Witan Sulaeman

Welcome, Witan Sulaeman! Resmi Jadi Perburuan Terakhir Persija

Witan Sulaeman

Witan Sulaeman menjadi nama terakhir yang didaftarkan Persija Jakarta untuk mengarungi ketatnya persaingan putaran kedua Liga 1 2022/2023. Dirinya menjadi pemain keempat yang didatangkan Macan Kemayoran untuk mengisi kedalaman skuad asuhan pelatih Thomas Doll.




“Witan akan berseragam merah kebesaran Persija selama 3,5 tahun atau 42 bulan ke depan,” kata Persija dalam pengumumannya, Selasa (31/1/2023). Perjalanan karier pria kelahiran Palu, Sulawesi Tengah, 21 tahun yang lalu itu sempat melewati pembinaan ilmu sepak bola di Diklat Ragunan.

Kemudian dirinya terpantau oleh pelatih Timnas U-19 saat itu, Indra Sjafri, untuk bergabung ke skuadnya. Witan Sulaeman terjun ke sepak bola professional pada periode 2019 di mana ia bermain untuk PSIM Yogyakarta di Liga 2.

Pada 2020 Witan pindah dari PSIM untuk mencicipi kehidupan sepak bola professional di Eropa. Ia bermain di Liga Serbia bersama FK Radnik Surdulica.

Selama di sana Witan hanya bermain sebanyak dua kali dan mengantongi 71 menit bermain. Setahun berselang dirinya bergabung ke klub Polandia, Lechia Gdansk, di mana rekan sekompatriot Egy Maulana Vikri juga pernah berseragam Lechia Gdansk.

Witan

Namun baru setengah musim berjalan dan belum sempat tampil, Witan dipinjamkan ke klub asal Slovakia, FK Senica. Catatan Witan di FK Senica pun menonjol.

Ia tampil membela klubnya sebanyak 12 kali, mencetak empat gol, dan satu assist. Usai dari masa peminjamannya di FK Senica pada 11 Mei 2022, Witan pindah ke klub Slovakia lainnya, yaitu AS Trencin.

Selama di AS Trencin, Witan Sulaeman bermain sebanuak 14 kali, dengan catatan empat gol dalam 458 menit bermain. Selain mempunyai catatan baik selama berkarir di level klub, Witan pun merupakan langganan Timnas.

Witan Sulaeman sudah debut di Timnas sejak usia 15 tahun tujuh bulan saat tampil di Indonesia kelompok umur U-19. Sampai saat ini Witan Sulaeman sudah mempersembahkan piala AFF U-22 2019, medali perak SEA Games 2019, dan runner up Piala AFF 2020.

Manajemen dan tim pelatih berharap pemain berjulukan Baby Shark dapat menambah daya gedor lini serang Macan Kemayoran agar lebih produktif.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Persija Jakarta (@persija)