Ringkasan Cerita Beauty and the Beast

Ringkasan Cerita Dongeng Beauty and the Beast Lengkap Amanat Cerita

Ringkasan cerita dongeng Beauty and the Beast banyak sekali dicari di internet. Hal itu wajar karena dong Beauty and the Beast termasuk dongeng populer. Saking populernya sampai dibuat menjadi film.

Tanpa panjang lebar, berikut Memora.ID buatkan ringkasan cerita dongeng Beauty and the Beast lengkap amanat cerita.

Ringkasan Cerita Beauty and the Beast

Ringkasan Cerita Beauty and the Beast

Beauty and the Beast adalah sebuah dongeng klasik yang berasal dari Prancis. Ceritanya mengisahkan tentang seorang gadis cantik bernama Belle, yang tinggal di sebuah desa kecil bersama ayahnya yang seorang penjual barang. Belle sangat cerdas dan memiliki kepribadian yang baik, namun dirinya sering merasa terasing dari masyarakat desanya karena ia sering membaca buku dan memiliki hobi yang dianggap aneh oleh orang-orang di sekitarnya.

Suatu hari, ayah Belle pergi ke sebuah istana yang terlihat kosong. Ia mencuri mawar dari taman istana dan akhirnya ditangkap oleh pemilik istana, Beast. Beast adalah seorang pangeran tampan yang telah dikutuk oleh seorang penyihir karena perilaku egoisnya. Kutukan tersebut membuatnya berubah wujud menjadi makhluk menyeramkan dan ia akan tetap menjadi seperti itu kecuali ia mendapatkan cinta sejati dari seseorang.

Belle kemudian mengetahui bahwa ayahnya telah ditawan oleh Beast, dan ia pergi ke istana untuk menyelamatkannya. Belle menawarkan diri untuk menggantikan ayahnya sebagai tawanan Beast. Meskipun awalnya Belle takut dan terkejut dengan Beast, ia kemudian menyadari bahwa di balik penampilannya yang menyeramkan, Beast sebenarnya memiliki hati yang baik.

Saat Belle tinggal di istana, ia berteman dengan para pelayan istana yang telah dikutuk menjadi barang-barang seperti cangkir dan jam dinding. Mereka sangat senang melihat Belle dan Beast saling dekat, karena mereka berharap bahwa Belle akan bisa memecahkan kutukan dan mengubah mereka kembali menjadi manusia.

Namun, Belle kemudian kembali ke desanya setelah mendapatkan kabar bahwa ayahnya jatuh sakit. Beast kemudian mengikuti Belle dan melindunginya dari serangan seorang penguntit yang bernama Gaston. Saat itu, Belle menyadari bahwa ia telah jatuh cinta kepada Beast. Namun, Beast terlambat menyadari bahwa ia juga mencintai Belle.

Setelah Gaston mencoba membunuh Beast, Belle meminta Beast untuk hidup kembali dan ia memberikan ciuman cinta sejati pada Beast. Ciuman tersebut berhasil memecahkan kutukan yang selama ini menimpanya. Beast kembali berubah menjadi seorang pangeran tampan dan Belle dan Beast hidup bahagia selamanya.

Dalam dongeng Beauty and the Beast, terdapat banyak amanat yang dapat diambil, di antaranya adalah: jangan menilai seseorang berdasarkan penampilannya, hati yang baik akan menumbuhkan kecantikan dari dalam diri seseorang, dan cinta sejati dapat mengubah segalanya.

Amanat Cerita Beauty and the Beast

Ringkasan Cerita Beauty and the Beast

Berikut adalah beberapa amanat yang terdapat dalam cerita Beauty and the Beast:

– Jangan menilai seseorang berdasarkan penampilannya: Dalam cerita Beauty and the Beast, Belle justru jatuh cinta kepada Beast meskipun penampilannya menyeramkan. Hal ini mengajarkan kita untuk tidak menilai seseorang hanya berdasarkan penampilan fisiknya.

– Hati yang baik akan menumbuhkan kecantikan dari dalam diri seseorang: Meskipun Belle tidak dianggap cantik oleh sebagian orang di desanya, namun kepribadian baiknya dan hatinya yang penuh kasih membuat Belle menjadi cantik di mata Beast dan orang lain di sekitarnya. Ini mengajarkan kita untuk menghargai dan merawat kecantikan dalam diri seseorang yang berasal dari hati.

– Jangan memandang rendah orang lain: Gaston, seorang karakter dalam cerita, seringkali memandang rendah Belle dan Beast. Namun, pada akhirnya dia sendiri yang melakukan tindakan buruk dan kejam. Ini mengajarkan kita untuk tidak memandang rendah orang lain dan memperlakukan mereka dengan baik.

– Cinta sejati dapat mengubah segalanya: Cerita Beauty and the Beast menunjukkan bahwa cinta sejati bisa mengubah orang dan situasi yang sulit. Cinta yang tulus antara Belle dan Beast berhasil memecahkan kutukan yang telah menimpa Beast selama bertahun-tahun. Ini mengajarkan kita untuk percaya bahwa cinta sejati memiliki kekuatan besar dan dapat mengubah segalanya.

Tentang Penulis

memora.id
memora.id
Please be memorable with us
Tulisan Terakhir