap makhluk akan temui ajalnya

Hikmah Mengubur Kucing Mati

Kucing yang meninggal dunia akan menjadi pengingat bahwa setiap makhluk hidup yang bernyawa pasti akan menemui ajalnya. Waktunya saja berbeda-beda dalam takdir kematian yang sudah ditentukan Allah. Kematian kucing bisa jadi refleksi bahwa makhluk hidup pasti mati. Kamu akan merefleksikan diri saat mengubur kucing bahwa kamu juga nanti akan dikubur seperti itu.

4. Balasan dari Allah di setiap kelakuan baik ke kucing

Kucing bisa berdoa kepada Allah di setiap kebaikan yang kamu lakukan. Bahkan doa kucing sangat tulus dan akan dikabulkan oleh Allah. Setiap kelakuan baikmu ke kucing akan dibalas dengan ganjaran pahala. Jika sekarang kamu punya kucing, cintailah kucing itu. Perlakukan dengan baik karena setiap perlakuan baik mu tidak ada yang sia-sia karena ada ganjaran pahala yang besar di akhirat kelak.

Firman Allah Sebagai Hikmah Mengubur Kucing Mati

Mengubur makhluk hidup seperti kucing merupakan tingkah baik dan terpuji. Kamu secara tidak langsung memuliakan makhluk ciptaan Allah. Berikut firman Allah terkait hikmah mengubur hewan. “Tidak ada dosa bagi-mu untuk perbuatan yang kamu tidak sengaja, tetapi (yang ada dosa) apa yang disengaja oleh hatimu.” (QS. Al-Ahzab: 5)