Karakteristik MapInfo dan Metode Gridding

Penjelasan Map Info

MapInfo adalah software pengolahan Sistem Informasi Geografis (SIG). MapInfo digunakan untuk SIG karena memiliki karakteristik yang cocok untuk memetakan informasi geografis. Selain itu MapInfo mudah digunakan, harga relatif terjangkau, tampilan interaktif dan dapat diatur dalam bahasa skrip.

Pembentukan peta di MapInfo dapat diilustrasikan secara analog. Dalam MapInfo suatu table dapat digambarkan sebagai satu lembar dari suatu pekerjaan dengan mengggabungkan dari beberapa lembar yang disusun secara bertumpuk.

Istilah yang biasa digunakan untuk susunan lembar adalah layering. Setiap lembar adalah layer yang dapat digabungkan dan di cocokan untuk membentuk suatu peta. Alhasil, selanjutnya bisa dilakukan analisa peta yang terbentuk dari pekerjaan tersebut.

Satu hal yang perlu diingat adalah ketika MapInfo melakukan redraw peta ialah layer yang tersusun paling bawah kemudian ke layer di atasnya, dan begitu pun sebaliknya. Adapun Karakteristik MapInfo di paparkan di bawah ini.

a. Graphical User Interface yang bersifat umum

User interface dari GUI versi MapInfo ialah hal identik yang dapat membaca semua platform yang di dukung oleh MapInfo. Sehingga user dapat dengan mudah membuka data pada platform yang berlainan.

b. Table structure

Struktur data binary MapInfo ialah hal identik dengan semua platform yang didukung oleh MapInfo. Data dapat dibuka dan dibaca oleh platform yang berbeda, dan dapat didstribusikan melalui network ke user lain tanpa diterjemahkan terlebih dahulu.

c. Grafik yang dintegrasikan dengan basis data

Istilah yang paling tepat untuk menggambarkan MapInfo adalah “geographic or graphic database”. MapInfo menggunakan basis data secara tekstual yang diintegrasikan dengan data grafiknya.

Metode Gridding

Dalam pembuatan peta topografi bisa menggunakan beberapa metode, salah satunya metode griding. Metode gridding adalah metode yang digunakan utnuk menentukan parameter prosedur dalam interpolasi. Perbedaan dalam tiap-tiap metode gridding adalah rumus algoritma matematika yang digunakan untuk menghitung garis penggal dalam suatu interpolasi.

Setiap metode memiliki hasil yang berbeda, sesuai dengan representasi yang diinginkan oleh pembuat peta. Ada setidaknya 12 metode gridding. Adapun contoh hasil peta 12 metode gridding digambarkan seperti dibawah ini,

Perbedaan hasil penggunaan metode gridding pada Mapinfo
Artikel Lainnya