Review Buku Resign! Karya Almira Bastari

Judul: Resign!
Karya: Almira Bastari
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2018
Jumlah Halaman: 288

Sinopsis

Kompetisi sengit terjadi di sebuah kantor konsultan di Jakarta. Pesertanya adalah para cungpret, alias kacung kampret. Yang mereka incar bukanlah penghargaan pegawai terbaik, jabatan tertinggi, atau bonus terbesar, melainkan memenangkan taruhan untuk segera resign!

Cungpret #1: Alranita
Pegawai termuda yang tertekan akibat perlakuan sang bos yang semena-mena.

Cungpret #2: Carlo
Pegawai yang baru menikah dan ingin mencari pekerjaan dengan gaji lebih tinggi.

Cungpret #3: Karenina
Pegawai senior yang selalu dianggap tidak becus tapi terus-menerus dijejali proyek baru.

Cungpret #4: Andre
Pegawai senior kesayangan si bos yang berniat resign demi dapat menikmati kehidupan keluarga yang lebih normal dan seimbang.

Sang Bos: Tigran
Pemimpin genius, misterius, dan arogan, tapi sukses dipercaya untuk memimpin timnya sendiri pada usianya yang masih cukup muda.

Resign sebenarnya tidak sulit dilakukan. Namun kalau kamu memiliki bos yang punya radar sangat kuat seperti Tigran, semua usahamu pasti akan terbaca olehnya. Pertanyaannya, siapakah yang akan menang?

Interested Thing

Selesai halaman terakhir, saya masih senyum-senyum sendiri dengan tidak jelas. Buku karya Almira Bastari ini sangat menghibur. Secara kesuluran, detail penulisan sangat rapi. Kehidupan di kantor di kulik dengan sangat baik. Tidak saya temukan sekat-sekat di antara bab-babnya. Mengalir di tiap bab, menjadi kekuatan buku berjudul Resign ini.

Pergosipan antar karyawan (disebutnya cungpret) terasa sangat dekat. Bahkan penjabaran grup WA yang dibuat mereka sangat asyik untuk diikuti. Saya akui, saya sudah menebak endingnya sejak awal. Namun saya menantikan kejutan-kejutan Almira tentang men-deliver sejauh mana cerita yang dibuatnya. Nyatanya, saya bisa sebut, Almira berhasil dengan sangat rapi. Saya ulangi, sangat-sangat rapi. Saya sangat menikmatinya. Wajar saja, jika saya sebut Almira sebagai penulis yang masuk dalam daftar favorit saya.

Best Moment

Selesai membaca buku ini, ada beberapa adegan yang menurut saya sangat memorable. Tak cuma memorable, tapi cukup manis. Pertama yang masih saya ingat adalah saat Tigran mengetahui Alranita melamar perusahaan lain, hingga di dalam mobil hanya bisa terdiam.

Selain itu yang sangat memorable adalah momen di Langkawi. Tigran yang memfotokan Alranita apa adanya sungguh sangat membuat ketawa. Sikap sok acuh Alranita sungguh membuat saya sangat tertarik untuk membaca lebih dan lebih. Apalagi saat Alranita ada di air terjun, duh enggak paham lagi!

Momen yang menurut saya paling kena adalah saat Tigran ajak makan Alranita ke MCD saat di Bali. Dan ‘filosofi’ kulit ayam sungguh sangat menakjubkan. Dua jempol untuk penulis!. Cara penutupan ending juga sangat bisa ketawa lepas. Enggak ngerti lagi deh, semenghibur itu!

Memoscore

Jujur, saya tidak menemukan banyak titik hitam dari novel ini. Sangat rapi penulisannya. Mungkin satu hal yang agak kurang adalah konfliknya. Mungkin itu karena genrenya yang metropop. Overall sangat oke dan menyegarkan. Untuk score, Resign! karya Almira Bastari saya beri nilai 9 dari 10.

Artikel Lainnya