Jelajah Kota Bandung, 6 Jam Menyusuri Jalan Asia Afrika dan Braga

[tulisan ditulis oleh kontributor: Heri Setiawan, ig: @udarang21]

Sedari dulu jalan Asia-Afrika dan jalan Braga merupakan salah satu spot favorit bagi wisatawan untuk berlibur di Kota Bandung.  Jalan Asia Afrika dan Braga menghadirkan wisata heritage bernuansa tempo dulu yang kental dengan bangunan Art Deco yang klasik.  Di sepanjang jalan Braga dan di sekitar jalan Asia-Afrika terdapat beragam wisata belanja dan kuliner legendaris yang wajib dikunjungi.

Bagi kamu yang memiliki waktu terbatas saat berkunjung ke Kota Bandung, maka kawasan Braga dan Asia Afrika bisa menjadi tempat yang bisa kamu kunjungi. Selain ditengah kota, banyak ikon Kota Bandung yang terdapat di kawasan ini. Terdapat juga beragam makanan dan spot foto menarik yang bisa kamu datangi.

1. Nikmati Kopi Purnama yang Legendaris

Instagram @warungkopipurnama

Kopi Purnama berada di Jalan Alkateri No.22, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung yang tidak terlalu jauh dari Jalan Asia Afrika. Kopi Purnama sudah berdiri sejak tahun 1930 dan memiliki bentuk bangunan khas kota lama dengan warna bata yang mirip Gedung Belanda.

Gedung tua yang klasik dan menyimpan kisah ini yang membuat orang betah datang ditambah dengan sajian menu yang sudah terkenal enak dan nikmat. Selain kopinya yang legendari, roti sarikayonya wajib dicicipi saat berkunjung  di sini.

2. Megahnya Alun Alun dan Mesjid Agung Bandung

disbudpar.bandung.go.id

Alun Alun Kota Bandung berada di Jalan Asia Afrika, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung yang sudah jadi pusat wisata. Menikmati pagi cerah di Alun-Alun  Bandung menjadi momen yang menyenangkan.

Hamparan lapangan hijau nan bersih dengan latar mesjid raya yang megah jadi spot keren untuk foto instagramable. Selain itu, taman yang bersih dan warga yang ramah selalu menjadi daya tarik saat menikmati Alun-Alun Kota Bandung dan Mesjid Agung Kota Bandung.

3. Menyusuri Bangunan Bersejarah di Jalan Asia Afrika

Instagram @disbudpar.bdg

Tidak jauh dari Alun-Alun Bandung atau berjalan sekitar 5 menit kamu bisa langsung menuju Jalan Asia-Afrika yang selalu menjadi tempat favorit bagi wisatawan saat berkunjung ke Kota Bandung. Banyak spot foto yang instagramable seperti bangunan klasik yang menarik.

Di kawasan yang dulu bernama  Jalan Pos  ini pengunjung bisa menikmati berbagai bangunan dengan nuansa historis yang jadi saksi bisu sejarah di Kota Bandung. Mulai Gedung Kantor Pos, KM 0, Hotel Savoy Homann, Gedung Merdeka, Museum Asia Afrika, Gedung Pikiran Rakyat, hingga Gedung De Vries.

4. Singgah Galeri Wayang Ruhiyat Wooden Puppet & Mask

disbudpar.bandung.go.id

Tidak jauh dari Jalan Asia Afrika tepatnya di Jl. Pangarang atau dibelakang Hotel Savoy Homan terdapat sebuah  galeri wayang yang didirikan tahun 1950-an oleh alm.Ruhiyat. Kecintaan beliau pada wayang diwariskan kepada sang anak yaitu Tatang Heryana yang kini menjadi penerus galeri Ruhiyat Wooden Puppet & Mask.

Galeri yang sudah melegenda dan jarang diketahui ini menghadirkan ratusan koleksi wayang yang sangat digemari para wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara. Tak heran jika nama-nama pada koleksi wayangnya pun menggunakan bahasa Inggris.

5. Nostalgia Suasana Ala Tempo Dulu di Jalan Braga

Instagram @disbudpar.bdg

Jalan Braga menjadi salah satu kawasan penuh sejarah di Kota Bandung. Pengunjung bisa menikmati bangunan heritage, kuliner legendaris di Braga Permai  dan pusat souvenir kerajinan di Toko Sin Sin yang sudah berdiri sejak tahun 1943 dan berwisata belanja di sepanjang Jalan Braga. Menyusuri Jalan Braga seakan membawa wisatawan seakan bernostalgia dengan gaya desain bangunan Art Deco yang memesona.

6. Menikmati Sajian Istimewa di Braga Permai, Restoran Tertua di Kota Bandung

disbudpar.bandung.go.id

Wisatawan yang tengah menikmati Jalan Braga bisa santai sejenak dan mencicipi sajian kue dan es krim legendari di Toko Sumber Hidangan. Selain itu, jika wisatawan lapar bisa langsung saja menuju Restoran Braga Permai untuk makan siang dengan berbagi menu yang mengguah selera.

Braga Permai atau dulu dikenal dengan nama Maison Bogarijen yang berdiri sekitar tahun 1918 – 1923. Braga Permai dinobatkan sebagai salah satu restoran tertua di Kota Bandung. Sejak zaman dulu, Maison Bogerijen sanga terkenal dan berkelas karena satu-satunya restoran yang dikunjungi raja-raja Belanda.

7. Berburu oleh oleh Khas Sunda di Sin Sin Art & Souvenir

sinsinartshop.weebly.com

Nah, setelah makan siang jika wisatawan ingin mencari souvenir buah oleh-oleh kerabat di rumah langsung menuju toko Sin-Sin Art Souvenir. Di toko ini terdapat bermacam-macam cendramata atau kerajianan khas Sunda, silahkan langsung saja menuju Toko Sin Sin Art Shop yang tidak jauh dari Braga Permai.

Toko yang didirikan pada 1943 menjual bermacam jenis kerajinan tradisional dan modern khas Jawa Barat seperti patung kayu, kerajinan perak, gantungan kunci, dan wayang yang bisa dijadikan oleh-oleh.

8. Wisata belanja di Braga City Walk

Instagram @bragacitywalk

Braga City Walk merupakan sebuah kawasan wisata belanja terpadu yang dalam bahasa modernnya dikenal dengan sebutan Mixed Use Development. Ini merupakan kawasan wisata belanja yang memiliki fasilitas lengkap dan modern, yang sengaja diperuntukkan untuk kenyamanan setiap pengunjung. Mulai dari pusat perbelanjaan atau Shooping Mall, pusat hiburan, Condominium, hingga hotel semuanya ada di kawasan ini.

Hal istimewa dari tempat ini adalah adanya sejumlah bangunan kuno yang berarsitektur seni tinggi khas layaknya bangunan Eropa tempo dulu Art Deco. Kawasan ini sering juga dijadikan sebagai objek pemotretan para fotographer professional. Mulai dari foto prewedding hingga modeling, banyak juga para wisatawan yang sengaja datang untuk sekedar melakukan hobinya yakni selfie.

Selamat berkunjung di Kota Bandung.

Artikel Lainnya