8 Destinasi Wisata di TamanSari Kota Bandung yang Hits dan Wajib Dikunjungi

[tulisan ditulis oleh kontributor: Heri Setiawan, ig: @udarang21]

Jika di kota Yogyakarta terdapat sebuah situs bekas taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan biasa disebut dengan Tamansari. Di kota kembang Bandung juga terdapat daerah bernama Tamansari yang jadi pusat wisata hits yang kekinian dan wajib dikunjungi.

Sejak tahun 1920’an, para arsitek Kota Bandung membangun sebuah taman botani, yang terdiri dari berbagai macam tanaman, dan pepohonan, yang diberi nama Jubileumpark. Jubileumpark inilah yang menjadi asal muasal daerah Tamansari di kota Bandung.

Dikawasan ini dibangun sebuah jalan yang menjadi batas selatan dari Lebak Gede yang disebut dengan Jalan Huygenweg atau sekarang dikenal Jalan Tamansari. Menariknya di Tamansari ini arak antara satu destinasi dengan destinasi lainnya tidak terlalu berlalu berjauhan.

1. Jembatan Pasopati

hak istimewa penulis

Meskipun hanya bisa dilewati sembari berfooto selfie, Jembatan Pasopati dikenal sebagai salah satu ikon Kota Bandung. Jika anda ingin melihat kemegahan jembatan pasopati hanya bisa dilakukan sambil berkendara, karena tidak diperkenankan untuk turun dari kendaraan dan berselfie ria.

Jembatan megah yang berdiri di pusat kota ini menjadi salah satu destinasi wisata Tamansari terutama dbagian bawah jembatannya. Di bawah Jembatan Pasopati juga terdapat tempat arena wisata menarik yang bisa dikunjungi seperti Taman Film, Taman Jomblo dan Taman Skateboard yang selalu ramai dikunjungi oleh berbagai wisatawan.

2. Villa Merah

hak istimewa penulis

Usai dari Jembatan Pasopati dan nongkrong di Taman Fillm, selanjut wisatawan bisa singgah di Villa Merah. Villa Merah merupakan salah satu destinasi wisata heritage yang ada di Jalan Tamansari Kota Bandung.

Bangunan Villa Merah sudah berdiri sejak tahun 1922 dan bahan-bahan yang digunakan untuk membangun villa ini diimpor langsung dari Belanda. Batu batanya dibawa dari Negeri Belanda menggunakan kapal laut. Selama lebih dari 40 tahun, hingga 1995 Villa Merah menjadi asrama mahasiswa ITB yang lalu dialihfungsikan sebagai bagian perkantoran ITB. 

3. Bandung Zoo

hak istimewa penulis

Selesai menikmati bangunan heritage selanjutnya wisatawan bisa menuju Bandung Zoo yang tidak terlalu jauh dari Villa Merah. Bandung Zoo merupakan kebun binatang yang luas kawasannya sekitar 14 hektar dengan Koleksi satwa lebih dari 800 individu dari kelas mamalia, aves, reptil & ikan.

Destinasi wisata Tamansari di Kota Bandung ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga. Bandung Zoo memiliki fasillitas yang lengkap serta koleksi satwa yang kerap menjadi lokasi pendidikan dan penelitian.

4. Kebun Seni Tamansari

hak istimewa penulis

Selesai dari Bandung Zoo, tepat di sampingnya terdapat Kebun Seni yang bisa dijadikan wisata belanja oleh wisatawan. Kebun seni Tamansari merupakan tempat berburu karya seni terbaik seperti seni lukis dan seni pahat di Kota Bandung.

Destinasi wisata di Kebun Seni Tamansari juga menyuguhkan beragam atraksi permainan tangan seniman saat membuat sebuah mahakarya kepada pengunjung yang datang. Selain itu, kebun seni Tamansari juga kerap jadi pusat kesenian di Kota Bandung dan tempat diadakan beragam acara bertema seni di Kota Bandung.

5. Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Bandung

hak istimewa penulis

Berjalan 20 langkah dari pintu masuk Kebun Seni Taman Tamansari bisa langsung menuju BATAN.  Badan Tenaga Nuklir Nasional atau BATAN Bandung juga menjadi salah satu destinasi wisata edukasi di Kota Bandung.

Pada tahun 2019 lalu BATAN Bandung telah diresmikan menjadi tempat wisata edukasi tentang teknologi nuklir untuk wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung. Di BATAN Bandung ini, para wisatawan akan diajak berkeliling gedung BATAN Bandung mulai dari melihat hasil dari pemanfaatan teknologi nuklir hingga ke ruang rekator.

6. Institut Teknologi Bandung (ITB)

hak istimewa penulis

Gedung BATAN tepat barada di depan kampus ITB (Institut Teknologi Bandung), bagi wisatawan yang ingin berkunjung atau berminat untuk belajar di salah satu kampus terbaik di Indonesia ini bisa sejenak singgah atau mampir di ITB.

Wisatawan bisa melihat budaya belajar mahasiswa ITB sembari mengunjungi beberapa spot wisata seperti Plaza Widya Nusantara (Labtek Kembar), Monumen Persahabatan, Kolam air mancur indonesia tenggelam (Intel), Taman Ganesha, Mesjid Salman dan Kantin Salman.

7. Tamansari Food Fest

hak istimewa penulis

Bagi wisatawan yang lapar usai singgah ke berbagai destinasi tidak ada salahnya untuk berburu kuliner di Tamansari Food Fest. Tamansari Food Fest merupakan tempat berkumpulnya mahasiswa ITB Bandung dan menikmati sajian beragam makanan yang menggugah selera.

Tamansari Food Fest dikenal sebagai pusat kuliner di Kota Bandung khususnya ala mahasiswa ITB. Kawasan yang diresmikan oleh Ridwan Kamil ini menjadi salah satu tempat jajanan khushus kaki lima yang dikenal enak dan nyaman. Setiap harinya kawasan ini selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung hingga wisatawan.

8. Babakan Siliwangi Skywalk

hak istimewa penulis

Terakhir, Wisatawan bisa menuju Babakan Siliwangi atau yang dikenal dengan sebutan Baksil. Baksil merupakan salah satu kawasan hutan kota yang dianggap sebagai warisan alam bagi kota Bandung.

Hutan kota Babakan Siliwangi dilengkapi forest walk sepanjang kurang lebih 2 kilo meter. Forest walk ini diklaim sebagai salah satu paling panjang di ASEAN. Salah satu momen menarik saat datang Baksil ialah menyusuri Forest Walk yang asri dan rindang serta udara yang bersih.

Artikel Lainnya