Jelajah Kota Bandung, 1 Hari Menyusuri Wisata di Cigadung

[tulisan ditulis oleh kontributor: Heri Setiawan, ig: @udarang21]

Cigadung merupakan salah satu nama jalan yang berada di Kota Bandung, Jawa Barat. Cigadung juga dikenal sebagai kawasan kreatif dan co–working space. Di sepanjang jalan ini terdapat beberapa tempat destinasi wisata kreatif dan tempat makan baik itu restoran maupun cafe yang selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Selain itu kawasan yang terletak di dataran tinggi ini juga menyajikan pemandangan yang menakjubkan dan membuat siapapun akan betah berlama-lama. Pada tahun 2020 Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung fokus mengembangkan kampung wisata kreatif dan co–working space. Cigadung menjadi Bandung Crative Belt pertama yang digagas oleh Disbudpar Kota Bandung pada tahun 2020 ini.

Wisatawan dapat mengunjungi beragam destinasi wisata kreatif yang telah kami siapkan di jelajah Kota Bandung, 1 hari menyusuri wisata di Cigadung.

1. Rumah Batik Komar

Instagram @batikkomar

Rumah Batik Komar beralamat di Jalan Cigadung Raya Timur No.1 No.5, Cigadung, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung yang bisa menjadi pilihan pertama wisatawan untuk berkunjung. Rumah Batik Komar sudah berdiri sejak tahun 1998 dan menjadi salah satu destinasi wisata kreatif saat berkunjung di Kota Bandung. Rumah Batik Komar menyajikan pertunjukan dalam proses pembuatan batik yang menarik.

Di sini pengunjung bisa mengapresiasi proses membatik mulai dari memunculkan ide, mengeksplorasi sebuah gagasan untuk diwujudkan menjadi sketsa desain batik sampai menjadi batik, mencanting hingga pewarnaan yang tentunya akan menjadi pengalaman yang mengesankan. Hasil dari kreasi para pengunjung bisa dijadikan oleh-oleh dari Rumah Batik Komar.

2. C59

C59.co.id

C59 berada Jalan Cigadung Raya Timur No.107, Cigadung, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung. C59 dikenal sebagai salah satu brand yang menjadi pionir dalam industri clothing Tanah Air. C59 didirikan oleh Bapak Marius Widyarto atau biasa disapa Pak Wiwied. Hingga kini industri kreatif C59 ini sudah dikenal secara nasional hingga mancanegara. 

Nama C59 berawal dari Gang Caladi nomor 59 Kota Bandung yang akhirnya menjadi merk industri kreatif ini. Di C59 pengunjung akan diajak berkeliling pabrik dengan program Wisata Kreatif C59. Wisatawan dapat melihat secara menyeluruh, tahapan proses produksi T-Shirt, workshop dan seminar sesuai paket yang dipilih. C59 bisa menjadi salah satu destinasi kreatif favorit yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Bandung.

3. Rumah Budaya Rosid

disbudpar.bandung.go.id

Sekitar 5 menit perjalanan dari C59 wisatawan bisa melanjutkan untuk mengunjungi Rumah Budaya Rosid. Rumah Budaya Rosid beralamat di Jalan Cigadung Raya Tengah No.42, Cigadung, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung.Hawa sejuk Cigadung menambah suasana asri khas perdesaan yang sudah terasa ketika langkah kaki  memasuki gapura Rumah Budaya Rosid.

Di Rumah Budaya Rosid terdapat ribuan koleksi benda tradisional masyarakat Sunda ditambah suasana yang tenang, damai dan bersahaja. Selain menikmati koleksi beragam alat tradisional dan tempo dulu, di Rumah Budaya Rosid para pengunjung akan diajak untuk memasuki Studio Rosid yang penuh dengan lukisan menawan. Di sini para pengunjung juga akan diajarin melukis mulai denga kreativitas masing-masing.

4. Minen Leather

Instagram @minenleather

Selesai dari Rumah Budaya Rosid wisatawan bisa melanjutkan ke Minen Leather. Minen Leather beralamat di Jalan Alfa II No.8, Cigadung, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung. Minen Leather merupakan salah satu produsen merek sepatu terbaik di Kota Bandung. Produk dan karya dari Minen Leather dikenal sebagai produk sepatu ekslusif dengan bahan kulit berkualitas.

Proses pembuatan sepatu dari Minen Leather dilakukan secara homemede atau rumahan. Uniknya lagi, inspirasi model-model sepatu yang dibuat oleh Minen Leather terinspirasi dari Negeri Sakura, Jepang.  Di sini pengunjung dapat melihat proses pembuatan dan membeli sepatu kualitas terbaik dari Minen Leather. Selain sepatu, Minen Leather juga membuat beragam produk lainnya seperti tas dengan kualitas yang sangat baik.

5. Urbane Indonesia

Instagram @urbane.indonesia

Urbane Indonesia dikenal sebagai salah satu destinasi wisata kreatif dan edukatif di Kota Bandung. Urbane Indonesia beralamat di Jl. Kupa No.6, Cigadung, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung. Urbane Indonesia (UI) merupakan sebuah perusahaan arsitek yang didirikan oleh Ridwan Kamil bersama tiga temannya Achmad Tardiyana, Reza Nurtjahja dan Irvan P Darwis pada tahun 2004.

Kini Urbane Indonesia yang terletak di Jalan Cigadung Raya Barat ini menjadi salah satu konsultan arsitek ternama Tanah Air. Urbane Indonesia juga terbuka untuk umum yang ingin berkunjung sekaligus belajar tentang dunia arsitek. Biasanya di sini kerap dilakukan berbagai pameran dengan karya-karyanya yang memesona. Untuk berkunjung kesini alangkah lebih baik untuk mencari informasi terlebih dahulu tentang pameran dan kegiatan yang kerap dilakukan Urbane Indonesia.

6. Warung Lela

Instagram @walebandung

Usai mengunjungi beberapa destinasi di Cigadung, wisatawan bisa mengunjungi  Warung Lela. Warung Lela. Warung lela atau lebih akrab disebut Wale, merupakan tempat makan yang sudah terkenal sejak lama di kalangan pecinta kuliner. Wale menyajikan hidangan yamin dan mie ayam enaknya sudah legendaris. 

Wale sangat cocok dicicipi untuk makan bersama keluarga, sahabat serta orang terdekat  dengan sajian menu yang enak serta pas dinikmati. Warung Lela menjadi tujuan wisata kuliner dengan suasana nyaman dan asri dan untuk menghabiskan liburan di Kota Bandung. Setiap harinya selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang datang ke Kota Bandung.

7. The Parlor

Instagram @theparlor.bdg

The Parlor dikenal sebagai Cafe di  Bandung yang Unik dan hits dengan menghadirkan konsep miniatur tempat asyik nan cozy untuk berinteraksi kaum muda kota Bandung. Di sini pengunjung bisa menikmati beragam makanan yang menggugah selera mulai dari berbagai makanan Eropa, Asia dan Indonesia.

Menariknya lagi, selain wisata kuliner di The Parlor pengunjung bisa berbelanja di berbagai store clothing, sneaker serta beragam gaya fashion terkini. The Parlor juga menjadi tempat berkumpul favorit komunitas warga Bandung, seperti motor, skateboard, fotografi hingga sepeda. The Parlor yang berarti ruang tamu ini menjadi tempat yang asik menghabiskan waktu senja dan malam bersama sahabat dan keluarga tercinta.

Transportasi

Untuk menikmati kawasan kampung wisata cigadung  salah satu cara mudah ialah dengan menggunakan kendaraan sendiri. Jika wisatawan tidak memiliki kendaraan bisa menggunakan jasa rental kendaraan bermotor yang terdapat di Kota Bandung untuk memudahkan berkunjung ke berbagai destinasi di kawasan kampung cigadung.

Selanjutnya, jika wisatawan tidak bisa menggunakan jasa rental kendaraan alternatif lainnya bisa dengan mudah menggunakan beragam transportasi online yang terdapat di Kota Bandung.

1. TERMINAL LEUWI PANJANG

Kalau wisatawan turun terminal Leuwi Panjang atau dari bus luar kota yang keluar tol, mending turun di perempatan pertama. Jangan sampai Leuwi Panjang. Dari perempatan itu naik angkot Caringin-Dago yang warna oranye tua strip putih strip hijau. Angkot itu akan lewat Cigadung. Kalau memang sudah di Leuwi Panjang, bisa naik angkot apapun yang lewat Soekarno Hatta menuju pasar Caringin. Dari situ baru naik angkot Caringin-Dago.

2. STASIUN KOTA BANDUNG

Di Bandung terdapat dua stasiun kereta api yaitu Stasiun Kiaracondong dan Stasiun Kota. Jika dari dari Stasiun Kota Bandung wistawan dapat menggunakan angkot dengan nomor trayek 01A warna hijau dan flat bawah kuning tua jurusan Abdul Muis (Kebon Kelapa) – Cicaheum via Binong. Jika ingin lebih mudah bisa menggunakan transportasi ojek online dari Stasiun Bandung –Cigadung dengan biaya Rp.20.000 – Rp.40.000.

3. BANDARA HUSEIN SASTRANEGARA

Dari bandara Husein Sastranegara bisa menggunkan bus damri untuk menuju Dago. Sampai di Dago wisatawan bisa melanjutkan dengan menggunakan transportasi online untuk sampai di berbagai destinasi pada kawasan kampung wisata Cigadung.

Artikel Lainnya