Cara Mencegah Virus Corona, Tak Hanya Cuci Tangan

Cara mencegah Virus Corona adalah upaya yang dilakukan agar diri tidak tertular. Seperti diketahui virus corona sangat cepat penyebarannya Virus yang disebut COVID-19 sudah menginfeksi banyak orang. Bahkan karena penularan yang cepat sehingga banyak negara yang memberlakukan Lockdown.

Virus corona pertama kali muncul di Wuhan China. Virus tersebut disebabkan oleh Novel Coronavirus 2019 (2019-nCov). Awalnya virus ini diperkirakan dari hewan ke manusia. Namun seiring berjalannya waktu virus ini juga sangat cepat menginfeksi dari manusia ke manusia.

Saat ini virus corona cukup meresahkan warga dunia. China dan Italia menjadi negara paling banyak kasus corona. Virus corona juga sudah menginfeksi warga di Indonesia dan kasusnya mencapai 100 lebih. Akibatnya banyak orang mencari cara mencegah virus corona.

Berikut Memora.id rangkum dari berbagai sumber, cara mencegah virus corona, Rabu (18/3/2020).

1. Rutin Mencuci Tangan

pixabay.com

Cara mencegah virus corona yang efektif adalah rutin mencuci tangan. Meski terlihat sederhana namun mencuci tangan memang terbukti cegah virus corona tetap hidup. Namun cara mencuci tangan yang benar juga harus diperhatikan.

Cuci tangan yang benar adalah menggunakan air yang terus mengalir. Selain air, kamu harus menggunakan sabun atau hand sanitizer setidaknya selama 20 detik. Bagian tangan yang dicuci harus bersih meliputi pergelangan tangan, punggung tangan, sela-sela jari hingga kuku. Setelah mencuci tangan, pastikan gunakan tisu atau handuk yang bersih.

Hand sanitizer juga disebut efektif membersihkan tangan agar mencegah virus corona. Namun hal yang harus diperhatikan adalah menggunakan hand sanitize dengan kandungan alkohol minimal 60%. Dengan kandungan alkohol tersebut terbukti efektif membunuh kuman penyakit.

Berikut video cara mencuci tangan yang benar menurut WHO.

2. Terapkan pola hidup sehat.

pixabay.com

Cara mencegah virus corona kedua adalah menjaga daya tahan tubuh. Cara menjaga daya tahan tubuh ialah dengan mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan. Selain itu makanan proterin seperti telur, ikan hingga daging tanpa lemak juga sangat penting untuk dikonsumsi.

Tak hanya makanan sehat, pola hidup sehat juga harus diterapkan. Contohnya dengan rutin berolahraga, tidur yang cukup, tidak mengonsumsi minuman beralkohol serta tak merokok. Hal tersebut terbukti efektif meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah penularan virus corona.

WHO mengimbau untuk selalu menjaga keamanan pangan sebelum dikonsumsi. Pastikan makanan yang akan dimakan dicuci bersih. Selain itu saat dimasak, pastikan makanan tersebut matang dengan sempurna. Dianjurkan agar tidak memakan hewan yang sakit dan telah mati karena penyakit. Hal tersebut bisa saja menularkan virus-virus yang mengancam daya tahan tubuh.

3. Gunakan Masker

pixabay.com

Cara mencegah virus corona selanjutnya adalah proteksi diri. Cara proteksi diri adalah dengan menggunakan masker. Masker yang dianjurkan untuk dipakai dalam upaya mencegah virus corona adalah masker bedah dan masker N95.

Masker bedah bisa dipakai dengan cara menggunakan sisi berwarna pada masker menghadap keluar. Sisi dalam masker yang berwarna putih menutupi wajah, dagu, hidung dan mulut. Sisi dalam berwarna putih ini terbuat dari material yang bisa menyerap kotoran dan efektif menyaring udara.

Penggunakan masker bedah terbukti efektif bisa menurunkan risiko terinfeksi virus corona. Namun penggunaan masker disarankan untuk orang yang dalam kondisi sakit. Hal tersebut terkait daya tahan tubuh yang lebih rentan dibanding orang yang sehat seperti biasanya.

Masker N95 juga disarankan untuk digunakan. Masker ini didesain khusus agar bisa menyaring partikel berbahaya yang ada di udara. Dengan memakai masker N95 kamu akan lebih efektif mencegah virus corona. Harap diperhatikan, setelah melepas masker ada baiknya langsung mencuci tangan.

4. Hindari keramaian dan minimalisir kontak dengan hewan

pixabay.com

Cara mencegah virus corona yang terakhir adalah upaya menghindari keramaian. Dengan menghindari keramaian, kamu bisa memutus rantai penyebaran virus corona hingga obat atau vaksin ditemukan. Selain itu kontak dengan hewan sebisa mungkin diminimalisir.

Seperti diketahui, awal mula virus corona menyebar ialah karena adanya indikasi terinfeksi dari hewan. Hewan memang kurang begitu bersih hingga menjadi media yang bai untuk virus corona menyebar dan menginfeksi. Hal ini membuat manusia harus sebisa mungkin tidak kontak dengan hewan.

Selain itu kamu harus memperhatikan daging hewan yang hendak dimakan. Pastikan hewan tersebut bukan hewan yang mati karena sebuah penyakit. Saat memasak harus diperhatikan pula tingkat kematangan daging agar aman dikonsumsi. Dengan cara ini diharapkan efektif sebagai cara mencegah virus corona.

Artikel Lainnya