Doa Kucing Meninggal

Doa Kucing Meninggal, Belajar Ikhlas dari Takdir

Doa kucing meninggal bisa kamu panjatkan dan baca ketika kamu menemui takdir bahwa kucing peliharaanmu meninggal. Memang pedih dan sedih saat mengetahui fakta bahwa kucing kesayangan sudah tidak bernyawa.

Meski begitu, kamu sebagai pencinta kucing harus menyadari bahwa setiap yang bernyawa pastilah suatu saat akan meninggal. Begitu juga kucing, sudah takdirnya jika kucing meninggal.

Kamu hanya perlu belajar ikhlas dari takdir. Kamu bisa mendoakan kucing yang meninggal agar kehidupanmu tanpa kucing kesayangan bisa terus menjadi berkah. Dengan doa kucing meninggal akan menyempurnakanmu sebagai pemelihara yang amat teramat sayang dengan kucing. Dengan begitu rasa sayangmu akan menjadi pahala yang menolongmu kelak di akhirat.

Berikut Memora.ID rangkum dari berbagai sumber, doa kucing meninggal agar kamu belajar ikhlas dari takdir.

Surat Al-Mu’minun Ayat 21

Doa Kucing Sakit
Pixabay

Bacalah surat Al-Mu’minun ayat 21 sebagai bentuk percaya terhadap takdir Allah. Kehidupan dan kematian sudah termasuk dalam garis kehidupan makhluk hidup. Kucing meninggal adalah takdir yang sudah digarikan Allah. Kamu hanya perlu mengikhlaskan dan percaya apa yang kamu lakukan untuk kucing saat kamu pelihara sudah sebaik mungkin. Masalah imbalan kamu yang sudah berperilaku baik serahkan saja kepada Allah. Karena imbalan Allah tidak akan pernah kamu duga seberapa besarnya.

Berikut surat Al-Mu’minun ayat 21 yang bisa kamu baca lengkap dengan terjemahan.

وَاِنَّ لَكُمْ فِى الْاَنْعَامِ لَعِبْرَةًۗ نُسْقِيْكُمْ مِّمَّا فِيْ بُطُوْنِهَا وَلَكُمْ فِيْهَا مَنَافِعُ كَثِيْرَةٌ وَّمِنْهَا تَأْكُلُوْنَ ۙ

Terjemahan: Dan sesungguhnya pada hewan-hewan ternak terdapat suatu pelajaran bagimu. Kami memberi minum kamu dari (air susu) yang ada dalam perutnya, dan padanya juga terdapat banyak manfaat untukmu, dan sebagian darinya kamu makan.

Baca Dzikir Tahlil

Teguhkan keikhlasan mu bahwa kucing meninggal adalah takdir Allah dengan membaca dzikir tahlil. Dekatkan diri kamu dengan Allah SWT dan percaya Allah akan menggantinya dengan segala hal yang baik karena kamu sudah dengan benar dalam memelihara kucing. Balasan akan kamu dapatkan entah di dunia atau akhirat karena telah memelihara kucing dengan baik hingga maut menjemput kucing.

Bacalah dzikir tahlil agar kamu merasa tenang dan rasa dukamu perlahan akan menghilang. Berikut bacaan dzikir tahlil yang bisa kamu baca latinnya di bawah ini.

Laa ilaaha illallah wallahu akbar, laa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalah, laa ilaaha illallah lahul mulku wa lahul hamdu, laa ilaaha illallah wa laa haula wa laa quwwata illa billaah.

Terjemahan: Tiada tuhan yang berhak disembah selain Allah dan Dia Maha besar, Tiada tuhan yang berhak disembah selain Allah semata-mata Dia dan tiada sekutu bagi-Nya. Tiada tuhan yang berhak disembah selain Allah hanya milikNya kerajaan dan segala puji. Tiada tuhan yang berhak disembah selain Allah dan tiada daya maupun kekuatan kecuali dengan Allah.

Nasib kucing setelah meninggal

Doa Kucing untuk Majikannya
Pixabay

Jika kamu bertanya apakah kucing memiliki ruh, maka jawabannya benar kucing memiliki ruh. Ruh kucing akan dicabut oleh Allah. Berdasarkan riwayat di kitab al-Dhu’afa yang berisi hadist dha’if al-‘Uqaili menjelaskan bahwa tentang pencabutan nyawa hewan.

Baca Juga :  36 Kata-Kata Mutiara Black Clover, Penuh Filosofi

“Ajalnya hewan itu seluruhnya baik kutu, serangga, belalang, kuda, keledai, sapi dan hewan lainnya, ajalnya adalah pada tasbih-nya. Ketika hewan tersebut berhenti bertasbih (mensucikan Allah), maka Allah mencabut nyawanya. Bukan malaikat maut yang mencabutnya.”

Setelah mencabut nyata kucing, maka selanjutnya kucing akan dikumpulkan kembali setelah hari kiamat. Pada hari pembalasan, kucing akan berkumpul dengan hewan-hewan lainnya pasca kematian mereka sesuai dengan Alquran surat Al-An’am ayat 38.

“Dan tiadalah binatang-binatang yang ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan umat (juga) seperti kamu. Tiadalah Kami alpakan sesuatupun dalam Al-Kitab, kemudian kepada Tuhanlah mereka dihimpunkan.”

Maksud kucing dan hewan lainnya dikumpulkan di hari kiamat ialah untuk memberi contoh ke orang kafir hingga mereka ingin menjadi seperti hewan. Hewan akan menjadi tanah pada saat hari kebangkitan. Hal itu dipertegaskan berdasarkan riwayat Thabari dari Abu Hurairah RA yang menjelaskan tentang keadaan di hari kebangkitan.

“Seluruh ciptaan akan dibangkitkan di hari kiamat, hewan ternak, yang melata, burung, semuanya (akan dibangkitkan). Kemudian, karena keadilan Allah Swt saat itu memanggil hewan yang bertanduk lalu berkata: “jadilah kalian tanah!”.

Setelah hewan menjadi tanah, maka orang kafir menginginkan hal serupa. Hal tersebut tertuang pada surat Al Naba:40: “Seandainya saya menjadi tanah saja.”

Artikel Lainnya