8 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut, Atasi Kerontokan

Manfaat lidah buaya untuk rambut memang banyak dicari orang. Seperti diketahui dari lidah buaya yang mengandung banyak vitamin untuk tubuh. Lidah buaya kaya akan aloe vera yang menganduk vitamin A, C, E dan B12. Selain itu Aloe Vera juga terdapat asam amino esensial, asal lemak dan mineral tembaga dan zink.

Aloe vera dapat membantu rambut mendapatkan nutrisi kembali. Tak cuma membuat rambut sehat dari kerusakan, aloe vera juga akan membuat rambut tubuh subur. Wajar jika manfaat ini kerap digunakan untuk menebalkan rambut di wajah seperti alis ataupun bulu mata. Namun selain kedua manfaat tersebut, masih ada hal lain tentang manfaat lidah buaya.

Lidah buaya bisa digunakan secara alami ataupun menggunakan hasil produk olahannya seperti masker ataupun gel. Untuk cara menggunakannya secara alami adalah dengan mengupas ulit aloe vera berwarna hijau dan ambil gel bening dalam daun lidah buaya. Setelah itu gunakan pada rambut dan biarkan selama satu jam. Harap setelah mengoleskan pada rambut kemudian bila rambut dengan sampo.

Mengingat lidah buaya sangat bermanfaat bagi rambut, Berikut Memora.id rangkum dari berbagai sumber, manfaat lidah buaya untuk rambut.

Perbaiki kerusakan dan redam gatal

pixabay.com

1. Perbaiki kerusakan rambut.

Manfaat lidah buaya untuk rambut yang pertama adalah cegah kerusakan dalam rambut. Rambut yang rusak biasanya identik dengan kondisi kasar, kering dan bercabang.

Penyebab kerusakan tersebut karena terpapar sinar matahari terlalu sering. Dengan kandungan aloe vera yang kaya vitamin, lidah buaya bisa menjadi opsi alami yang cocok untuk perbaiki kerusakan rambut.

2.  Gatal di kulit kepala bisa diredam

Manfaat lidah buaya untuk rambut selanjutnya adalah bisa kurangi rasa gatal pada area kepala. Rasa gatal tersebut biasanya muncul karena dermatitis seboroik. Dermatitis seboroik merupakan istilah untuk menyebut kata ketombe.

Ketombe memang terkenal sangat menganggu kepala. Namun dengan asam lemak yang ada di aloe vera lidah buaua, akan menetralkan hal tersebut dan meredam rasa gatal yang ada di kepala.

Kendalikan minyak dan perkuat sel

pixabay.com

3. Produksi minyak berlebih bisa dikendalikan

Rambut berminyak bisa dikendalikan menjadi manfaat lidah buaya untuk rambut. Minyak yang melimpah biasanya akan muncul di kulit kepala karena penggunaan produk-produk perawatan rambut.

Efek minyak berlebih, tentunya akan muncul ketombe dan rasa gatal. Produk minyak bisa dikendalikan dengan oleskan lidah buata ke rambut secara teratur.

4. Perkuat sel rambut

Manfaat lidah buaya untuk rambut selanjutnya adalah sel rambut menjadi kuat. Dengan kandungan vitamin A, C, dan E akan bermanfaat perkuat sel-sel dalam rambut.

Efeknya pada rambut akan lebih kuat dan tidak mudah rontok. Helaian rambut menjadi tidak mudah patah.

Cegah rontok dan rambut berkilau

pixabay.com

5. Cegah rambut rontok

Rambut rontok tentu menjadi momok bagi perempuan. Namun rambut rontok bisa dihindari karena menjadi manfaat lidah buaya untuk rambut selanjutnya.

Kandungan B12 dan asam folat akan menutrisi rambut agar tetap sehat dan kuat. Hal tersebut membuat risiko rambut rontok menjadi berkurang.

6. Rambut berkilau

Manfaat lidah buaya yang keenam adalah rambut menjadi berkilau. Kilauan rambut ini dikarena vitamin A, C, E yang menutrisi rambut agar terlihat lebih hitam berkilau. Rambut berkilau juga menjadi indikasi rambut yang sehat dan tidak mudah rontok.

Rangsang pertumbuhan dan pertebal alis

pixabay.com

7. Rangsang pertumbuhan rambut

Rambut yang tebal menjadi salah satu idaman banyak orang. Hal tersebut menjadi manfaat lidah buaya untuk rambut yang ketujuh.

Lidah buaya sudah terbukti bisa merangsang pertumbuhan rambut. Oleskan secara teratur pada kulit rambut, akan membuat pertumbuhan rambut menjadi lebih pesat dibanding kondisi normal.

8. Tebalkan alis dan bulu mata

Tak hanya bermanfaat bagi rambut di kepala, nyatanya manfaat lidah buaya untuk rambut terakhir adalah efektif tebalkan alis dan bulu mata.

Alis dan bulu mata akan terangsang dengan baik pertumbuhannya. Kandungan vitamin A, C, E, B12 dan asam amino esensial akan membuat alis dan bulu mata tebal secara alami.

Artikel Lainnya