Kampung Wisata Kreatif Cigadung, Paket Lengkap Destinasi Liburan di Bandung

Penulis: Heri Setiawan (IG: @udarang21)

Kota Bandung terus mengembangkan dan menambah daftar destinasi wisata kreatif yang wajib dikunjungi saat liburan nanti. Destinasi wisata ini bernama Kampung Wisata Kreatif Cigadung.

Kampung Wisata Kreatif Cigadung ini berada di utara Kota Bandung ini terkenal dengan hawa dingin dan kesejukannya. Namun, destinasi ini tidak menjual suasana dingin dan kesejukan saja.

Kampung Wisata Kreatif Cigadung ini menawarkan paket lengkap di satu kawasan yang terdiri dari kreativitas, kuliner dan budaya. Bagi yang penasaran, mari kita langsung intip kawasan Kampung Wisata Kreatif Cigadung ini.

Kampung Wisata Kreatif Cigadung, Pariwisata Berbasis Masyarakat

Kampung Wisata Kreatif Cigadung diresmikan pada November tahun 2020 yang. Kawasan Kampung Wisata Cigadung yang berada di wilayah Kecamatan Cibeunying Kaler ini memiliki banyak potensi wisata.

Kampung Wisata Kreatif Cigadung merupakan kawasan wisata kreatif dan seni budaya dengan konsep pariwisata berbasis masyarakat (community based tourism). Berawal dari Cigadung Creative Belt, Kelurahan Cigadung berkembang dan menggali potensi daerahnya secara mandiri.

Hal ini terjadi berkat peran serta masyarakat, tokoh masyarakat, kelompok penggerak pariwisata di Kelurahan Cigadung yang bekerjasama dengan kewilayahan, yaitu Kelurahan dan Kecamatan untuk mengembangkan dan menggali potensi daerahnya secara mandiri.

Kawasan yang Kaya Potensi dan Kreatifitas

Kampung Wisata Kreatif Cigadung merupukan salah satu kawasan yang kaya akan potensi dan kreatifitas masyarakatnya. Hal ini bisa terlihat dari beragam dan lengkapnya berbagai destinasi wisata yang ada di tempat ini.

Saat ini di Kampung Wisata Kreatif Cigadung memiliki sekitar 69 potensi wisata dan destinasi yang terdiri dari sektor fashion, kerajinan (kriya), kuliner, akomodasi penginapan, dan seni budaya.



Mulai dari bidang kuliner seperti baso wale dan deretan cafe atau kedai kopi yang menyajikan beragam tema unik. Lalu di sektor budaya juga terdapat Saung Cepot dan Saung Kasep yang menghadirkan kerajinan tangan bertemakan budaya sunda.

Tak hanya itu, ada juga Galeri Rosid dengan ciri khas lukisan dan artefak berbahan kayunya. Di bidang kreativitas dan fesyen, terdapat sejumlah merek kelas internasional semacam minen leather, C-59, Batik Komar, Batik Hasan dan bahkan sampai berkembang membuahkan kearifan masyarakat setempat menjadi Batik Cigadung.

Bagi wisatawan berkunjung ke Kampung Kreatif Cigadung bisa dengan mudah berkunjung dari satu tempat ke berbagai tempat lainnya. Selain itu, wisatawan juga bisa mengikuti workshop pembuatan batik, melihat pertunjukan wayang golek serta kacapi suling, sambil menikmati kopi dan kuliner khas Sunda dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Beragam Alternatif Wisata yang Wajib di Kampung Wisata Kreatif Cigadung

1. Saung Cepot Cigadung

Saung Cepot Cigadung beralamat di Jl.Omega No.11 Komplek Unpad Cigadung II. Bandung.  Di Saung Cepot menghadirkan kerajinan tangan bertemakan budaya sunda yang bisa menjadi wadah berkesenian dan edukasi bagi wisatawan yang datang. Di Saung Cepot kerap menampilkan beragam pertunjukan tradisional seperti Wayang Golek, Karinding, Jaipongan, Kecapi Suling, Pencak Silat hingga tempat berwisata kuliner.

2. Saung Kasep

Saung Kasep merupakan tempat membuat kerajinan seperti kalung, gelang, gantungan kunci, atau karinding dan aksesoris serta cinderamata kerajinan bertema khas Sunda. Saung Kasep beralamat di Komp. Unpad, Jl. Gama No.83, Cigadung, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung. Hingga kini Saung Kasep sudah sukses memberdayakan dan berkolaborasi dengan perajin aksesoris Sunda yang bebas berkreasi dan menjadi pengusaha mandiri.

3. Batik Komar

Rumah Batik Komar menjadi salah satu destinasi wisata kreatif saat berkunjung di Kota Bandung. Rumah Batik Komar menyajikan pertunjukan dalam proses pembuatan batik yang menarik. Di sini pengunjung bisa mengapresiasi proses membatik mulai dari memunculkan ide, mengeksplorasi sebuah gagasan untuk diwujudkan menjadi sketsa desain batik sampai menjadi batik, mencanting hingga pewarnaan yang tentunya akan menjadi pengalaman yang mengesankan. Hasil dari kreasi para pengunjung bisa dijadikan oleh-oleh dari Rumah Batik Komar.

4. Batik Hasan

Batik Hasan berada di Jalan Cigadung Raya Timur yang didirikan oleh Hasanudin (almarhum) pada 1975. Kini Batik Hasan Bandung di kelola oleh kelima putra putrinya. Hasan Batik mengusung desain nan elegan dengan menawarkan berbagai produk fashion batik cap dengan tema “Batik Bandung Kontemporer”. Batik Hasan memadukan motif batik tradisional dan modern dari segi pewarnaannya. Ciri khas Hasan Batik juga bisa terlihat dari motif batik tambal, titik dan garis.



5. Batik Cigadung

Batik Cigadung merupakan batik hasil dari karya warga kampung Cigadung yang beralamat di Jalan Cigadung Raya Timur 1 No 5. Wisatawan yang ingin mendapatkan pengalaman berbeda saat berlibur di Bandung,tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Batik Cigadung. Awalnya Eduwisata di kampung wisata ini diinisiasi oleh Batik Komar lalu berkemang dan menghasilkan Batik Cigadung. Di Kampung Batik ini tak hanya menyuguhkan wisata edukasi membatik, tetapi juga memberikan keterampilan membatik kepada masyarakat sekitarnya.

6. Rumah Budaya Rosyid

Di Rumah Budaya Rosid terdapat ribuan koleksi benda tradisional masyarakat Sunda ditambah suasana yang tenang, damai dan bersahaja.Selain menikmati koleksi beragam alat tradisional dan tempo dulu, di Rumah Budaya Rosid para pengunjung akan diajak untuk memasuki Studio Rosid yang penuh dengan lukisan menawan. Di sini para pengunjung akan diajarin melukis mulai dengan kreativitas masing-masing.

7. Warung Lela

Warung lela atau lebih akrab disebut Wale, merupakan tempat makan yang sudah terkenal sejak lama di kalangan pecinta kuliner. Wale menyajikan hidangan yamin dan mie ayam enaknya sudah legedaris.  Wale sangat cocok dicicipi untuk makan siang dengan sajian menu yang enak serta pas dinikmati.  Warung Lela menjadi tujuan wisata kuliner dengan suasana nyaman dan asri dan untuk menghabiskan liburan di Kota Bandung. Wale berada di Jalan. Kupa No.6, Cigadung setiap harinya selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang datang ke Kota Bandung.

8. Minen Leather

Di Kota Bandung, terdapat salah satu merek sepatu yang cukup unik, yaitu Minen Leather. Produk dan karya dari Minen Leather dikenal sebagai produk sepatu ekslusiF dengan bahan kulit berkualitas yang pembuatannya dilakukan secara homemede atau umahan. Uniknya lagi, inspirasi model-model sepatu yang dibuat oleh Minen Leather terinspirasi dari Negeri Sakura, Jepang. Di sini pengunjung dapat melihat proses pembuatan dan membeli sepatu kualitas terbaik dari Minen Leather.

9. C59

Salah satu brand yang dapat dikatakan pionir dalam industri clothing Tanah Air ialah C59. C59 digagas oleh Bapak Marius Widyarto atau biasa disapa Pak Wiwied. Industri kreatif C59 ini sudah dikenal hingga mancanegara.  Nama C59 berawal dari Gang Caladi nomor 59 Kota Bandung yang akhirnya menjadi merk industri kreatif ini. Di C59 pengunjung akan diajak berkeliling pabrik dengan program Wisata Kreatif C59. Wisatawan dapat melihat secara menyeluruh, tahapan proses produksi T-Shirt, workshop dan seminar sesuai paket yang dipilih.



Artikel Lainnya