Peringatan Hari Jadi Kota Bandung ke 212 Berjalan Khidmat

Peringatan Hari Jadi Kota Bandung ke 212 Berjalan Khidmat, Meriah dan Antusias

Penulis: Heri Setiawan

Tepat pada Minggu 25 September 2022, Kota Bandung menginjak usia ke-212 tahun. Upacara peringatan Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) ke-212 dilaksanakan di Plaza Balai Kota Bandung dan berlangsung khidmat.

Bertugas sebagai Inspektur Upacara Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung, Tedy Rusmawan dan Komandan Upacara Kepala Satpol PP Kota Bandung, Rasdian Setiadi. Di barisan paling depan hadir Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, pimpinan Forum Kominikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja, Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna, serta Ketua PKK Kota Bandung, Yunimar Mulyana.

Peringatan Hari Jadi Kota Bandung ke 212 Berjalan Khidmat

Hadir pula sejumlah tokoh diantaranya mantan Wali Kota Bandung, Dada Rosada, mantan Wakil Wali Kota Bandung, Ayi Vivananda, sesepuh Kota Bandung, Popong Otje Junjunan.  Sejumlah anggota DPR RI, anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, anggota DPRD Kota Bandung, para rektor universitas se-Kota Bandung, Tim percepatan pembangunan Kota Bandung, para kepala OPD dan serta beberapa tamu undangan lainnya juga turut pada upacara ini.

Setelah itu . Wali Kota Bandung, Yana Mulyana juga menghadiri Sidang Paripurna Hari Jadi ke-212 Kota Bandung di Kantor DPRD Kota Bandung. Pada HJKB tahun ini, Pemkot Bandung pun turut menyerahkan sejumlah penghargaan dan bantuan kepada beberapa pihak. Yakni, penyerahan dana pendidikan, penyerahan juara Eco Office, Lomba Posyandu, Piagam ucapan terima kasih atas dukungan dan bimbingannya dalam rangka pelaksanaan Adminduk di Kota Bandung.

Peringatan Hari Jadi Kota Bandung ke 212 Berjalan Khidmat

Selanjutnya, penyerahan sertifikat rumah ibadah, penyerahan piala untuk juara cerdas cermat dokter cilik, piagam ucapan terimakasih pada pameran pasar kreatif, dan juara hasil penilaian lomba kelurahan tingkat Kota Bandung.

Pemkot Bandung telah melaksanakan berbagai acara menyambut HJKB ke-212 diantaranya Bebersih Bandung Jilid 4, Ziarah Makam Pendiri Kota Bandung, Bandung Berbagi, Doa Bersama Jelang HJKB, Bandung Great, Pentas Seni dan Olahraga, Bandung Festival Diskon, Antapani Festival Jajanan Murah dan berbagai kegiatan lainnya yang berlangsung meriah dan penuh antusias.

Peringatan Hari Jadi Kota Bandung ke 212 Berjalan Khidmat

Kemeriahan Hari Jadi Kota Bandung ke-212 dapat dilihat dari ramainya dan antusiasnya masyarakat mengikuti kegiatan dan berbagai acara yang diadakan oleh Pemkot Bandung. Seperti, Bebersih Bandung Jilid 4 yang diikuti oleh seluruh elemen masyarakat Bandung. Wajah-wajar ceria dan semringah juga terpancar dari orang-orang di kawasan Balai Kota Bandung saat hadir pada acara Pentas Seni Budaya dan Olahraga di Balai Kota Bandung.

Selain itu, antusias masyarakat mengikuti rangkaian kegiatan Hari Jadi Kota Bandng ke-212 juga dapat dilihat dari gelaran Great Bandung yang digelar pada  9, 17, 23, dan 24 September 2022. Dalam kegiatan ini Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) menyediakan stan bank sampah di Taman Dewi Sartika yang diserbu oleh masyarakat dengan antusias karena dapat berbelanja dengan harga yang relatif murah.

Terakhir, Peringatan Hari Jadi Kota Bandung ke-212 akan ditutup dengan Pergelaran Wayang dan Live Musik yang ditampilkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung berkolaborasi dengan berbagai elemen Pariwisata yang ada di Kota Bandung. Acara Pergelaran Wayang dan Live Musik rencananya akan dilaksanakan pada Oktober 2022 bertempat di Plaza Balai Kota Bandung.

Warga Bandung juga turut merasakan kebahagiaan merayakan HJKB dengan berbagai cara. Seperti yang tercermin dalam penggunaan logo HJKB yang membentuk manuk Cangkurileung. Ini sangat menggambarkan orang Bandung yang dikenal someah. Selamat Hari Jadi ke-212 untuk Kota Bandung tercinta, Bangkit Bersama untuk Bandung Juara.