50 Kata-kata bijak Bernard Batubara, Penuh Cinta

Kata-kata bijak Bernard Btubara begitu penuh cinta disampaikan di buku-bukunya maupun di media sosialnya. Bernard Batubara lahir di Pontianak, 9 Juli 1989. Di usianya yang ke-30, Bernard sudah menghasilkan kata-kata bijak Bernard Batubara di berbagai platform. Selain penulis, Bernard Batubara juga aktif sebagai editor dan enterprener. Wajar saja jika kata-kata bijak Bernard Batubara terkadang berasal dari pengalaman pribadinya.

Buku terakhir yang Bernard Batubara terbitkan berjudul Espresso yang diterbitkan oleh Gagas Media dan sebelumnya pernah tayang di platform digital Storial.co. Keterampilan Bernard Batubara membuatnya memiliki banyak kata-kata bijak yang sangat nikmat untuk dibaca. Terkadang kata-kata bijak Bernard Batubara bisa menimbulkan rasa galau karena terlalu penuh perasaan.

Penasaran kan bagaimana kata-kata bijak Bernard Batubara yang penuh cinta? Berikut Memora.id rangkum dari tweet @benzbara_ dan berbagai sumber lainnya, kata-kata bijak Bernard Batubara.

Bernard Batubara (instagram.com/benzbara_)

1. Cuek itu lebih baik daripada terlalu banyak mendengarkan.

2. Maafkan dirimu yang terlalu punya banyak mau. Tidak perlu menghukum dirimu sendiri dengan membatasi kemauannya sebegitunya. Tetap lakukan saja apapun yang kamu inginkan. Waktu akan membuatmu tahu dan sadar, mana yang bisa diseriusin, mana yang hanya bercandaan.

3. Satu kebohongan akan diikuti dengan kebohongan lain. Jadi ketika kamu sukses, suksesmu berdiri di atas serangkaian kebohongan.

4. Jangan pernah lupa pada orang-orang yang berjasa di sekelilingmu, membawa hidupmu ke tingkat yang lebih baik. Kita tidak pernah sukses sendirian.

5. Tuhan selalu kelihatan tidak adil kalau kita lagi kesal. Setelah amarah mereda dan pikiran jalan, kita baru tahu ternyata Tuhan selalu adil.

6. Kau lah yang memiliki kuasa atas dirimu sendiri. Jalan yang kau lihat akan selalu gelap kalau kau memandangnya demikian. Aku percaya di dalam hatimu masih ada matahari kecil yang kau tutupi. Bukalah sejenak, Fa. Dan kau akan menyadari betapa indahnya pelangi yang selama ini kau hindari. Perasaanmu itu.

7. Cinta itu hitam dan putih ada gelap dan terang. Cinta gak selamanya penuh keindahan dan kejelasan, tetapi juga punya bagian gelap yang selalu bikin tersesat.

8. Balikan lagi sama mantan tuh ibarat mungut lagi bekas makanan yang udah lo buang. Mau lo makan lagi? Hebat!

9. Seperti lukisan yang sangat indah, namun tak terjelaskan. Seperti rasa perih dan kehilangan yang tersamarkan oleh cinta yang sebentar.

10. Gak selamanya cinta itu penuh kejelasan. Gak selamanya cinta itu pasti, pasti hitam dan pasti putih. Pasti menderita dan pasti bahagia. Pasti jatuh cinta dan pasti gak jatuh cinta. Pasti senang dan pasti kecewa. Pasti jadian dan pasti putus.

11. Sesuatu yang berwujud satu, tetapi memiliki dua nama: luka dan kenangan. Yang satu membuatmu ingin melangkah jauh, yang satu lagi memaksamu untuk mendekat lagi. Tarik menarik antara mereka biasa kau sebut: cinta.

12. Pengkhianatan lebih menyakitkan daripada maraton bertelanjang kaki, kau tahu? Katakan kepadaku apa yang lebih buruk daripada seorang sahabat yang merebut kekasihmu?

13. Aku duduk di pinggir trotoar depan sekolah. Aku menggambar. Aku duduk menggambar setiap sore. Aku menggambar sendirian. Tidak ada yang menemani aku. Aku tidak punya teman. Aku punya pensil dan penghapus. Aku punya spidol dan penggaris. Aku punya krayon dan buku gambar. Aku punya buku catatan dan kertas-kertas. Aku punya bujur sangkar. Aku tidak punya teman.

14. Cinta gak selalu hitam dan putih, gak selalu hanya aku dan kamu.

15. Aku hanya setitik embun dan menemanimu sebentar saja, setelah itu aku akan menguap atau jatuh ketanah dan mati.

16. Cinta adalah menutupi kekhawatiranmu demi ketenangan orang yang kamu cintai.

17. Aku bingung. Memangnya cinta harus selalu menanti?

18. Apa artinya luka kalau ia tidak memberikanmu pelajaran apa apa.

19. Hanya orang yang paling mencintaimu, yang mampu membunuhmu.

20. Ah, betapa hanya perlu sepasang mata untuk membuat seseorang jatuh cinta semakin jauh, semakin dalam.

21. Kenangan itu keparat. Ia tidak akan berhenti menyerang kepalamu, bahkan semakin beringas tepat pada saat kamu berusaha untuk melupakannya.

22. Kepada daun; sebagai setitik embun, tak ada yang bisa kuberikan selain sejuk tubuh rapuhku. Aku akan segera mati, cintailah embun yang lain. (setitik embun)

23. Cinta adalah membiarkan semesta merawatmu saat kamu merawat orang yang kamu cintai.

24. Pacar lebih merepotkan ketimbang senjata.

25. Aku heran. Memangnya cinta hanya bisa untuk satu? Tidak bisa dua, tiga, atau empat?

Kata-kata Bijak Bernard Batubara

26. Bagaimana mungkin kita saling jatuh cinta, namun ditakdirkan untuk tidak bersama?

27. Banyak hal indah memang hanya berlangsung untuk sementara.

28. Sabar itu ujian dari Tuhan, dan berlangsung selamanya.

29. Aku nggak berani berharap untuk mendapatkan lebih dari yang aku punya.

30. Andaikata kita selalu ingat bahwa kita adalah manusia, kita akan sadar bahwa masalah kita sebetulnya sama, begitu-begitu saja, meskipun mungkin warna kulit, agama, dan suku kita berbeda. Ingatlah, kita sama manusia, kita sama menderita. Karena itu, kita sama boleh berbahagia.

31. Beragama harusnya membuat orang menjadi damai, bersikap baik dan mendamaikan perasaan orang di dekatnya. Jika yang terjadi malah sebaliknya, kita patut bertanya agama apa sebenarnya yang sedang ia yakini.

32. Tantangan hidup di zaman sekarang adalah bersabar menjadi orang yang paling tidak tahu, di antara banyak orang yang merasa serba tahu.

33. Jadi manusia itu enggak harus selalu updated, terutama ketika kita ingat kita lagi hidup di zaman semua orang berlomba-lomba untuk tahu hal baru.

34. Andaikata pria tahu nikmatnya bersetia kepada pasangannya jauh hari sebelum ia berselingkuh, ia tidak akan kepikiran untuk mencoba berselingkuh meskipun hanya satu kali.

35. Manusia harus senantiasa sadar posisi. Ia sedang berada di mana, bekerja sebagai apa, dan apa fungsinya. Manusia yang lupa akan ketiga hal tersebut pasti akan merugikan manusia-manusia lain. Contoh kasus: seorang customer service yang melayani kliennya dengan sikap ketus.

36. Betapa beratnya jujur dan mengungkapkan kebenaran. Sebab mereka adalah hal-halyang pahit. Dan tidak semua orang menyukai kepahitan.

37. Jarak tidak selalu buruk, ia memberi waktu dan kesempatan kepada kita untuk berpikir ulang.

38. Jatuh cinta sendirian buat aku udah cukup.

39. Orang yang sedang jatuh cinta punya rasa penasaran yang bahkan membunuh seekor harimau bengali.

40. Cinta adalah manis. Cinta adalah terang. Cinta adalah putih. Cinta adalah senyum. Cinta adalah tawa.

41. Cinta gak selalu tegas. Ketika ia berakhir, pasti ada yang tersisa. Saat ia putus, masih ada sesuatu yang tersambung, terhubung.

42. Hanya perlu sepasang mata untuk membuat seserorang jatuh cinta semakin jauh, semakin dalam.

43. Kau hanya mengaguminya dari permukaan bumi dan perasaan kalian hanya muncul di satu sisi. Hanya di sisimu.

44. Cinta adalah menyembunyikan rasa sakitmu demi kesembuhan orang yang kamu cintai.

45. Mencintai dan dicintai kan hak setiap manusia. Selama mereka berbahagia, seharusnya semua baik-baik saja.

46. Hati-hati kalau bercanda. Nanti tidak ada yang menyeriusimu.

47. Kebahagiaan tidak didapatkan dengan menuruti keinginan orang lain.

48. Semua orang pernah mengalami kehilangan, tapi yang lebih penting gimana kamu jalanin hidup setelah itu.

49. Cinta sejati. Walau yang cinta cuma di satu sisi, tetap saja setia.

50. Yang tua selalu mau permintaannya dituruti dan tidak pernah menerima jika dibantah, meski mereka tahu sebenarnya mereka salah.

Sumber: Twitter @benzbara_ dan buku-buku tulisan Bernard Batubara.

Artikel Lainnya