Pengertian Ketidakpastian dalam Eksplorasi Serta Contohnya

Pengertian Ketidakpastian dalam Eksplorasi Serta Contohnya

Apa itu ketidapkastian dalam eksplorasi? Sebelum menjelaskan arti ketidakpastian dalam eksplorasi maka terlebih dahulu memahami arti ketidakpastian. Selain itu, Memora.ID juga akan menjelaskan secara rinci beserta contoh ketidakpastian dalam eksplorasi.

Apa Itu Ketidakpastian?

Pengertian Ketidakpastian dalam Eksplorasi Serta Contohnya

“Ketidakpastian adalah keadaan, walaupun hanya sebagian, dari ketidakcukupan informasi tentang pemahaman atau pengetahuan terkait dengan suatu peristiwa, dampaknya, dan kemungkinan terjadinya”. – Leo J. Susilo, dalam bukunya yang berjudul Manajemen Risiko Berbasis ISO 31000

“Ketidakpastian adalah sebutan yang digunakan dengan berbagai cara di sejumlah bidang, termasuk filosofi, fisika, statistika, ekonomika, keuangan, asuransi, psikologi, sosiologi, teknik, dan ilmu pengetahuan informasi.” – Wikipedia.

“Suatu keadaan sebagai suatu keadaan yang berisiko jika kita dapat menentukan probabilitas obyektif secara pasti terhadap hasil atau kejadian”. – Frank Knight (1922)

Sehingga dari keempat pendapat tersebut dapat kita rangkum bahwa ketidakpastian adalah konsep risiko yang sangat inti. Kita dapat mengatakan bahwa konsep ketidakpastian mengimplikasikan keraguan mengenai masa yang akan datang yang didasari pada kekurangan dan ketidaksempurnaan pengetahuan. Jika kita mengetahui apa yang akan terjadi, maka risiko tidak akan pernah menjadi risiko. Kita akan mengatahui jika kendaraan kita akan mengalami kecelakaan, rumah kita akan terbakar, atau kita akan mengalami gangguan kesehatan yang membutuhkan biaya besar, atau pencuri akan masuk ke rumah kita. Namun sayangnya kita tidak mengetahui hal-hal yang demikian dan oleh karenanya kita senantiasa berada dalam ketidakpastian atau lingkungan yang berisiko.

Pengertian Ketidakpastian dalam eksplorasi

Pengertian Ketidakpastian dalam Eksplorasi Serta Contohnya

Ketidakpastian dalam eksplorasi adalah hal yang disebabkan oleh kurangnya pemahaman dan pengetahuan tentang objek sumber daya alam serta penggunaan teknologinya. Ketidakpastian terdapat pada proses planning akuisisi data, pengambilan data, pengolahan data,  interpretasi data, konseptual model geologi, model struktur geologi, dan sebagainya. Ketidakpastian terdapat pada setiap kondisi dan pada setiap aspek baik pada tahap eksplorasi, penilaian maupun pada tahap pengembangan produksi itu sendiri. Dengan adanya ketidakpastian menyebabkan munculnya sebuah resiko.

Baca Juga :  Apa itu Field Tape? Penjelasan, Tujuan Pengolahan Data Seismik dan Jenis Noise

Contoh ketidakpastian dalam eksplorasi

Pengertian Ketidakpastian dalam Eksplorasi Serta Contohnya

  • Pengetahuan cadangan sumber daya alam yang terbatas
  • Perhitungan cadangan sumber daya alam yang tidak sesuai
  • Jika ditambang penentuan jumlah kadar atau kualitas suatu bahan tambang tidak sesuai
  • Keberadaan letak sumber daya alam yang masih meraba-raba / belum pasti posisinya.
Artikel Lainnya