NuArt Sculpture Park

NuArt Sculpture Park, Galeri Karya Seni yang Menjadi Ruang Berekspresi

Penulis: Heri Setiawan

Bandung selalu menjadi tempat destinasi wisata yang selalu menghadirkan keunikan tersendiri dan menjadi tempat wisata yang fotogenik. Bagi penyuka fotografi sekaligus penikmat seni, bandung selalu hadir menjadi daya tarik.

Di bandung sendiri, ada Tempat yang menjadi wadah  untuk para pembuat karya seni dan penikmat karya seni, salah satunya NuArt Scuplture Park. Diinisiasi oleh Nyoman Nuarta, taman ini hadir dengan visi dapat menghargai sejarah dan mencermati kondisi terkini, dan berupaya untuk selalu berkontribusi terhadap pengembangan budaya.

NuArt Sculpture Park

NuArt Sculpture Park Bandung merupakan ruang seni yang dibangun dengan memiliki tujuan esensial mneciptakan ruang berekspresi dan kebebasan tanpa merusak dan mengabaikan peran alam dan lingkungan sekitar.

Selain itu, NuArt Sculpture Park menjadi ruang untuk menerima perbedaan berbagai sudut pandang tanpa memandang ras, jenis kelamin, agama serta perbedaan lainnya sesuai dengan semboyan nasional.

Karya seni yang dihadirkan bukan hanya dari karya Nyoman Nuarta, ia bekerjasama dengan berbagai praktisi budaya di daerah asal nya Bali, Bandung dan praktisi budaya lainnya untuk menghadirkan berbagai macam karya yang disimpan di taman NuArt Sculpture Park.

Kita bisa menikmati segala fasilitas yang ada, mulai dari pajang karya seni patung yang ada di halama gallery Scuplture Park. Lalu ada Gallery NuArt Building, gedung yang memiliki 2 lantai yang mana lantai dasar itu dihiasi dengan karya seni yang dibuat oleh sang maestro Nyoman Nuarta, dan lantai atas digunakan dan dimanfaatkan untuk pajang karya oleh seniman-seniman lain untuk bisa dijadikan pameran.

Lalu ada fasilitas Craft Boutique, tempat ini menghadirkan berbagai miniatur dari Nyoman Nuarta, serta miniature dari seorang seniman lokal, nasional, dan internasional. Craft boutique menjadi tempat bagi Nyoman Nuarta untuk membuka kegiatan workshop. Kegiatan worshop dilakukan biasanya satu minggu sekali sebagai bentuk apresiasi pajang karya-karya yang dihasilkan.

Baca Juga :  6 Spot Foto di Labuan Cermin, Melihat Akar Rumput Bawah Danau

NuArt Sculpture Park

Tak perlu susah keluar lokasi taman ketika sedang lapar melanda, di taman ini kita bisa menikmati makanan dan minuman di N Café Nuart. Menu yang khas dan menjadi favorit yaitu menu yang berasal dari Bandung dan juga bali.

NuArt Sculpture Park ini selain menjadi wisata yang fotogenik,juga menjadi wadah untuk karya-karya yang dihadirkan, dan selalu menjadi ruang untuk berekspresi kebebasan dalam ide maupun bentuk melestarikan budaya tanpa membedakan suatu kaum.

Menariknya lagi,tepat disamping NuArt Sculpture Park terdapat sebuah air terjun yang masuk wilayah Kota Bandung yang bernama Curug Aleh. Tak banyak yang mengetahui keberadaan curug ini dikarenakan lokasinya berada di tempat cukup tersembunyi. Meski begitu, kawasan air terjun Curug Aleh tidak tertutup untuk umum.

Siapapun boleh masuk melalui kawasan yang kini menjadi milik Nyoman Nuarta yaitu NuArt Sculpture Park. Untuk menuju ke Curug Aleh ini bisa melewati tempat workshop NuArt Sculpture Park yang menjadi bengkel pembuatan patung raksasa Garuda Wisnu Kencana. Patung inilah yang kemudian berdiri dengan megahnya di Pulau Dewata Bali.

Lokasi NuArt Sculpture Park berada di Jalan Sutra Duta Kencana II/11, Bandung. Harga tiket masuk NuArt Sculpture Park ini sebesar Rp. 50.000.00,- dan jam operasional tempat ini pukul 09.00 – 18.00 WIB pada hari biasa, sementara pada saat weekend jam operasional tempat ini pada pukul 11.00 – 22.00 WIB.

Artikel Lainnya